Sunday, July 2, 2017

7 Jenis Alat Ukur Tanah Serta Fungsi Dan Cara Penggunaannya

Untuk melaksanakan pengukuran tanah, diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang tepat. Nantinya hasil perhitungan tersebut sanggup mempunyai kegunaan untuk kepentingan ibarat survey pemetaan pada permukaan bumi. Seperti yang kita ketahui, bentuk relief permukaan bumi tidaklah rata, sudah sewajarnya bila kita memerlukan alat – alat yang sesuai untuk menghitung dan mengetahui besarnya sudut dan jarak pada permukaan bumi.


Beberapa alat yang dipakai termasuk alat yang sederhana namun ada juga yang memerlukan alat dengan teknologi yang lebih modern. Tingkat kesulitan alat yang dipakai tergantung dari cara penggunaan dan komponen yang ada di alat tersebut. Berdasarkan modelnya, alat ukur tanah sanggup dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu alat ukur sederhana, alat ukur optik, dan alat ukur elektronik.


Alat ukur sederhana sanggup dipakai untuk mengukur satu macam ukuran, alat ukur optik memakai pertolongan lenca optik untuk mendapatkan hasil pengukuran, sedangak alat ukur elektronik merupakan alat ukur tanah yang mempunyai ketepatan ketelitian paling tinggi alasannya yaitu dalam penggunaanya mempunyai komponen berupa infra merah. Untuk memahami alat ukur tanah lebih mendalam, berikut ini nama – nama alat ukur tanah beserta cara penggunaannya.


Alat Ukur Sederhana


Disebut sederhana lantaran dalam memakai alat ini cukup gampang dan simpel, serta penggunaan alat ukur ini hanya dipakai untuk mengukur satu macam ukuran saja. Alat – alat tersebut yaitu:


1. Meteran


 diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang sempurna 7 Jenis Alat Ukur Tanah serta Fungsi dan Cara Penggunaannya


Meteran atau pita ukur biasanya berbentuk ibarat pita yang mempunyai panjang tertentu. Meteran juga bisa disebut dengan rol meter, lantaran ketika disimpan atau dalam keadaan tidak digunakan, meteran akan digulung atau dirol. Terdapat 3 jenis meteran:



  • Meteran yang berasal dari kain (metalic cloth): terbuat dari kain linen dan anyaman kawat halus yang berasal dari tembaga atau kuningan.

  • Meteran yang terbuat dari baja

  • Meteran yang terbuat dari baja aloy (steel alloy): adonan baja dan nikel.


Fungsi dari meteran yaitu untuk mengukur panjang dan jarak. Biasanya satuan yang dipakai terdapat 2 ukuran yaitu ukuran satuan metrik (mm, cm, m) dan satuan inggris (inch, feet, yard). Pembacaan angka 0 ada yang dibaca sempurna diujung meteran adapula yang dinyatakan pada jarak tertentu di ujung meteran.


Cara memakai meteran cukup dengan merentangkan meteran dari suatu titik ke titik lainnya pada suatu objek bidang yang akan diukur. Untuk mendapatkan hasil yang valid, ada baiknya dilakukan oleh dua orang  dimana salah satu berada pada titik awal atau angka 0 dan yang lain bergerak menuju titik final perhitungan sekaligus membaca angka pada meteran pada titik tersebut.


2. Kompas


 diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang sempurna 7 Jenis Alat Ukur Tanah serta Fungsi dan Cara Penggunaannya


Komponen utama yang ada di alat ukur ini yaitu jarum dan bulat berskala, dimana salah satu ujung jarum tersebut dibentuk dari magnet atau besi berani, bab tengah jarum dipasang sebuah sumbu sehingga jarum sanggup bergerak bebas ke arah horisontal sesuai dengan arah medan magnet bumi yaitu utara dan selatan. Ada baiknya memakai kompas yang mempunyai cairan nivo yang berfungsi menstabilkan gerakan jarum dan juga alat pembidik atau visir.


Fungsi dari kompas yaitu memilih arah dari mata angin dan penunjuk arah terutama utara dan selatan. Selain itu, kompas bisa juga sebagai penentu arah dari suatu titik ke titik lain yang ditunjukan pada besaran azimut (besarnya sudut yang dimulai dari arah utara ke selatan), menciptakan siku – siku dan mengukur sudut horisontal.


Cara penggunaan kompas yaitu pegang dan atur semoga kompas dalam keadaan mendatar sehingga jarum sanggup bergerak  dengan bebas. Jika kompas mempunyai cairan nivo, usahakan semoga gelembung sempurna berada di tengah.


3. Klinometer


 diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang sempurna 7 Jenis Alat Ukur Tanah serta Fungsi dan Cara Penggunaannya


Salah satu alat ukur sederhana ini dipakai untuk mengukur sudut elevasi antara garis datar dengan garis yang menghubungkan sebuah titik yang terdapat di garis datar dengan klimaks sebuah objek. Secara keseluruhan klinometer untuk mengukur ketinggian atau panjang sebuah objek dengan cara memanfaatkan sudut elevasi.


Fungsi klinometer yaitu untuk memilih besaran sudut elevasi ketika mengukur tinggi objek secara tidak langsung.


Cara penggunaan alat ini sebaiknya dilakukan oleh 2 orang. Salah satu orang memegang dan melaksanakan pengamatan atau membidik objek yang diukur. Sedangkan yang lain membaca sudut dan mencatat hasil pengamatan.


