Tuesday, September 19, 2017

√ Pengertian Light Pen, Fungsi Light Pen Dan Cara Kerja Light Pen

komputerdia.com - Pengertian Light Pen (Pena Cahaya) adalah sebuah haedware berbentuk pointer elektronik atau input device yang difungsikan untuk mengambar atau grafis pada perangkat komputer atau laptop secara real time. 

Light pen juga sanggup dikategorikan kedalam hardware opsional untuk menganti mouse dan keyboard, Light pen juga mempunyai papan gambar berbentuk kotak persegi, papan ini digunakan jikalau perangkat komputer kalian belum memakai touchscreen.

Lightpen merupakan penemuan terbaru dari perangkat input sebab alat ini digunakan ibarat layaknya anda menulis pada sebuah kertas. Light pen merupakan salah satu perangkat masukan yang berbentuk pena cahaya apabila pena di dikatkan ke monitor akan membentuk tabrakan sesuai dengan tabrakan yang kita lakukan.

Light pen mempunyai sensor yang sanggup mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Dengan memakai lightpen, anda sanggup pribadi memasukan data, baik berupa angka maupun abjad ke dalam CPU melalui layar monitor

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya 

 atau input device yang difungsikan untuk mengambar atau grafis pada perangkat komputer at √ Pengertian Light Pen, Fungsi Light Pen dan Cara Kerja Light Pen


Perlu diketahui, bahwa pada perangkat lightpen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara lightpen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa digunakan melainkan monitor khusus yang mempunyai kabel penghubung dengan lightpen.

Contohnya ibarat Notebook Sharp menghubungkan lightpen dengan sebuah kabel halus ke komputer dan lightpen tersebut digunakan untuk menuliskan pada sebuah bidang daftar atau tidak dituliskan ke layar monitor. Pengunaan lightpen ini biasanya memakai kegiatan untuk melaksanakan perancangan sebuah sketsa, gambar, menciptakan design bangunan, ibarat pada CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).


Fungsi Light Pen

Light Pen ialah sebuah alat untuk modifikasi atau design gambar dan juga memungkinkan Pengguna untuk menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar. Light pen (pena cahaya) merupakan suatu peralatan input yang mempunyai fungsi sama dengan mouse maupun keyboard.

Light pen mempunyai sensor yang sanggup mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik. Cara penggunaanya yaitu dengan menyentuh layar dan mendeteksi pancaran cahaya dari fosfor layar selama proses pemindaian, dan light pen sangat akurat sebab sanggup menandai piksel secara individual sehingga sanggup digunakan untuk pemilihan yang lebih baik.

Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen mempunyai sensor yang sanggup mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


Cara Kerja Light Pen

Cara penggunaannya ialah dengan menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka terhadap cahaya, dengan begitu apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka sensor ektronik tersebut akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh kegiatan dalam komputer.


Kelebihan Light Pen

  • Direct pointing device (kendali pribadi di permukaan layar).
  • Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan.
  • Pengguna sanggup pribadi mengubah / memanipulasi apa yang tampak pada layar komputer.
  • Sangat berkhasiat sebagai pointing and positioning device.


Kekurangan Light Pen

  • Saat memakai lightpen, sebagian layar tertutup oleh tangan (jika sudah memakai touchscreen)
  • Physical fatigue (kelelahan) atau melelahkan tangan.
  • Tangan jauh dari keyboad.
  • Light pen harus di angkat.
  • Light pen sanggup mengganggu layar.
  • Mudah rusak atau patah
  • Mudah hilang

Sumber http://www.komputerdia.com