Thursday, July 6, 2017

√ Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup

Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal audit manajemen. Yang meliputi pengertian audit manajemen, tujuan audit manajemen, tahapan audit manajemen, ruang lingkup audit manajemen dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Audit Manajemen


Audit manajemen merupakan suatu teknik yang meliputi beberapa bidang yang luas mengenai prosedur, metode penilaian, kelayakan dan pendekatan-pendekatan. Pemeriksaan manajemen dibentuk dalam menganalisa, menilai, melaksanakan peninjauan ulang dan menimbang hasil kerja perusahaan dibanding dengan standar yang sudah ditetapkan atau fatwa yang ditentukan dari perusahaan. Adapun tujuan dilakukan pemeriktaan manajemen yaitu untuk melaksanakan penilaian efisiensi dan efektifitas perusahaan (Alexander Hamilton Institute, 1986:1)


Arens dan Loebbecke (2003:12) mengemukakan Audit Manajemen ialah penilaian kepada semua mekanisme dan metode organisasi perusahaan, dalam tujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan.


Sedangkan Carmichael dan John Willingham (Auditing Concepts dan Methods) mengemukakan A Guide to current auditing theory and practise. 1996:625). Manajemen audit merupakan suatu telaah sistematis kepada kegiatan sebuah organisasi tertentu dalam hubungannya dengan tujuan-tujuan tertentu dengan maksud untuk menilai aktivitas, mengidentifikasi beberapa kesempatan untuk perbaikan, pengembangan rekomendasi bagi perbaikan atau tindakan lebih lanjut.


Tujuan Audit Manajemen


Tujuan audit manajemen ialah sebagai berikut:



  • Penilaian terhadap pengendalian

    Berkaitan dengan pengendalian manajemen (administrative control) di sebuah perusahaan yang tujuannya untuk memilih apakah pengendealian yang ada sudah sepadan dan terbukti efektif dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan perusahaan.

  • Penilaian Atas Pelaksanaan

    Auditor menampung informasi untuk memilih apakah acara perusahaan sudah berjalan dengan efektif dan efisien.

  • Memberikan Bantuan Kepada Manajemen

    Dengan jalan memperlihatkan rekomentasi perbaikan yang diharapkan oleh perusahana. Dan sebagai auditor untuk membantu manajemen terlebih dahulu memahami prinsip-prinsip manajemen yang diterapkan dan fungsi-fungsi manajemen ykni planning organizing, staffing, leading dan controlling.


Manfaat Audit Manajemen


Manfaat dari audit manajemen ialah sebagai berikut:



  • Melakukan penilaian tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, mekanisme terhadap struktur organisasi yang belum ditetapkan sebelumnya.

  • Melakukan penilaian kriteria pengukuran tercapainya tujuan organisasi dan menilai prestasi manajemen

  • Secara independen dan objektif melaksanakan penilaian prestasi individual dan acara unit organisasi tertentu.

  • Melakukan penilaian efisiensi, efektivitas dan kehematan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen.

  • Menemukan/mengidentifikasi persoalan organisasi yang timbul dan apabila memungkinkan memutuskan penyebabnya.

  • Menilai/meyakini reliabilitas dan kegunaan beberapa laporan pengendalian manajemen.


Tahapan Audit Manajemen


Menurut Alexander Hamilton terdapat beberapa tahap dalam melaksanakan audit manajemen (Management Audit: Maximizing Your Company’s Effiency Effectiveness .1996)


Definisi Ruang Lingkup Proyek

Pada tahap audit manajemen ini adlaah tahap mengenal terhadap tujuan untuk mendapat pemahaman perihal latar belakang dari acara yang diperiksa. Hal ini sanggup membantu auditor lebih gampang untuk mengidentifikasi persoalan yang muncul, menemukan sebabnya dan selanjutnya melaksanakan tindakan perbaikan.


Rencana, Persiapan Dan Organisasi

Pemeriksaan manajemen di tahap ini yakni meneliti dan juga menelusuri ruang lingkup masing-masing sumber dokumentasi, selanjutnya dianalisa dan lalu dilakukan perbaharuan


Pengumpulan Fakta dan Pembaharuan Dokumen

Pengumpulan semua data pemberitahan yang berkaitan dengan ruang lingkup dari proyek yang dimaksud. Data ini didapat dari surat menyurat dan untuk informasi yang non formal sanggup didapatkan dengan pribadi dari para pegawai dengan melaksanakan wawancara.


Riset Dan Analisis

Di tahapan ini dilakukan pemeriksaan, pengumpulan seluruh data dan bukti yang empiris yang sangat penting dalam mendukung sebuah kesimpulan. Dan selanjutnya penelitian akan dirubah sesuai dengan tujuan perencanaan dan penilaian kondisi ruang lingkup tertentu.


Laporan

Dari hasil pengujian dan investigasi yang dibahas selanjutnya ditahap selesai dibentuk laporan hasil audit secara keseluruhan yang merupakan kesimpulan atas investigasi yang dilaksanakan tersebut.


Ruang Lingkup Audit Manajemen


Ruang lingkup audit manajemen meliputi semua aspek acara audit manajemen tersebut. Ruang lingkup ini sanggup dalam bentuk semua acara atau sanggup juga hanga meliputi beberapa tertentu dari jadwal atau kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan.


Periode audit manajemen juga bervariasi. Seringkali dalam jangka waktu satu minggu, beberapa bulan atau bahkan lebih dari satu tahun. Sesuai dengan tujuan yang hendak diraih oleh perusahaan tersebut.Dalam menjalankan kerjanya, audit manajemen mempunyai kriteria antara lain:


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal audit manajemen √ Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup


Kriteria Efektifitas dan Efisiensi

Efektifitas dan efisiensi digunakan sebagai sebuah standar untuk memperkecil risiko yang sanggup terjadi. Keefektifan dan efisiensi sebuah perusahaan seharusnya melihat dari keamanan para pekerja, bagaimana perusahaan tersebut memperhatikan pekerjanya untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi yang diinginkan.


Kasus Sebagai Asersi Suatu Tindakan

Suatu yang menjadi acara yang serius di kasus tersebut, diakibatkan oleh perusahaan kurang perhatian terhadap keselamatan para karyawan sehingga diharapkan inspeksi dengan melaksanakan deteksi risiko dengan cara pengawasan terhadap pekerjanya


Effect Sebagai Asersi Atas Hasil Suatu Tindakan

Dengan pemberlakuan standar sanggup mengurani kecelakaan untuk para pekerjanya dan juga sanggup memperbaiki risiko yang sanggup saja terjadi dan persoalan pelanggaran.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup, agar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id