Wednesday, December 13, 2017

10 Macam-Macam Asteroid Dan Gambarnya

Luar angkasa yaitu laboratorium yang luar biasa besar yang bisa dieksplorasi secara bebas oleh manusia. Namun alasannya yaitu keterbatasan ruang gerak dan juga teknologi maka masih banyak hal- hal mengenai luar angkasa yang belum banyak diketahui oleh manusia. Maka dari itulah sampai ketika ini masih saja selalu dikembangkan mengenai luar angkasa beserta dengan benda-benda yang berada di dalamnya serta fenomena yang masih selalu saja menjadi misteri.


Jika membahas mengenai luar angkasa niscaya tidak akan lepas dari yang namanya benda- benda yang selalu menghiasinya. Kita mengenal banyak benda- benda langit yang sudah sering kita pelajari di sekolah mirip planet di tata surya, satelit, asteroid, dan lainnya. Semua benda tersebut mempunyai ciri- ciri khusus dan karakteristiknya masing- masing. Benda- benda tersebut berada sangat teratus di luar angkasa, mempunyai orbit atau lintasannya masing- masing sehingga tidak saling bertabrakan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini merupakan salah satu wujud dari kebesaran Tuhan.


Benda-benda langit mirip planet, bintang, komet, asteroid dan lainnya tampak mirip sama saja. namun tahukah Anda bahwa benda- benda langit tersebut ternyata mempunyai jenis yang berbeda- beda. Bahkan bukan hanya jenis saja, terkadang mereka mempunyai nama yang berbeda pula. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari wacana salah satu macam- macam benda langit yaitu macam-macam asteroid. Asteroid ternyata mempunyai jenis- jenis tertentu meskipun mirip sama saja. Perbedaan ini bisa dilihat dari komposisi atau penyusunnya atau lainnya.


Pengertian Asteroid


Asteroid merupakan salah satu benda langit yang keberadaannya banyak di luar angkasa. Keberadaan asteroid ini paling banyak bisa kita temukan di antara planet Mars dan juga planet Jupiter. Diantara kedua planet ini ada berbagai asteroid yang membentuk suatu sabuk yang biasa disebut dengan sabuk asteroid. Di sabuk asteroid ini jumlah asteroid sangat banyak yaitu sampai ratusan ribu dan membentang dengan sangat teratur. Masing- masing asteroid tersebut mempunyai ukuran yang bermacam-macam yaitu ada yang kecil. Ada yang sedang, ada pula yang besar. Namun  besarnya ukuran asteroid masih tidak bisa menyaingi ukuran planet.


Macam- macam Asteroid


Asteroid mempunyai banyak ukuran yang beragam. Tidak hanya ukuran saja, namun asteroid juga mempunyai jenis- jenis tertentu. Beberapa jenis atau macam dari asteroid ini sama saja dengan nama- nama asteroid (Seperti planet ada Bumi, Venus, Mars, dll). Beberapa jeni atau nama dari asteroid antara lain sebagai berikut:



  1. Ceres


Luar angkasa yaitu laboratorium yang luar biasa besar yang bisa dieksplorasi secara bebas 10 Macam-macam Asteroid dan GambarnyaMacam atau jenis asteroid yang pertama yaitu ceres. Ceres merupakan benda yang terbesar yang berada di sabuk asteroid utama. Ceres merupakan sebuah planet kerdil yang ditemukan pada tanggal 1 Januari 1801 oleh seseorang yang berjulukan Giuseppe Piazzi.


Pada awal ditemukannya, Ceres dianggap sebagai sebuah planet, namun 150 tahun kemudian Ceres dianggap sebuah asteroid. Ceres merupakan benda langit yang mempunyai diameter sampai 950 km dan massa seberat 9,45 ± 0,04 x 1020 kg. Dan pada 26 Agustus 2006, oleh Persatuan Astronomi Internasional diputuskan bahwa Ceres merupakan sebuah “planet katai”.



  1. Pallas


Luar angkasa yaitu laboratorium yang luar biasa besar yang bisa dieksplorasi secara bebas 10 Macam-macam Asteroid dan GambarnyaJenis atau macam asteroid yang kedua yaitu Pallas. Ateroid ini merupakan asteroid yang terbesar kedua sehabis Ceres. Asteroid ini merupakan asteroid kedua yang ditemukan oleh astronom yang berjulukan Heinrich Wilhelm Matthaus Olbers pada tanggal 28 Maret 1802.


Di sabuk asteroid terdapat asteroid yang termasuk kedalam empat besar dan salah satunya yaitu Palllas. Keempat asteroid terbesar itu antara lain 1 Ceres, 4 Vesta dan 10 Hygiea.



  1. Vesta


Luar angkasa yaitu laboratorium yang luar biasa besar yang bisa dieksplorasi secara bebas 10 Macam-macam Asteroid dan GambarnyaAsteroid yang ketiga dan merupakan asteroid anggota empat asteroid terbesar yaitu Vesta. Vesta merupakan asteroid yang mempunyai ukuran hampir sama dengan asteroid Pallas. Vesta merupakan asteroid yang mempunyai ukuran diameter sebesar 530 kilometer. Asteroid Vesta ini juga diperkirakan mempunyai massa sebesar 9% dari massa semua asteroid yang ada di sabuk asteroid, waw luar biasa bukan?


