Thursday, October 26, 2017

√ 9 Pengertian Prosa Berdasarkan Para Ahli, Jenis Dan Bentuknya

9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas wacana Prosa. Pembahasan ini yaitu wacana pengertian prosa yang dikemukakan oleh para hebat yang sudah berpengalaman disertai dengan jenis prosa, bentuk bentuk prosa usang dan gres yang akan dibahas dengan lengkap.



9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya


Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan berikut ini dengan secama.


Pengertian Prosa


Kata prosa berasal dari bahasa latin yaitu “prosa” yang mempunyai arti “terus terang”. Jenis dari goresan pena prosa sering kali digunakan untuk mendeskrisikan suatu fakta atau ide. Biasanya digunakan pada suart kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat serta aneka macam jenis media lain.


Jenis prosa sanggup dibagi menjadi dua. Yaitu prosa usang dan prosa baru. Prosa usang masih kental dengan budaya timur belum termakan oleh budaya barat. Dan prosa gres dikarang bebas tanpa adanya hukum apapun.


Pengertian Prosa Menurut Para Ahli


Berikut ini yaitu definisi dari prosa berdasarkan ahlinya.


1. Henry Guntur Taringan (1993)


Pengertian prosa berdasarkan Henry Guntur Taringan yaitu karya sastra fiksi yang bersifat relitas, bukan bersifat aktualitas.


2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Pengertian prosa berdasarkan KBBI yaitu karangan bebas (tidak terikat oleh kaidah yang terdapat dalam puisi)


3. Herman J. Waluyo


Pengertian prosa berdasarkan Herman J. Waluyo yaitu karya fiksi dibagi menjadi tiga yaitu roman, novel dan kisah pendek atau cerpen.


4. Teeuw (1984)


Pengertian prosa berdasarkan Teeuw yaitu suatu bentuk kisah fiksi yang mencoba membeberkan suatu kenyataan.


5. M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono (1998)


Pengertian prosa berdasarkan M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono yaitu suatu bentuk narasi berplot yang dihasilkan oleh daya imajinasi.


6. Aminuddin (2002)


Pengertian prosa berdasarkan Aminuddin yaitu kisahan atau ceritera yang di emban oleh pemain drama tertentu dengan memperhatikan latar, tahapan dan rangkaian.


7. Zainuddin (1991)


Pengertian prosa berdasarkan Zainuddin yaitu pengungkapan insiden secara terang dengan penguraian seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat-syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.


8. H. B. Jassin (1989)


Pengertian prosa berdasarkan H. B. Jassin yaitu pengucapan seorang penyair dengan pikiran yang berbeda dengan puisi yang merupakan pengucapan penyair dengan perasaan.


9. Wikipedia


Pengertian prosa berdasarkan Wikipedia yaitu suatu jenis goresan pena yang dibedakan dengan puisi sebab variasi ritme yang dimiliinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.


Jenis-jenis Prosa


Prosa sanggup dibagi menjadi empat jenis yaitu:



  • Prosa Naratif

  • Prosa Dekskriptif

  • Prosa Eksposisi

  • Prosa Argumentasi


Bentuk-bentuk Prosa Lama


Prosa usang yaitu karya sastra yang belum menerima efek dari sastra atau kebudayaan barat. Awalnya karya sastra prosa usang muncul disampaikan secara verbal atau diucapkan, sebab belum dikenalnya bentuk tulisan. Namun sesudah agama dan budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat menjadi bersahabat dengan tulisan, bentuk goresan pena juga mulai dikenal. Semenjak itu sastra goresan pena juga dikenal dan waktu itu pula bapak-bapak sastra pertama dalam rentetan sastra Indonesia mulai ada. Berikut ini yaitu bentuk-bentuk sastra prosa usang adalah:



  • Hikayat

    HIkayat asalnya yaitu dari negara India dan Arab. Yang mempunyai isi kehidupan para dewi, peri, pangeran, putri kerajaan, dan raja-raja yang mempunyai kekuatan gaib. Yang diceritakan didalam hikayat kadang tidak masuk akal, mirip seseorang yang mempunyai kesaktian dan kekuatan luar biasa. Dalam kisah hikayat kebanyakan tokoh yang diambil yaitu dalam sejarah. Contoh hikayat adalah: Hikayat Hang Tuah, Si Pitung, Hikayat Si Miskin, Hikayat Indra Bangsawan

  • Sejarah

    Sejarah atau yang disebut juga Tambo merupakan suatu bentuk prosa usang yang isi ceritanya diambil dari suatu insiden sejarah. Cerita yang di jelaskan dalah sejarah sanggup dibuktikan dengan fakta. Berisikan tidak hanya insiden sejarah tetapi juga berisikan silsilah raja-raja. Biasanya ditulis oleh para Sastrawan masyarakat lama. Contoh: Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis pada tahun 1612.

