Saturday, September 9, 2017

√ 19 Pengertian Sig Berdasarkan Para Andal (Pembahasan Lengkap)

19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana SIG atau sistem gosip geografis. Yaitu pengertian SIG berdasarkan para hebat yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)


Mari kita bahas satu persatu pengertian Sistem Informasi Geografis berdasarkan para ahli.


Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) Menurut Para Ahli


Berikut ini ialah pengertian SIG berdasarkan para hali berdasarkan riset dan pengalamannya.


1. Petrus Paryono


Pengertian SIG berdasarkan Petrus Paryono ialah sistem berbasis komputer yang dipakai untuk menyimpan, manipulasi, menganalisis gosip geografi.


2. Prahasta


Pengertian SIG berdasarkan Prahasta ialah sejenis software yang sanggup dipakai untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan dan keluaran gosip geografis berikut atribut-atributnya.


3. Alter


Pengertian SIG berdasarkan Alter ialah sistem gosip yang mendukung pengorganisasian data sehingga sanggup diakses dengan menunjuk tempat pada sebuah peta.


4. Linden (1987)


Pengertian SIG berdasarkan Linden ialah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.


5. Calkin dan Tomlison (1984)


Pengertian SIG berdasarkan Calkin dan Tomlison ialah sistem komputerisasi data yang penting.


6. Berry (1988)


Pengertian SIG berdasarkan Berry ialah sistem informasi, acuan internal, serta otomatisasi data keruangan.


7. Gistut (1994)


Pengertian SIG berdasarkan Gistut ialah sistem yang sanggup mendukung pengambilan keputusan spasisal dan bisa mengitegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. SIG yang lengkap meliputi metodologi dan teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak dan struktur organisasi.


8. Bernhardsen (2002)


Pengertian SIG berdasarkan Bernhardsen ialah sistem komputer yang difunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akuisisi dan verifiksi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, administrasi dan pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data.


9. Marbie et al (1983)


Pengertian SIG berdasarkan Marbie et al ialah penanganan data keruangan.


10. Murai (1999)


Pengertian SIG berdasarkan Murai ialah sistem gosip yang dipakai untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, akomodasi kota, dan pelayanan umum lainnya.


11. Kang-Tsung Chang (2002)


Pengertian SIG berdasarkan Kang-Tsung Chang ialah a computer system for capturing, storing, quering, analyzing, and displaying geographic data.


12. Burrough (1986)


Pengertian SIG berdasarkan Burrough ialah alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang di inginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.


13. Aronaff (1989)


Pengertian SIG berdasarkan Aronaff ialah sistem gosip yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian.


14. Esri (1990) dalam Purnomo, Heri


Pengertian SIG berdasarkan Esri ialah sistem komputer yang menangani serta menggunakan data yang menggambarkan tempat-tempat dipermukaan bumi.


15. Barus Wiradisastra (2000)


Pengertian SIG berdasarkan Barus Wiradisastra ialah suatu sistem gosip yang dirancang untuk bekerja dengan data bereferensi spasial atau berkoordinat geografi.


16. Setiawan Iwan (2011)


Pengertian SIG berdasarkan Setiawan Iwan ialah suatu sistem yang berorientasi kepada letak geografis di atas permukaan bumi, berbasis komputer yang mempunyai kemapuan mengolah, memanipulasi serta menampilkan data spasial maupun atribut.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana SIG atau sistem gosip geografi √ 19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)


17. Purwadhi (2001)


Pengertian SIG berdasarkan Purwadhi ialah suatu sistem yang mengorganisir perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan data, serta sanggup mendayagunakan sistem penyimpanan, pengolahan, maupun analisis data secara simultan, sehingga sanggup diperoleh gosip berkaitan dengan aspek keruangan.


18. Wikipedia


Pengertian SIG berdasarkan Wikipedia ialah sistem gosip khusus yang mengelola data yang mempunyai gosip spasial (bereferenssi keruangan)


19. Consorsium Aceh-Nias


Pengertian SIG berdasarkan Consorsium Aceh-Nias ialah suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis, dan sumber daya insan yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukkan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengitegrasikan, menganalisa ataupun menampilkan data dalam suatu gosip berbasis geografis.


Demikianlah telah dijelaskan wacana 19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id