Tuesday, July 25, 2017

√ Pembahasan Sbmptn 2016 Matematika Ipa

Hai.... semua....! Ada postingan gres lagi nih, kali ini Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2016 Kode 217. Seperti biasa, aku selalu menyediakan link d0wnl0ad soal semoga dapat dikerjakan/dijawab secara dapat bangun diatas kaki sendiri dan offline. Sementara untuk pembahasannya silahkan dilihat di postingannya ini.


Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 1
Diketahui dua bundar berpusat di titik O(0,0) berjari-jari $r$ dan $R$ dengan $r < R$. Sebuah garis $l$ menyinggung bundar dalam di titik E dan memotong bundar luar di titik P. Jika diketahui selisih antara luas bundar luar dan bundar dalam $36\pi $ dan $\angle EOP={{60}^{o}}$, maka persamaan bundar luar ialah …
A. ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}=36$
B. ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}=40$
C. ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}=44$
D. ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}=48$
E. ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}=52$
Pembahasan:
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  √ Pembahasan SBMPTN 2016 Matematika IPA
Luas bundar luar – luas bundar dalam = $36\pi $$\cos {{60}^{o}}=\frac{OE}{OP}$
$\frac{1}{2}=\frac{r}{R}\Leftrightarrow r=\frac{1}{2}R$
$\pi {{R}^{2}}-\pi {{r}^{2}}=36\pi $
 ${{R}^{2}}-{{r}^{2}}=36$
${{R}^{2}}-{{\left( \frac{1}{2}R \right)}^{2}}=36$
${{R}^{2}}-\frac{1}{4}{{R}^{2}}=36$
$\frac{3}{4}{{R}^{2}}=36$
${{R}^{2}}=48$
Persamaan bundar luar:
${{x}^{2}}+{{y}^{2}}={{R}^{2}}\Leftrightarrow {{x}^{2}}+{{y}^{2}}=48$
Jawaban: D

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 2
Misalkan segitiga ABC ialah segitiga siku-siku pada titik C. Jika panjang sisi di hadapan titik A, B, C berturut-turut ialah a, b, c maka cos 2A = …
A. $\frac{{{b}^{2}}-{{a}^{2}}}{{{c}^{2}}}$
B. $\frac{{{a}^{2}}-{{b}^{2}}}{{{c}^{2}}}$
C. $\frac{{{b}^{2}}-{{c}^{2}}}{{{a}^{2}}}$
D. $\frac{{{c}^{2}}-{{a}^{2}}}{{{b}^{2}}}$
E. $\frac{{{a}^{2}}-{{b}^{2}}}{{{b}^{2}}}$
Pembahasan:
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  √ Pembahasan SBMPTN 2016 Matematika IPA
${{b}^{2}}={{c}^{2}}-{{a}^{2}}$
$\cos A=\frac{b}{c}$
$\cos 2A=2{{\cos }^{2}}A-1$
$\cos 2A=2{{\left( \frac{b}{c} \right)}^{2}}-1$
$\cos 2A=\frac{2{{b}^{2}}-{{c}^{2}}}{{{c}^{2}}}$
$\cos 2A=\frac{{{b}^{2}}+{{b}^{2}}-{{c}^{2}}}{{{c}^{2}}}$
$\cos 2A=\frac{{{b}^{2}}+{{c}^{2}}-{{a}^{2}}-{{c}^{2}}}{{{c}^{2}}}$
$\cos 2A=\frac{{{b}^{2}}-{{a}^{2}}}{{{c}^{2}}}$
Jawaban: A

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 3
Fungsi $f(x)={{\sec }^{2}}x-\tan x\sec x$ untuk $0 < x < 2\pi $, $x\ne \frac{\pi }{2}$ dan $x\ne \frac{3\pi }{2}$ naik pada interval …
A. $0 < x < {{90}^{o}}$ atau ${{90}^{o}} < x < {{180}^{o}}$
B. $0 < x <{{90}^{o}}$ atau ${{270}^{o}} < x < {{360}^{o}}$
C. ${{90}^{o}} < x < {{180}^{o}}$
D. ${{90}^{o}} < x < {{270}^{o}}$
E. ${{90}^{o}} < x < {{200}^{o}}$
Pembahasan:
$f(x)={{\sec }^{2}}x-\tan x\sec x$
$f'(x)=2\sec x.\sec x\tan x-({{\sec }^{2}}x.\sec x+\tan x.\sec x\tan x)$
$f'(x)=-\sec x(-2\sec x\tan x+{{\sec }^{2}}x+{{\tan }^{2}}x)$
$f'(x)=-\sec x{{(\sec x-\tan x)}^{2}}$
$f(x)$ naik maka $f'(x) > 0$
$-\sec x{{(\sec x-\tan x)}^{2}} > 0$
$-\sec x > 0$
$\sec x < 0$
$\frac{1}{\cos x} < 0$
$\cos x < 0$
${{90}^{o}} < x < {{270}^{o}}$
Jawaban: D

