Wednesday, July 5, 2017

Karakteristik Negara Eritrea Dan Fakta-Faktanya

Negara Eritrea merupakan negara yang berada di daerah bab timur bahari Afrika. Negara Eritrea merupakan negara yang berada di sebelah timur bahari Afrika. Negara ini merupakan negara yang mungkin terdengar abnormal bagi kita yang tinggal di wilayah Asia. Nama Eritrea sendiri merupakan sebutan untuk Laut Merah yang berasal dari bahasa Latin “Mare Erythareum”.


Sejarah singkat mengenai negara ini, negara ini digabungkan menjadi koloni oleh Kerajaan Italia pada tanggal 1 Januari 1890. Negara ini dulunya merupakan negara jajahan Ethiopia, dan telah mendapat kemerdekaan pada tanggal 24 Mei 1993. Negara ini telah melaksanakan peperangan selama sekitar 30 tahun tepatnya pada tahun 1961 hingga 1991. Negara ini secara resmi merupakan sebuah demokrasi parlementer yang yang terdiri dari enam kawasan, tetapi kini ini berfungsi sebagai sebuah negara satu partai. Beberapa gosip mengenai negara Eritrea antara lain sebagai berikut:



  • Ibukota : Asmara

  • Bahasa Resmi : Bahasa Tigrigna dan Bahasa Arab

  • Bentuk pemerintahan : Negara satu partai

  • Kepala pemerintahan : Presiden

  • Tanggal kemerdekaan : 24 Mei 1991

  • Merdeka dari : Ethiopia

  • Luas perairan : 0,14%

  • Mata uang : Nakta


Nah itulah beberapa gosip umum mengenai negara Eritrea. Negara Eritrea juga menyerupai negara- negara pada umumnya dimana penduduk yang menempati negara ini berasal dari beberapa suku bangsa. Oleh alasannya penduduknya yang berbeda- beda maka bahasa yang dipakai pun juga beragam.


Karakteristik negara ini secara geografis merupakan dataran yang kering menyerupai di wilayah Afrika pada umumnya. Negara ini tidak banyak ditumbuhi pepohonan alasannya keadaan iklimnya yang cukup kering. Jika dilihat kenampakannya negara ini menyerupai dengan negara-negara Afrika pada umumnya yang kering, bahari merah, selebihnya bahwa negara ini mempunyai banyak sabana.


Populasi di negara Eritrea pada tahun 2015 diperkirakan sebanyak 5.228.000 jiwa. Penduduk yang menempati negara ini beragam. Bahkan negara ini tidak mempunyai bahasa resmi sehingga penduduknya memakai banyak bahasa diantaranya yakni bahasa Tigrinya, bahasa Arab dan juga bahasa Inggris. Selain tiga bahasa utama tadi, penduduk disini juga memakai bahasa Italia sebagai bahasa keempat atau terkadang dipakai sebagai bahasa dalam perdagangan.


Seperti negara- negara lainnya yang mempunyai perbatasan, negara ini pun juga mempunyai perbatasan sebagai membuktikan bahwa negara ini mempunyai luas wilayah. Adapun batas- batas negara Eritrea antara lain sebagai berikut:



  • Sebelah barat : Negara Sudan

  • Sebelah timur : Laut Merah

  • Sebelah selatan : Negara Ethiopia

  • Sebelah tenggara : Djibouti


Nah itulah batasan- batasan negara Eritrea. Bila kita lihat mengenai batasan- batasan tersebut maka negara ini mempunyai daerah bahari yakni di bahari merah. Selebihnya negara ini berbatasan dengan negara- negara lainnya yang berupa daratan.


Hasil utama perdagangan atau komoditas yang dihasilkan oleh negara ini yakni berupa tekstil atau pakaian, daging proses, sepatu dan juga keramik dan bir. Demikianlah gosip yang sanggup kami sampaikan mengenai Eritrea, agar bermanfaat untuk kita semua



Sumber aciknadzirah.blogspot.com