Asteroid Vesta ditemukan pada tangga 29 Maret 1807 oleh seorang astronom yang berjulukan Heinrich Wilhelm Matthaus Olbers. Selain mempunyai massa yang berat, Vesta juga merupakan asteroid yang paling jelas diantara semua asteroid yang ada di sabuk asteroid. Jarak maksimun Vesta dengan matahari sedikit lebih jauh dari jarak minimum Ceres ke matahari. Asteroid juga merupakan benda langit yang mempunyai orbit, namun orbit dari Vesta ini sepenuhnya berada di dalam orbit asteroid Ceres.



  1. Hygiea


Luar angkasa yaitu laboratorium yang luar biasa besar yang bisa dieksplorasi secara bebas 10 Macam-macam Asteroid dan GambarnyaJenis atau macam asteroid yang selanjutnya yaitu Hygiea. Asteroid ini merupakan asteroid yang terbesar keempat di sabuk asteroid yaitu daerah banyak asteroid berada. Pengukuran ini didasarkan dari volume dan juga massa. Ukuran asteroid Hygiea ini mempunyai diameter yang cukup membujur yakni sebesar 350 km sampai 500 kilometer. Sementara itu massa dari asteroid ini yaitu skitar 2,9% dari massa total asteroid yang berada di sabuk asteroid.


Asteroid Hygiea ini ditemukan pada tangga 12 April 1849 oleh seorang astronom yang berjulukan Annibale de Gasparis yang mana telah menemukan beberapa kali asteroid yang ukurannya lebih kecil sebelumnya. Tidak mirip Vesta yang mempunyai cahaya terang, Hygiea merupakan asteroid yang mempunyai magnitudo empat order lebih redup daripada Vesta, oleh alasannya yaitu itu untuk mengamati Hygiea ini diharapkan alat khusus yaitu setidaknya sebuah teleskop yang mempunyai ukuran 10 mm atau 4 inchi. Atau bisa juga dengan memakai sebuah binokular yang berukuran 10 x 50 ketika berada pada sebuah posisi perihelik.



  1. Interamnia


Luar angkasa yaitu laboratorium yang luar biasa besar yang bisa dieksplorasi secara bebas 10 Macam-macam Asteroid dan GambarnyaAsteroid populer selanjutnya yaitu Interamnia. Asteroin ini merupakan asteroid terbesar kelima sehabis Ceres, Palas, Vesta dan Hygiea. Asteroid ini ditemukan pling terakhir dari keempat asteroid di atas. Asteroid ini ditemukan pada tanggal 2 Oktober 1910 oleh seorang astronom Vincenzo Cerulli. Massa dari asteroid ini sekitar 1, 2% dari total massa asteroid yang berada di sabuk asteroid. Penamaan asteroid ini sendiri diambil dari nama daerah bekerja sang penemu sehingga akan selalu dikenal oleh masyarakat khususnya yang mengetahui keberadaan asteroid Hygiea ini.



  1. Baptistina


Baptistina merupakan anggota termuda di sabuk asteroid. Berdasarkan permodelan komputer, Baptistina dan beberapa asteroid kawannya terbentuk sekitar 160 juta tahun yang lalu. Tumbukan oleh asteroid ini menjadikan beberapa benda langit jatuh ke Bumi dan menjadikan punahnya ekosistem dinosaurus sekitar 65 juta tahun lalu. Namun hal ini asih sebuah hipotesa belaka.



  1. Hektor


Hektor merupakan sebuah asteroid yang mempunyai dimensi sekitar 200 kilometer dan mempunyai satelitnya sendiri. Asteroid ini berada di orbit planet Jupiter.



  1. Kleopatra


Asteroid ini berjulukan mirip ratu Mesir yaitu Cleopatra. Asteroid ini berbentuk mirip tulang mainan anjing dan mempunyai dua satelit yang berjulukan Alexhelious dan Cleoselene.



  1. Themis


Asteroid Themis dipercaya sebagai kandidat asteroid yang bisa menopang kehidupan. Pasalnya asteroid ini merupakan satu- satunya asteroid yang mempunyai permukaan es. Selain itu, pada tahun 2009 telah dilakukan obesrvasi memakai infrared dan kesudahannya yaitu ditemukannya karbon dan molekul yang sanggup mendukung kehidupan.



  1. Toutatis


Merupakan asteroid yang yang berotasi dengan acak dan terhuyung. Hal ini kemungkinan alasannya yaitu letak asteroid ini yang terpengaruh oleh gravitasi Mars dan Jupiter. Asteroid ini mempunyai orbit yang tidak niscaya sehingga membuatnya sulit untuk diprediksi keberadaan atau letaknya.


Nah itulah macam-macam asteroid yang populer yang berada di sabuk asteroid yaitu diantara planet Mars dan Jupiter. Selain yang telah disebutkan di atas masih banyak lagi macam asteroid alasannya yaitu jumlahnya yang sangat banyak. Semoga bermanfaat untuk semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com