Wednesday, July 5, 2017

√ 4 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang dapat menjadi laba bagi sebagian orang, namun, bila dilihat dari sisi lain, kartu ini bisa menjadi sebuah dilema yang dapat berujung kesulitan. Kesalahan pemahaman dan cara pemakaian justru dapat menciptakan seseorang kewalahan. Berikut 4 kesalahan dalam penggunaan kartu kredit:


#1 Tidak Melunasi Seluruh Tagihan Kartu Kredit


Ini boleh dikatakan merupakan penyebab utama mengapa banyak orang yang terjerat dalam hutang kartu kredit. Tidak sedikit orang yang hanya membayar sejumlah “pembayaran minimum”. Ketika kau melaksanakan ini, maka saldo hutang yang tersisa akan terkena bunga yang sangat tinggi (bisa mencapai2,9%-4% per BULAN!) . Ketika kau melaksanakan kesalahan ini, maka ibaratnya kau sudah mengambil langkah pertama untuk masuk ke dalam jeratan hutang kartu ini.


#2 Menganggap Kartu Kredit sebagai Kartu Debit


Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling fatal. Kartu Kredit bukanlah Kartu Debit (ATM). Hindari menarik uang cash dengan memakai kartu kredit lantaran ini akan dikenakan bunga dan biaya tarik tunai yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada angka di nomor 1.


#3 Menggunakan untuk Membayar Hutang


Kesalahan lainnya ialah memakai kartu ini untuk menutup ataupun membayar cicilan hutang tipe “Secured Debt”/hutang yang memakai jaminan. Hutang yang memakai jaminan (spt KPR, KMK, dll), bunganya secara umum lebih ringan. Oleh alasannya itu kalau kau memakai kartu kredit untuk membayar hutang tipe ini, berarti kau malah ‘menukar’ hutang yang bunganya lebih ringan dengan hutang yang bunganya lebih berat.


Baca juga: 5 Destinasi Liburan Natal Sempurna Yang Belum Kamu Tahu!


#4 Tidak Disiplin Mengontrol Penggunaan dan Tagihannya


Tentukan batas maksimum yang boleh kau ‘gesek’ setiap bulannya. Lalu kontrol dan catat setiap pemakaian kartu kredit kau setiap hari. Ketika jumlah pemakaian tersebut sudah mendekati batas maksimum yang kau tentukan, ‘segel’ kartu kamu, atau kalau perlu (bagi yang lemah terhadap godaan belanja), tinggalkan kartu di rumah.


Baca juga: 6 Ide Kado Natal Untuk Keluarga Dengan Modal 300 Ribu Saja!


Tebus Smartphone favorit kau dengan manfaatkan layanan cicilan 0% dari aneka macam kartu kredit yang ada! Bandingkan beberapa produk kartu kredit bersama HaloMoney sekarang, klik di sini!


Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!



Sumber https://duwitmu.com