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 4
Jika titik (a,b) dicerminkan terhadap garis y = x – 1 menjadi titik (c,d), maka 2c + d = …
A. 2a + b – 1
B. 2a – b – 1
C. a – 2b – 1
D. 2a + b + 1
E. a + 2b + 1
Pembahasan:
Pencerminan titik (x,y) terhadap garis y = x – k
$\left( \begin{matrix}   x'  \\   y'  \\ \end{matrix} \right)=\left( \begin{matrix}   y+k  \\   x-k  \\ \end{matrix} \right)$
Dari soal (a,b) = (x,y) dan (c,d) = (x’,y’) maka:
$\left( \begin{matrix}   c  \\   d  \\ \end{matrix} \right)=\left( \begin{matrix}   b+1  \\   a-1  \\ \end{matrix} \right)$
c = b + 1  dan d = a – 1
2c + d = 2(b + 1) + a – 1 = a + 2b + 1
Jawaban: E

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 5
Diketahui kubus ABCD.EFGH. Titik M berada di rusuk AD sedemikian sehingga AM : MD = 1 : 2. Titik N berada di rusuk CD sedemikian sehingga CN : ND = 1 : 2. Titik P berada di rusuk DH sedemikian sehingga DP : PH = 2 : 1. Jika $\alpha $ ialah sudut antara bidang MNP dan bidang ACGE, maka nilai sin $\alpha $ = …
A. $\frac{1}{3}\sqrt{6}$
B. $\frac{1}{3}\sqrt{5}$
C. $\frac{1}{3}\sqrt{4}$
D. $\frac{1}{3}\sqrt{3}$
E. $\frac{1}{3}\sqrt{2}$
Pembahasan:
Untuk mempermudah perhitungan, kita misalkan panjang rusuk kubus ABCD.EFGH ialah 3 satuan.
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  √ Pembahasan SBMPTN 2016 Matematika IPA
Dari gambar, 
$\alpha =\angle (MNP,ACGE)$
$\alpha =\angle (MNP,MNN'M')$
$\alpha =\angle (MNP,QQ')$
$\alpha =\angle (PQ,QR)$
Perhatikan segitiga PQR siku-siku di R dengan:
$PR=\sqrt{2}$, QR = 2
$PQ=\sqrt{P{{R}^{2}}+Q{{R}^{2}}}$
$PQ=\sqrt{{{(\sqrt{2})}^{2}}+{{2}^{2}}}$
$PQ=\sqrt{6}$
$\sin \alpha =\frac{PR}{PQ}$
$\sin \alpha =\frac{\sqrt{2}}{\sqrt{6}}$
$\sin \alpha =\frac{1}{\sqrt{3}}=\frac{1}{3}\sqrt{3}$
Jawaban: D


Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 6
Diketahui sisa pembagian suku banyak $f(x)-g(x)$ oleh ${{x}^{2}}+x-2$ ialah $x$, sisa pembagian $f(x)+g(x)$ oleh ${{x}^{2}}-3x+2$ ialah $x+1$, maka sisa pembagian ${{(f(x))}^{2}}+{{(g(x))}^{2}}$ oleh $x-1$ ialah …
A. $\frac{5}{2}$
B. $\frac{5}{4}$
C. $\frac{1}{4}$
D. 1
E. 4
Pembahasan:
Yang dibagi = pembagi x hasil + sisa
$f(x)-g(x)$ = (${{x}^{2}}+x-2$).hasil + $x$
$f(x)-g(x)$ = $(x+2)(x-1)$.hasil + $x$
Untuk x = 1, maka:
$f(1)-g(1)$ = 1 …. pers (1)
$f(x)+g(x)$ = $({{x}^{2}}-3x+2)$.hasil + $x+1$
$f(x)+g(x)$ = $(x-1)(x-2)$.hasil + $x+1$
Untuk x = 1, maka:
$f(1)+g(1)$ = 2 …. pers (2)
$f(1)-g(1)$ = 1 …. pers (1)
--------------------------------- (+)
$2f(1)=3\Leftrightarrow f(1)=\frac{3}{2}$ 
$f(1)+g(1)$ = 2 
$f(1)-g(1)$ = 1 
------------------- (-)
$2g(1)=1\Leftrightarrow g(1)=\frac{1}{2}$
Dengan Teorema Sisa:
Sisa pembagian ${{(f(x))}^{2}}+{{(g(x))}^{2}}$ oleh $x-1$ adalah:
= ${{(f(1))}^{2}}+{{(g(1))}^{2}}$
= ${{\left( \frac{3}{2} \right)}^{2}}+{{\left( \frac{1}{2} \right)}^{2}}$
= $\frac{10}{4}=\frac{5}{2}$
Jawaban: A

