Wednesday, December 13, 2017

√ Pengertian Ekonomi Global Dan Dampaknya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Ekonomi Global dan Dampaknya (Pembahasan Lengkap) – Umumnya pengertian ekonomi global dikenal dengan sistem revolusi yang memungkinkan pengusaha mana pun menanamkan uang dimana pun di dunia. Ekonomi global yang kini ini dikenal dengan globalisasi ekonomi. Ada pun definisi singkat dari ekonomi global atau globalisasi ekonomi yakni sebagai suatu kehidupan ekonomi secara global dan terbuka, tanpa mengenal batasan teritorial atau kewilayahan antara negara satu sama lain. Sisi kegiatan investasi perdagangan dan bergerak menuju liberalisasi perdagangan dan investasi dunia secara keseluruhan.



Pengertian Ekonomi Global dan Dampaknya (Pembahasan Lengkap)


Sekarang ini ekonomi global atau globalisasi ekonomi akrab kaitannya dengan perdagangan bebas. Perdagangan bebas tersebut kini ini dikenal dengan istilah free trade. Free trade atau perdagangan bebas berusaha membuat tempat perdagangan yang makin luas dan menghilangkan hambatan-hambatan tidak lancarnya perdagangan internasional.


Pengertian Ekonomi Global


Jadi pengertian ekonomi global merupakan sebuah proses kegiatan acara perekonomian dan perdagangan dimaba ada banyak negara di duia yang menjadi kekuatan pasar yang satu dan semakin terintegrasi tanpa kendala atau batasan teritorial negara. Adanya globalisasi perekonomian ini berarti adanya keharusan peniadaan seluruh batasan dan kendala terhadap arus barang, jasa serta modal.


Perwujudan dari Ekonomi Global


Dalam proses aktivitasnya, di bawah ini ada beberapa perwujudan dari ekonomi global, antara lain:



  • Globalisasi produksi

    Globalisasi produksi yang dilakukan oleh beberapa negara bertujuan biar biaya produksi jadi lebih rendah.

  • Globalisasi pembiayaan

    Perusahaan global dalam hal ini mempunyai susukan untuk mendapat pertolongan atau melaksanakan kegiatan investasi (baik dalam bentuk portofolio maupun langsung) di seluruh negara di dunia.

  • Globalisasi tenaga kerja

    Globalisasi ini ditandai dengan hadirnya tenaga kerja asing. Perusahaan global dalam kondisi ini akan bisa memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai tingkatannya.

  • Globalisasi jaringan informasi

    Ada pun bentuk globalisasi jaringan isu sanggup dilihat pada masyarakat suatu negara dimana dengan gampang dan cepat mendapat isu dari aneka macam negara di dunia dengan majunya teknologi.

  • Globalisasi Perdagangan

    Di bidang perdangan, globalisasi terwujud dalam bentuk penyeragaman dan penurunan tarif serta peniadaan hambatan-hambatan non tarif. Sehingga kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi makin ketat, cepat dan fair.


Dampak Positif dan Negatif dari Globalisasi Ekonomi


Dari perwuudan masing-masing ekonomi global tersebut, tentunya mempunyai dampak yang akan terjadi berupa dampak positif dan juga dampak negatif. Berikut ini yakni dampak positif dan dampak negatif dari ekonomi global, antara lain:


Dampak Positif Ekonomi Global


Meningkatnya produksi global

Peningkatan produksi global ini sanggup melalui spesialisasi dan perdagangan. Juga terdapat faktor-faktor produksi dunia yang sanggup dipakai lebih efisien. Dengan demikian output dunia kian bertambah dan masyarakat akan mendapat laba dalam bentuk pendapatan yang meningkat, yang pada gilirannya sanggup berakipat pada meningkatnya pembelanjaan dan tabungan.


Meningkatnya kemakmuran negara

Ekonomi global melalui sebuah kegiatan perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat aneka macam negara lebih banyak mengimpor barang dari luar negeri. Hal tersebut membuat konsumen mempunyai lebih banyak pilihan barang. Dan juga konsumen sanggup menikmati barang dengan harga yang lebih rendah dan lebih baik.


Meluasnya pasar produk domestik.

Dengan adanya ekonomi global Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara mendapat pasar jauh lebih luas dibanding pasar dalam negeri.


Memperoleh lebih banyak modal

Modal yang sanggup diperoleh dari investasi absurd dan terutama dinikmati negara-negara berkembang akhir kekurangan modal dan tenaga terdidik serta tenaga jago berpengalaman.


Menyediakan dana embel-embel bagi pembangunan di bidang ekonomi.

Pembangunan di aneka macam sektor lainnya bukan hanya dikembangkan perusahaan asing, namun terutama investasi dari perusahaan swasta domestik.


Dampak Negatif Ekonomi Global


Menghambat pertumbuhan di sektor industri.

Adanya ekonomi global mengakibatkan negara-negara berkembang tidak bias lagi menggunakan tarif tinggi untuk memproteksi industri yang gres berkembang (infant industry). Sehingga, perdagangan luar negeri yang cukup bebas menjadikan kendala bagi negara berkembang dalam memajukan sektor industry.


Pengertian Ekonomi Global dan Dampaknya  √ Pengertian Ekonomi Global dan Dampaknya (Pembahasan Lengkap)


Neraca pembayaran menjadi buruk.

Ekonomi global menaikkan barang-barang impor. Sebaliknya, kalau suatu negara tidak bisa bersaing, maka ekspor tidak akan berkembang. Kondisi ini sanggup saja memperburuk neraca pembayaran.


Sektor keuangan semakin tidak stabil.

Arus investasi (modal) portofolio yang semakin besar menjadi salah satu dampak dari globalisasi. Investasi dalam hal ini terutama mencakup partisipasi dana dari luar negeri ke pasar saham.


Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara, maka dalam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil.


Mungkins hingga disini dulu pembahasan kita mengenai Pengertian Ekonomi Global dan Dampaknya Lengkap, semoga artikel diatas bermanfaat dan sanggup menambah wawasan kita. Sekian dan terimakasih.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id