  • Kisah

    Kisah merupakan kisah yang berisikan kisa perjalanan atau pelayaran seseorang dari suatu daerah ke daerah lain. Contohnya: Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan, Kisah Abdullah ke Jeddah

  • Dongeng

    Dongeng merupakan sebuah kisah yang sifatnya khayal. Dongeng mempunyai banyak ragam, yaitu sebagai berikut:



    • Fabel: merupakan kisah usang yang menokohkan hewan sebagai lambang pengajaran moral (sering disebut juga sebagai kisah binatang).

    • Mite (mitos): merupakan cerita-cerita yang hubungannya dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercaya mempunyai kekuatan ghaib.

    • Legenda: Merupakan kisah usang yang mengisahkan wacana riwayat terjadinya suatu daerah atau wilayah.

    • Sage: merupakan kisah usang yang hubungannya dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang.

    • Parabel: Adalah kisah rekaan yang menggambarkan perilaku moral atau keagamaan dengan memakai mirip atau perbandingan.

    • Dongeng Jenaka: merupakan kisah wacana tingkah laris orang bodoh, malas, atau arif dan masing-masing dilukiskan dengan cara humor.



  • Cerita Berbingkai

    Cerita berbingkai merupakan kisah yang didalamnya terdapat kisah lagi yang dituturkan oleh pelaku-pelakunya.


 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas wacana Prosa √ 9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya


Bentuk-bentuk Prosa Baru


Prosa gres yaitu karangan prosa yang telah menerima efek sastra atau budaya barat. bentuk dari prosa gres yaitu:



  • Roman

    Roman merupakan bentuk prosa gres yang berkisah wacana kehidupan pelaku utama dengan segala suka dukanya. Dalam sebuah roman, pelaku utama biasanya diceritakan mulai dari masa kanak-kanak hingga dewasan atau bahkan hingga meninggal dunia.

    Didalam roman diungkapkan adab atau aspek kehidupan suatu masyarakat secara detail dan menyeluruh, alur yang bercabang-cabang, banyak pelanturan.

  • Novel

    Novel merupakan bentuk prosa gres yang menggambarkan sebagian kehidupan pelaku utamanya yang terpenting, paling menarik, dan mengandung konflik. Konflik disini merupakan pergulatan jiwa tersebut yang berakibat pada perubahan nasib pelakunya.

  • Cerpen

    Cerpen yaitu prosa usang yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan pelaku yang terpenting dan paling menarik. Terdapat konflik atau pertikaian di dalam cerpen, tetapi tidak mengakibatkan perubahan nasib pelakunya.

  • Riwayat

    Riwayat atau biografi merupakan suatu karangan prosa yang berisi pengalaman-pengalaman hidup pengarang sendiri (otobiografi) atau sanggup juga pengalaman hidup orang lain dari mulai kecil hingga remaja atau bahkan hingga meninggal dunia.

  • Kritik

    Kritik yaitu karya yang menjelaskan dengan detail pertimbangan baik-buruk suatu hasil karya dengan memberi alasan-alasan wacana isi dan bentuk dengan kriteria tertentu yang bersifat objektif dan menghakimi.

  • Resensi

    Resensi yaitu pembicaraan/pertimbangan/ulasan suatu karya baik dalam bentuk buku, film, drama dan lain-lain. Isi dari resensi bersifat pemaparan biar pembaca mengetahui karya tersebut dari aneka macam aspek mirip tema, alur, perwatakan, obrolan dan lain-lain.

  • Esai

    Esai merupakan ulasan/kupasan suatu problem secara sepintas kemudian berdasarkan pandangan langsung penulisnya. Isi dari esai berupa pesan yang tersirat hidup, tanggapan, renungan, atau komentar wacana budaya, senig, fenomena sosial, politik, pementasan drama, film dan lain sebagainya.


Demikianlah tadi telah dijelaskan wacana 9 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli, Jenis dan Bentuknya, semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id