Monday, January 13, 2020

√ Sejarah Singkat Ki Hajar Dewantara

Tentunya kalian sudah tahu di negara kita ini tentu banyak pendekar yang telah berjuang dan mempertahankan kemerdekaan bangsa indonesia baik para pendekar repolusi, pendekar nasional, ataupun rakyat indonesia yang ikut berjuang dan mempertahankan kemerdekaan bangsa indonesia, yang sanggup kita sebut sebagai pahlawan. Indonesia karya jasanya yang telah mempertaruhkan harta dan nyawanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa indonesia.


Salah satunya yakni KI HAJAR DEWANTARA. Tentunya kalian sydah tidak aneh lagi dengan nama KI HAJAR DEWANTARA bukan? Ya, alasannya selain sebagai pendekar nasional indonesia KI HAJAR DEWANTARA juga merupakn mentri pegajaran indonesia ke-satu atau bapak pendidikan indonesia yang pertama. Dengan masa jabatan daei 2 September 1945 – 14 November 1945 yang kemudian diganti oleh TODUNG SUTAN GUNUNG MULIA.


KI HAJAR DEWANTARA lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Pakualaman. Tanggal kelahiran KI HAJAR DEWANTARA kini diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional di indonesia. Serta semboyan yang dibentuk KI HAJAR DEWANTARA yaitu Tut wuri Handayani menjadi selogan kementrian pendidikan Nasional indonesia. Tidak hanya itu namanya juga di abadaikan sebagai sebuah nama kapal perang indonesia (KRI KI HAJAR DEWANTARA) dan potret dirinya di abadikan pada uang kertas 20.000 Rupiah tahun 1998.


KI HAJAR DEWANTARA juda dikukuhkan sebagai pendekar nasional yang ke-2 oleh Presiden Republik indonesia yaitu Soekarno hatta pada tanggal 28 November 1959 melalui surat keputusan Presiden indonesia NO.305 tahun 1959 tanggal 28 November 1959.


Sekarang kita sebagai cowok pemudi indonesia harus memiliki semangat yang tinggi menyerupai para pendekar kita yang sudah memerjuangkan bangsa indonesia, dan kiprah kita sebagai cowok indonesia harus cinta indonesia, harus cinta tanah air kita.


Teringat dikala saya membaca sebuah buku perihal para pendekar “BAHWA DI PUNDAKMULAH KEJAYAAN ATAU KEHANCURAN, YANG JELAS “IBDA BINAPSIHI” MAU KAU BAGAIMANAKAN? YANG JELAS “SANTRI DIMASA KINI ADALAH KIYAI DI MASA YANG AKAN DATANG, SISWA DI MASA KINI ADALAH GURU DIMASA YANG AKAN DATANG, DAN PEMUDA DI MASA KINI ADALAH PEMIMPIN YANG AKAN DATANG”


Demikianlah artikel yang sanggup saya buat perihal KI HAJAR DEWANTARA, supaya sanggup bermanfaat bagi seluruh masyarakat indonesia. Salam sejahtera



Sumber aciknadzirah.blogspot.com