Thursday, October 19, 2017

√ 12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi Jenisnya (Lengkap)

12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi & Jenisnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan perihal statistik. Pembahasan disini mencakup pengertian statistik berdasarkan para ahli, tujuan statistik, manfaat statistik, dan jenis-jenis statistik yang akan dijelaskan dengan lengkap dan gampang dipahami.



12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi & Jenisnya (Lengkap)


Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Statisktik Menurut Para Ahli


Dibawah ini ialah definisi dari statistik berdasarkan ahlinya.


1. J. Supranto


Pengertian statistik berdasarkan J.Supranto ialah dikemukakan dalam 2 pengertian.



  • Dalam arti sempit, Statistik adalh data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif)

  • Dalam arti luas, Statistik ialah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, serta analisa data dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari pengelihatan yang menyeluruh.


2. Drs.Djawanto


Pengertian statistik berdasarkan Drs. Djawanto ialah kumpulan angka-angka yang berafiliasi dengan melukiskan suatu persoalan


3. Steel dan Torrie


Pengertian statistik berdasarkan Steel dan Torrie ialah metode yang menawarkan cara-cara untuk menilai ketidaklanjutan dari penarikan kesimpulan uang bersifat induktif.


4. Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.


Pengertian statistik berdasarkan Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.adalah pengetahuan yang berafiliasi dengan cara-cara pengumpulan data pengolahan penganalisisannya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisasian yang dilakukan.


5. Anderson dan Bancroff


Pengertian statistik berdasarkan Anderson dan Bancroff ialah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk mengumpulkan serta dan penginterprestasikan data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga akan memungkinkan kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi sanggup diperkirakan dengan penggunaan daypikir induktif yang didasarkan pada matematik probabilitas (peluang)


6. Croxton dan Cowden


Pengertian statistik berdasarkan Croxton dan Cowden ialah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterprestasikan data yang berwujud angka.


7. Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA


Pengertian statistik berdasarkan Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA ialah ilmu untuk mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logik dari pengolahan data.


8. Prof. Dr. H. Agus Irianto


Pengertian statistik berdasarkan Prof. Dr. H. Agus Irianto ialah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (Analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk anga dengan memakai suatu asumsi-asumsi tertentu.


9. Ir. M. Iqbal Hasan, MM


Pengertian statistik berdasarkan Ir. M. Iqbal Hasan, MM ialah ilmu yang mempelajari perihal seluk beluk data, yaitu tentant pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk anga


10. Anto Dajan


Pengertian statistik berdasarkan Anto Dajan ialah sebagai data kuantitatif baik yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk tabel


11. Suntoyo Yitnosumarto


Pengertian statistik berdasarkan Suntoyo Yitsumarso ialah studi gosip dengan mempergunakan dan teknik-teknik perhitungan untuk menuntaskan permasalahan-permasalahan mudah yang muncul di banyak sekali bidang.


12. Wikipedia


Pengertian statistik berdasarkan Wikipedia ialah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.


Tujuan Statistik


Tujuan dari statistik adalah:



  • Untuk mengambarkan dan mendeskriptif data mengenai populasi yang diteliti

  • Mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih gampang untuk dipahami

  • Menetapkan pada kondisi bagaimana suatu hipotesis sanggup digunakan atau membantu melaksanakan sesuatu

  • Menyediakan suatu estimasi atau model perihal nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang diselidiki

  • Menyediakan suatu estimasi perihal akhir dari suatu hipotesis yang diterima yang akan digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan yang akan dilaksanakan.


Manfaat Statistik


Statistik memiliki manfaat sebagai berikut:



  • Di kehidupan sehari-hari, statistik memiliki tugas sebagai penyedia materi atau keterangan dari banyak sekali hal untuk diolah dan ditafsirkan

  • Di Penelitian ilmiah, statistik memiliki tugas sebagai penyedia alat untuk mengemukakan ataupun menemukan kembali keterangan yang seolah tersembunyi dalam angka

  • Di ilmu pengetahuan, statistik memiliki perang sebagai peralatan analisis dan interprasi diri data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga sanggup disimpulkan data tersebut.


Fungsi Statistika


Fungsi dari statistika adalah



  • Fungsi deskriptif: Yaitu fungsi statistik dalam memahami, mendiskripsikan, mengambarkan data, peristiwa, yang dikumpulkan dalam suatu penelitian, penyelidikan dan tidak hingga pada generalisasi atau pengambilan kesimpulan perihal populasi yang diselidiki

  • Fungsi Inferensial: yaitu fungsi statistik untuk memprediksikan atau mengotrol perihal semua atau populasi berdasarkan data atau tanda-tanda dan insiden yang ada dalam suatu penelitian, alasannya ialah itu kepingan ini dimulai dengan estimasi, hipotesis.


 Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan perihal statistik √ 12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi  Jenisnya (Lengkap)


Jenis-Jenis Statistika


Berikut ini ialah jenis-jenis atau macam-macam dari statistika


Berdasarkan Orientasi Pembahasannya



  • Statistika matematika: Sama dengan statistika teori yaitu lebih mengutamakan pada pemahaman akan model, penurunan konsep dan rumus-rumus statistika secara matematis-teoritis, menyerupai pemahaman dan penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas, galat dan lain-lain

  • Statistika terapan yang akan mengutamakan pada pemahaman konsep dan teknik statistika dan juga penggunaanya dalam disiplin ilmu tertentu


Berdasarkan Fase atau Tujuan Analisisnya



  • Statistika deskriptif: Yang berafiliasi dengan pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian data tanpa pengambilan kesimpulan yang bersifat umum atau generalisasi. Data tersaji dalam bentuk tabel, diagram, grafik, lingkaran, polygon, perhitunngan mean, median, modus, persentil, desil.

  • Statistika inferensial yang memungkinkan pengambilan kesimpulan secara umum/general


Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data Yang Dianalisis



  • Statistika parametik: yaitu statistika yang berdasarkan model distribusi normal.

  • Statistika non-parametik: yaitu statistika dengan teknik yang tidak berdasarkan pada model distribusi normal atau distribusi bebas


Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat



  • Statistika Univariat: Statistika yang hanya memiliki satu variabel terikat

  • Statistika Multivariat: Statistika yang memiliki lebih dari satu variabel terikat


Demikianlah telah dijelaskan perihal 12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi & Jenisnya (Lengkap), supaya sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id