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 7
Grafik $y={{3}^{x+1}}-{{\left( \frac{1}{9} \right)}^{x}}$ berada di bawah grafik $y={{3}^{x}}+1$ bila …
A. 0 < x < 1
B. x > 1
C. x < 0
D. x > 3
E. 1 < x < 3
Pembahasan:
${{y}_{1}}={{3}^{x+1}}-{{\left( \frac{1}{9} \right)}^{x}}$ di bawah ${{y}_{2}}={{3}^{x}}+1$ maka:
${{y}_{1}} < {{y}_{2}}$
${{3}^{x+1}}-{{\left( \frac{1}{9} \right)}^{x}} < {{3}^{x}}+1$
${{3.3}^{x}}-\frac{1}{{{({{3}^{x}})}^{2}}} < {{3}^{x}}+1$
${{2.3}^{x}}-\frac{1}{{{({{3}^{x}})}^{2}}}-1 < 0$
$2{{({{3}^{x}})}^{3}}-1-{{({{3}^{x}})}^{2}} < 0$
$2{{({{3}^{x}})}^{3}}-{{({{3}^{x}})}^{2}}-1 < 0$
Misal: $y={{3}^{x}}$ maka:
$2{{y}^{3}}-{{y}^{2}}-1 < 0$
$(y-1)(2{{y}^{2}}+y+1) < 0$; $2{{y}^{2}}+y+1 > 0$ (DEFINIT POSITIF) maka:
$y-1 < 0$
$y < 1$
${{3}^{x}} < {{3}^{0}}\Leftrightarrow x < 0$
Jawaban: C

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 8
Nilai dari $\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sqrt{1-\cos (x-2)}}{\sqrt{{{x}^{2}}-2x}}$
A. 0
B. $\frac{1}{2}$
C. $\frac{3}{4}$
D. 1
E. $\infty $
Pembahasan:
$\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sqrt{1-\cos (x-2)}}{\sqrt{{{x}^{2}}-2x}}$
$=\sqrt{\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{1-\cos (x-2)}{{{x}^{2}}-2x}}$
$=\sqrt{\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{2{{\sin }^{2}}\frac{1}{2}(x-2)}{{{x}^{2}}-2x}}$
$=\sqrt{\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,2.\frac{\sin \frac{1}{2}(x-2)}{x}.\frac{\sin \frac{1}{2}(x-2)}{(x-2)}}$
$=\sqrt{2.\frac{\sin \frac{1}{2}(2-2)}{2}.\frac{1}{2}}$
$=\sqrt{2.\frac{0}{2}.\frac{1}{2}}$
= 0
Jawaban: A

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 9
Suatu barisan geometri semua sukunya positif. Jika $\frac{{{u}_{1}}+{{u}_{2}}}{{{u}_{3}}+{{u}_{4}}}=\frac{1}{9}$ maka $\frac{{{u}_{1}}+{{u}_{2}}+{{u}_{3}}+{{u}_{4}}}{{{u}_{2}}+{{u}_{3}}}$ = …
A. $\frac{10}{9}$
B. 3
C. $\frac{10}{3}$
D. 4
E. 10
Pembahasan:
Barisan Geometri: ${{u}_{n}}=a{{r}^{n-1}}$
$\frac{{{u}_{1}}+{{u}_{2}}}{{{u}_{3}}+{{u}_{4}}}=\frac{1}{9}$
$\frac{a+ar}{a{{r}^{2}}+a{{r}^{3}}}=\frac{1}{9}$
$\frac{a(1+r)}{a{{r}^{2}}(1+r)}=\frac{1}{9}$
$\frac{1}{{{r}^{2}}}=\frac{1}{9}$
${{r}^{2}}=9\Leftrightarrow r=3$
$\frac{{{u}_{1}}+{{u}_{2}}+{{u}_{3}}+{{u}_{4}}}{{{u}_{2}}+{{u}_{3}}}=\frac{a+ar+a{{r}^{2}}+a{{r}^{3}}}{ar+a{{r}^{2}}}$
$=\frac{a(1+r+{{r}^{2}}+{{r}^{3}})}{a(r+{{r}^{2}})}$
$=\frac{1+r+{{r}^{2}}+{{r}^{3}}}{r+{{r}^{2}}}$
$=\frac{1+3+{{3}^{2}}+{{3}^{3}}}{3+{{3}^{2}}}$
$=\frac{40}{12}=\frac{10}{3}$
Jawaban: C

