Wednesday, July 5, 2017

Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Teladan Terlengkap

Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Teks Tantangan. Yang mencakup pengertian teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, ciri-ciri teks tantangan, cara menyusun teks tantangan dan pola teks tantangan dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Teks Tantangan


Teks tantangan ialah teks yang didalamnya terkandung informasi sanggahan atau bantahan terhadap hal-hal yang kontroversial atau suatu hal yang diperdebatkan dalam masyarakat yang dilengkapi dengan data dan juga argumen yang sanggup memperkuat bantahan tersebut. Teks tantangan ini fungsinya sebagai sanggahan atau penyangga ketika debat berlangsung.


Struktur Teks Tantangan


Terdapat tiga struktur yang menyusun teks tantangan, berikut klarifikasi selengkapnya.


Pengantar (Isu)

Adalah bab yang terkandung topik yang hendak dibantah atau disanggah


Argumen

Adalah bab yang terkandung serangkaian alasan atau bukti yang bertujuan mendukung bantahan


Simpulan

Adalah baigan yang terkandung didalamyan pernyataan yang memberi penegasan terhadpa bantahan


Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Teks Tantangan Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Contoh Terlengkap


Teks tantangan mempunyai empat kaidah kebahasaan yang wajib diketahui sebelum menciptakan suatu teks tantagan, berikut kaidah kebahasaan teks tantagan tersebut, yakni:


Kalimat Kompleks

Adalah kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan satu kata kerja


Kata Hubung Atau Konjungsi

Adalah kata yang fungsinya untuk penghubung antara kata satu dengan kata lainnya.


Kata Rujukan

Adalah kata yang menggambarkan acuan sebagai pemberi informasi


Pilihan Kata

Adalah kata yang digunakan supaya gagasan teks sanggup tersampaikan dengan baik dan benar.


Ciri-Ciri Teks Tantangan


Terdapat ciri-ciri dari teks tantangan, yakni:



  • Struktur tersusun atas Pengantar (Isu), Argumen (tantangan), dan Simpulan atau saran

  • Berisi informasi yang didalamnya ada bantahan terhadap suatu hal yang menjadi perdebatan di masyarakat dan dilengkapi dengan data-data dan argumen sebagai penguat bantahan

  • Ciri-ciri kebahasaan teks tantangan ialah kalimat kompleks, kata hubung, kata rujukan, dan pilihan kata.


Cara Menyusun Teks Tantangan


Cara menyusun atau membut teks tantangan ialah sebagai berikut:


1.Pertama. Menentukan tema dan judul teks tantangan

2.Kedua. Mencari sumber informasi yang hendak dibentuk materi pembicaraan

3.Ketiga. Melakukan analisa pada materi dengan mengolah data atau informasi sehingga menjadi pernyataan dalam bentuk:



  • Susunan kalimat dalam bentuk kalimat topik di masing-masing struktur teks

  • Mengembangkan kalimat topik dengan kalimat pengembang

  • Menyusun paragraf sesuai dengan struktur

  • Menyunting kalimat sesuai dengan unsur bahasa

  • Penggambungan paragraf menjadi teks terpadu

  • Hasil analisa kemundian disusun teks dengan urutan struktur sehingga menjadi teks tantangan yang utuh.


Contoh Teks Tantangan Dan Strukturnya


1.Teks Tantangan Mengenai Lingkungan Sekolah


Kebijakan Sekolah Yang Mewajibkan Melepas Jaket Di Lingkungan Sekolah


Pengantar (Isu)

Sekarang ini, didalam sekolah semakin ketat dalam menjalankan peraturannya. Seperti dalam hal peraturan bekerjasama dengan melepas jaket pada lingkungan sekolah. Peraturan ini dianggap sanggup menurunkan dilema kedisiplinan siswa, terlebih dalam hal perlengkapan atribut sekolah.


Sebagian sekolah sudah menerapkan peraturan tersebut untuk mencapai tujuan tertentu, menyerupai untuk menilai dalam adiwiyata, meningkatkan pengakuan sekolah dan hal sejenisnya. Padahal, suasana dipagi hari terkadang sangat dingin, dan ada sebagian siswa yang kurang sehat sehingga mengharuskan memakai jaket pada ketika disekolah.


Argumen

Beberapa pihak, utamanya pihak pihak siswa merasa tergangung dengan kebijakan ini. Peraturan yang masuk akal diterapkan di sekolah menengah pertama ini seringkali menciptakan prasangka jelek dan iri dalam diri siswa.


Sebuah survey sederhana menyatakan bahwa 65% siswa beranggapan peraturan ini diberlakukan tidak sebagaimana mestinya. Kadang-kadang guru tidak mengusut atribut sekolah dan membiarkan siswa lewat setelah melepas jaket sebelum masuk lingkungan sekolah.


Untuk sebagian alasan, bersama-sama tidak masalah, tetapi untuk para siswa yang sedang sakit dan tetap semangat berangkat sekolah, hal ini ialah bentuk pembatasan hak siswa.


Bahkan yang lebih ironis, sebagian siswa mengemukakan bahwa peraturan ini dijalankan dengan tidak adil. Mereka merasa guru ialah seorang figur yang menjadi teladan untuk mereka, tetapi tidak sedikit oknum guru yang tidak memperlihatkan teladan pada siswa mereka dengen tidak menaati peraturan untuk melepas jaket pada ketika memasuki lingkungan sekolah. Hal ini ujung nya terjadi sifat dengki pada siswa alasannya ialah peraturan tersebut tidak dijalankan secara menyeluruh.


Simpulan

Sebagai penyelesaian terhadap dilema ini, kepala sekolah atau pihak yang mempunyai kewenangan dalam menciptakan peraturan sekolah seharusnya mempertimbangkan ulang benar-benar berkaitan dengan peraturan meleaps jaket pada sat memasuki lingkungan sekolah.


Pihak sekolah seharusnya berpikir lagi perihal untung dan ruginya menerapkan peraturan tersebut dan mempertimbangkan apakah dengan penerapan regulasi itu sanggup membawa kemajuan pada sekolah.


2.Teks Tantangan Mengenai Narkoba


Pengantar (Isu)

Narkoba ialah suatu materi aktif yang terdiri dari beberapa penyusun dan adonan bahan, adonan materi yang terdapat dalam narkoba termasuk dalam golongan materi narkotika, psikotropika, dan materi adiktif.


Argumen

Banyak yang berujar bahwa narkoba ialah obat yang terlarang dan berbahaya untuk kesehatan tubuh, namun bersama-sama tidak selamany pernyataan itu benar. Narkoba ialah suatu obat yang sering digunakan dalam ilmu medis atau kesehatan alasannya ialah kebutuhan narkoba juga sangat banyak unutk para penderita penyakit.


Tetapi, narkoba yang diberikan dokter terhadap pasiennya tentu sesuai dengan ilmu medis yang berdasar pada kesehatan, sehingga tidak terlalu mempunyai dampak samping. Jika Anda menemui sebagaian pemakai narkoba dijalanan kemudian nda melihat pemakai itu gila, artinya alasannya ialah penyalahgunaan Obatnya.


Simpulan

Narkoba yang harus digunakan sebagai obat penyembuh penyakit yang pemakaiannya harus dengan hati-hati kadang disalah gunakan. Itulah yang menyebabkan gambaran jelek di masyarakat


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Contoh Terlengkap semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


Silakan Baca Juga:



 



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id