Saturday, September 9, 2017

Flora Dan Fauna Khas Kepulauan Riau Yang Jarang Diketahui

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia mempunyai berbagai kelebihan kalau dibandingkan negara lain. kelebihan tersebut terletak di persebaran fauna di Indonesia dan juga persebaran tumbuhan di Indonesia. Negara kita ini merupakan salah satu negara yang mempunyai kekayaan biodiversitas terbesar di dunia. Untuk sanggup menggolongkan persebaran tumbuhan dan fauna yang ada kita sanggup memakai garis khayal garis wallace sebagai salah satu pola utama, sebuah garis khayal yang dipakai untuk membagi wilayah indonesia menjadi tiga daerah utama. setiap daerah akan mempunyai ciri khas yang berbeda dan keunikan yang berbeda pula.


Fauna dan tumbuhan yang ada di Indonesia kebanyakan mungkin merupakan fauna tumbuhan yang dipengaruhi oleh daerah asia dan australia. Meskipun pada ciri-ciri fauna peralihan terdapat perbedaan. Akan tetapi ada juga beberapa satwa di Indonesia yang sanggup dikatakan endemik. Satwa endemik sendiri merupakan satwa yang sanggup dikatakan hanya sanggup ditemukan di lokasi itu saja. satwa menyerupai ini sanggup kita temukan di beberapa daerah di Indonesia. menyerupai contohnya Komodo yang sanggup dapat kita temukan di Taman Nasional Pulau Komodo ada juga beberapa tumbuhan khas yang hanya sanggup ditemukan di Indonesia. semua itu ialah sebuah bentuk keanekaragaman hayati di Indonesia yang menarik.


Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tumbuhan dan fauna khas dari salah satu provinsi di Indonesia. Flora dan fauna khas kepulauan Riau yang mempunyai keunikan dan bisa  dikatakan jarang diketahui. Mungkin, sudah banyak orang yang mengetahuinya tapi tak banyak yang tahu bahwa tumbuhan dan fauna tersebut merupakan khas Riau. Ada beberapa tumbuhan dan fauna khas kepulauan Riau yang sanggup kalian ketahui seperti:



  • Kakap


Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia Flora dan Fauna Khas Kepulauan Riau yang Jarang DiketahuiPada bab fauna yang dianggap sebagai salah satu binatang khas dari kepulauan Riau ialah ikan kakap. Ikan yang mempunyai nama ilmiah Lutjanus sanguineus ini merupakan ikan yang sangat populer di Riau. Hal tersebut dikarenakan ikan ini mempunyai habitat hidup yang sangat cocok dan berada di sekitar kepulauan Riau.


Perairan yang penuh karang dan sangat banyak sumber kuliner ialah salah satu daerah yang sangat dinikmati oleh binatang ini. Tak mengherankan memang kalau hak tersebut hasilnya menciptakan Riau mempunyai beberapa jenis ikan kakap. Jika kalian ingin menemukan atau memancing ikan kakap dengan kualitas yang cukup baik dan banyak. Maka salah satu daerah yang cukup menjadi spot ialah perairan sekitar kepulauan Riau.


Selain populer sebagai binatang yang di anggap sangat khas dengan daerah kepulauan Riau. Ikan kakap ini sendiri juga menjadi salah satu identitas kebudayaan masyarakat Riau. Identitas tersebut sanggup ditemukan pada kuliner yang memakai ikan kakap sebagai materi utama pembuatannya, yaitu Asam Pedas.


Kepulauan Riau sendiri mempunyai berbagai jenis ikan kakap. Bahkan sanggup dikatakan terbanyak di indonesia. Kita sanggup menemukan bermacam-macam jenis ikan kakap, mulai dari kakap merah, kakap putih, kakap kuning dan beberapa jenis ikan kakap lain yang mungkin sangat jarang kita temukan di pasaran.


Klasifikasi ilmiah Ikan kakap:


Kingdom : Animalia


Filum : Chordata


Kelas :   Actinopterygii


Ordo : Perciformes


Famili : Lutjanidae



  • Sirih


Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia Flora dan Fauna Khas Kepulauan Riau yang Jarang DiketahuiNama tumbuhan yang satu ini sanggup dikatakan sudah sangat umum di tengah masyarakat Indonesia. Apalagi ada beberapa tradisi di Indonesia yang memakai sirih sebagai salah satu materi utamanya. Tradisi makan sirih memang banyak ditemukan di beberapa daerah. Namun, bagi masyarakat kepulauan Riau, tradisi makan sirih ialah salah satu hal yang tak boleh terlewatkan. Masyarakat Riau sangat menjunjung tinggi dan melestarikan tradisi yang satu ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa sirih merupakan salah satu tumbuhan dan fauna khas kepulauan Riau.


Sirih sendiri merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam golongan fitofarmaka. Tanaman yang masuk kedalam golongan ini ialah jenis tumbuhan yang sanggup dikatakan sanggup dipakai sebagai materi untuk obat-obatan. Tumbuhan merambat ini sendiri memang cukup populer sebagai salah satu tumbuhan yang mempunyai berbagai manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satu manfaat dari sirih ialah sebagai salah satu tumbuhan dengan antiseptik alami. Maka tak ,mengherankan kalau beberapa produk medis, memakai daun ini sebagai materi utama.


Tumbuhan rambat ini sendiri sanggup mencapai tinggi kurang lebih sampai 15 meter. Tumbuhan yang satu ini secara umum mempunyai daun yang agak kekuningan. Namun, tak jarang juga kita menemukan daun sirih yang mempunyai warna merah. Atau daun sirih dengan bercak putih pada daunnya. Sedangkan yang ada di daerah kepulauan Riau sendiri merupakan daun sirih normal yang mempunyai warna daun kekuningan. Terkadang juga disertai dengan bercak putih pada daunnya.


Keberagaman dan keanekaragaman tumbuhan serta fauna merupakan sebuah hal yang sangat menarik. untuk sanggup melestarikannya kita harus menjaga ekosistem dan habitat dari tumbuhan dan fauna itu tumbuh dan berkembang, itu tadi beberapa info mengenai tumbuhan dan fauna khas kepulauan Riau. Semoga isu tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com