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 10
Misalkan $f(x)=a\sqrt{x}+\frac{b}{\sqrt{x}}$ memiliki titik belok di (4,13). Nilai a + b = …
A. $\frac{91}{8}$
B. $\frac{81}{8}$
C. $\frac{71}{8}$
D. $\frac{61}{8}$
E. $\frac{51}{8}$
Pembahasan:
Titik $(4,13)$ pada  $f(x)=a\sqrt{x}+\frac{b}{\sqrt{x}}$ maka:
$13=a\sqrt{4}+\frac{b}{\sqrt{4}}$
$13=2a+\frac{b}{2}$
$4a+b=26$
Titik $(4,13)$ ialah titik belok  maka $f''(4)=0$
$f(x)=a\sqrt{x}+\frac{b}{\sqrt{x}}$
$f(x)=a{{x}^{\frac{1}{2}}}+b{{x}^{-\frac{1}{2}}}$
$f'(x)=\frac{1}{2}a{{x}^{-\frac{1}{2}}}-\frac{1}{2}b{{x}^{-\frac{3}{2}}}$
$f''(x)=-\frac{1}{4}a{{x}^{-\frac{3}{2}}}+\frac{3}{4}b{{x}^{-\frac{5}{2}}}$
$f''(x)=\frac{-a}{4\sqrt{{{x}^{3}}}}+\frac{3b}{4\sqrt{{{x}^{5}}}}$
$f''(4)=\frac{-a}{4\sqrt{{{4}^{3}}}}+\frac{3b}{4\sqrt{{{4}^{5}}}}=0$
$\frac{-a}{32}+\frac{3b}{128}=0$
$-4a+3b=0$
$4a+b=26$
--------------- (+)
$4b=26\Leftrightarrow b=\frac{13}{2}$ 
$4a+b=26$
$4a+\frac{13}{2}=26$
$8a+13=52\Leftrightarrow a=\frac{39}{8}$
$a+b=\frac{39}{8}+\frac{13}{2}=\frac{91}{8}$ 
Jawaban: A


Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 11
Diketahui fungsi $f(x)=f(x+2)$ untuk setiap $x$. Jika $\int\limits_{0}^{2}{f(x)dx}=B$, maka $\int\limits_{3}^{7}{f(x+8)dx}$ = …
A. B
B. 2B
C. 3B
D. 4B
E. 5B
Pembahasan:
Misalkan $\int\limits_{0}^{1}{f(x)dx}=A$
$\int\limits_{0}^{2}{f(x)dx}=B$, dengan sifat-sifat integral tertentu, maka:
$\int\limits_{0}^{1}{f(x)dx}+\int\limits_{1}^{2}{f(x)dx}=B$
$A+\int\limits_{1}^{2}{f(x)dx}=B$
$\int\limits_{1}^{2}{f(x)dx}=B-A$
$\int\limits_{3}^{7}{f(x+8)dx}$
$=\int\limits_{3}^{7}{f(x)dx}$
$=\int\limits_{3}^{4}{f(x)dx}+\int\limits_{4}^{6}{f(x)dx}+\int\limits_{6}^{7}{f(x)dx}$
Misalkan, ${{I}_{1}}=\int\limits_{3}^{4}{f(x)dx}$ substitusi $x=u+2$
${{I}_{1}}=\int\limits_{1}^{2}{f(u+2)du}$
${{I}_{1}}=\int\limits_{1}^{2}{f(u)du}=B-A$
Misalkan, ${{I}_{2}}=\int\limits_{4}^{6}{f(x)dx}$ substitusi $x=u+4$
${{I}_{2}}=\int\limits_{0}^{2}{f(u+4)du}$
${{I}_{1}}=\int\limits_{0}^{2}{f(u)du}=B$
Misalkan, ${{I}_{3}}=\int\limits_{6}^{7}{f(x)dx}$ substitusi $x=u+6$
${{I}_{3}}=\int\limits_{0}^{1}{f(u+6)du}$
${{I}_{1}}=\int\limits_{0}^{1}{f(u)du}=A$
Jadi,
$\int\limits_{3}^{7}{f(x+8)dx}={{I}_{1}}+{{I}_{2}}+{{I}_{3}}$ = B – A + B + A = 2B.
Jawaban: B

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 12
Diketahui fungsi $f(x)={{x}^{k}}$ dan $g(x)=x$. Misalkan D ialah tempat yang dibatasi oleh kurva $g$, sumbu Y dan y = 1. Jika kurva $f$ membagi tempat D sama besar, maka k = …
A. $\frac{1}{3}$
B. $\frac{2}{3}$
C. 1
D. 2
E. 3
Pembahasan:
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  √ Pembahasan SBMPTN 2016 Matematika IPA
Luas D = Luas segitiga OPQ = $\frac{1}{2}.1.1=\frac{1}{2}$
Karena kurva $y={{x}^{k}}$ membagi tempat D sama besar, maka:
Luas tempat Hijau = 1/2 x Luas D
$\int\limits_{0}^{1}{(1-{{x}^{k}})dx}=\frac{1}{2}.\frac{1}{2}$
$\left. \left( x-\frac{1}{k+1}{{x}^{k+1}} \right) \right|_{0}^{1}=\frac{1}{4}$
$\left( 1-\frac{1}{k+1}{{.1}^{k+1}} \right)-\left( 0-\frac{1}{k+1}{{.0}^{k+1}} \right)=\frac{1}{4}$
$1-\frac{1}{k+1}=\frac{1}{4}$
$1-\frac{1}{4}=\frac{1}{k+1}$
$\frac{3}{4}=\frac{1}{k+1}$
$3k+3=4\Leftrightarrow 3k=1\Leftrightarrow k=\frac{1}{3}$ 
Jawaban: A

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 13
Banyaknya bilangan genap n = abc dengan 3 digit sehingga 3 < b < c ialah …
A. 48
B. 54
C. 60
D. 64
E. 72
Pembahasan:
N = abc genap bila c bilangan genap, nilai c yang memenuhi ialah 6 dan 8. Pilihan nilai a = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9} ada sembilan pilihan.
Jika c = 6, maka b = {5, 4} dan a = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9} maka banyak bilangan: 2 x 9 = 18 bilangan.
Jika c = 8, maka b = {7, 6, 5, 4} dan a = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9} maka banyak bilangan: 4 x 9 = 36 bilangan.
Jumlah seluruh bilangan = 18 + 36 = 54 bilangan.
Jawaban: B

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 14
Garis singgung kurva $y=3-{{x}^{2}}$ di titik P(-a,b) dan Q(a,b) memotong sumbu Y di titik R. Nilai a yang menciptakan segitiga PQR sama sisi ialah …
A. $2\sqrt{3}$
B. $\sqrt{3}$
C. $\frac{1}{2}\sqrt{3}$
D. $\frac{1}{3}\sqrt{3}$
E. $\frac{1}{4}\sqrt{3}$
Pembahasan:
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  √ Pembahasan SBMPTN 2016 Matematika IPA
Segitiga PQR sama sisi, maka masing-masing sudutnya ${{60}^{o}}$, maka $\theta ={{60}^{o}}$, kita peroleh gradien garis singgung yang melalui titik P(-a,b) ialah $\tan {{60}^{o}}=\sqrt{3}$.
$y=3-{{x}^{2}}$
$\frac{dy}{dx}=-2x$ melalui titik P(-a,b)
${{\left. \frac{dy}{dx} \right|}_{x=-a}}=-2.(-a)=\sqrt{3}$
$a=\frac{\sqrt{3}}{2}$ 
Jawaban: C

Matematika IPA SBMPTN 2016 No. 15
Diketahui tiga bilangan aktual $^{2}\log a$, $^{2}\log b$, $^{2}\log c$ membentuk barisan aritmetika. Jika $abc=128$, maka suku kedua barisan tersebut ialah …
A. $\frac{4}{3}$
B. $\frac{7}{3}$
C. 2
D. 8
E. 16
Pembahasan:
Barisan Aritmetika:
$^{2}\log a$, $^{2}\log b$, $^{2}\log c$
$2{{U}_{2}}={{U}_{1}}+{{U}_{3}}$
${{2.}^{2}}\log b{{=}^{2}}\log a{{+}^{2}}\log c$
$^{2}\log {{b}^{2}}{{=}^{2}}\log ac$
${{b}^{2}}=ac$ kedua ruas kali dengan b
${{b}^{3}}=abc$
${{b}^{3}}=128\Leftrightarrow b={{2}^{\frac{7}{3}}}$
${{U}_{2}}{{=}^{2}}\log b{{=}^{2}}\log {{2}^{\frac{7}{3}}}=\frac{7}{3}$
Jawaban: B

Artikel Terkait:

Sumber http://www.catatanmatematika.com