Alat Ukur Optik


Alat ini dilengkapi dengan perlengkapan optik sehingga mendapatkan hasil perhitungan yang sempurna dan lebih detail bila dibandingkan dengan alat ukur sederhana. Alat ukur optik ini biasanya terdiri dari beberapa alat yang dirangkai dalam satu buah alat, sehingga sanggup mengukur lebih dari satu pengukuran.


1. Theodolit


 diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang sempurna 7 Jenis Alat Ukur Tanah serta Fungsi dan Cara Penggunaannya


Alat ukur optik ini dibentuk untuk memilih tinggi dari tanah pengukuran sudut yang berupa sudut tegak (sudut vertikal) dan sudut mendatar (sudut horisontal). Ada 3 macam theodolit:



  • Theodolit Reterasi: terdapat plat bulat skala (horizontal) yang menjadi satu dengan plat bulat nonius dan tabung sumbu pada kiap. Theodolit ini mempunyai sekrup pengunci plat nonius.

  • Theodolit Repetisi: plat bulat skala horizontal sanggup berputar sendiri dengan tabung poros sebagai sumbu putar. Terdapat sekrup pengunci bulat horizontal dan juga skrup nonius.

  • Theodolit Elektro Optis: sistem penoprasian sama dengan theodolit optis hanya saja mikroskop pada pembacaan skala bulat memakai sistem sensor sebagai elektronik optis model (alat peserta gelombang elektromagnetis).


Fungsi dari theodolit yaitu untuk pengukuran polygon, pemetaan situasi dan juga pengamatan matahari. Tidak hanya itu, theodolit juga bisa berfungsi ibarat PPD bila sudut vertikalnya diubah menjadi 90o. Teropong yang ada di theodolit, membuatnya sanggup membidik ke segala arah. Pada konstruksi bangunan, theodolit sanggup berfungsi untuk memilih sudut siku –siku pada pondasi dan juga mengukur ketinggian bangunan bertingkat.


Untuk memakai theodolit pastikan posisikan tripod atau penyangga panjang pada daerah yang datar dan atur ketinggiannya sekitar tinggi dada. Kencangkan sekrup pengunci pada kaki penyangga panjang. Usahakan plat tribar (untuk meletakan theodolit) dalam keadaan datar. Letakan theodolit kemudian kencangkan sekrup pengunci. Atur nivo hingga sumbu I berada pada posisi vertikal dan atur juga nivo pada tabung semoga sumbu II berada pada posisi mendatar, atur theodolit pada hingga berada pada posisi tengah titik ikat (BM).


2. Waterpas


 diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang sempurna 7 Jenis Alat Ukur Tanah serta Fungsi dan Cara Penggunaannya


Termasuk ke dalam alat ukur optik yang berfungsi untuk mengukur beda tinggi dari satu titik atau lebih, penggunaan waterpas ketika ini sangat luas. Terdapat beberapa syarat dalam memakai waterpas, yaitu syarat dinamis (sumbu 1 vertikal) dan syarat statis (garis yang mendatar pada bab diafragma sejajar sumbu 1, garis nivo tegak lurus sumbu 1, garis bidik pada teropong sejajar dengan garis arah nivo).


Cara memakai waterpas ini sebaiknya memakai tripod atau kaki tiga sebagai penyangga dan posisikan pada titik koordinat yang sudah ditentukan. Pastikan tripod dalam posisi stabil dan berpengaruh serta plat daerah dudukan waterpas tidak dalam keadaan miring. Letakan waterpas di atas plat tersebut, usahakan waterpas untuk tidak bergerak atau dalam keadaan stabil. Atur sumbu I vertikal dan sumbu II horisontal dengan memakai sekrup penyeimbang nivo. Tepatkan gelembung nivo berada di tengah lingkaran.


Alat Ukur Elektronik


Sesuai namanya, alat ini memakai sistem elektronik berupa gelombang infra merah. Sehingga pengukuran dengan memakai alat ini mendapatkan hasil perhitungan yang tepat, akurat dan prestisi.


1. Global Positioning System (GPS)


 diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang sempurna 7 Jenis Alat Ukur Tanah serta Fungsi dan Cara Penggunaannya


GPS merupakan suatu sistem yang terdiri atas konstelasi satelit radio navigasi dan juga segmen kontrol tanah yang berfungsi mengelola operasi satelit dan pengguna dengan peserta khusus, memakai data satelit untuk memenuhi persyaratan dari posisi. Hasil yang diberikan gambar permukaan bumi dalam bentuk 3 dimensi (3D) .


Fungsi GPS tidak hanya untuk kepentingan militer, survey pemetaan ataupun geodesi saja, tetapi juga untuk penelitian geofisika (geodinamika, studi atmosfer, meteorologi dan lain sebagainya). Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh GPS, alat ini juga mempunyai kelemahan yaitu tidak sanggup dipakai pada daerah yang tidak bisa mendapatkan sinyal GPS oleh antena alat peserta yang berada di dalam ruang, bawah terowongan atau di bawah air.


Cara penggunaan GPS, pertama nyalakan perangkat GPS tunggu hingga sinyal terhubung. Atur untuk menambahkan halaman hingga muncul halaman Area Calculation kemudian tekan tombol start kemudian enter. Jika tombol start bermetamorfosis tombol stop, berarti GPS sudah sanggup digunakan.


2. Total Station


 diharapkan beberapa alat yang menunjang semoga mendapatkan perhitungan yang sempurna 7 Jenis Alat Ukur Tanah serta Fungsi dan Cara Penggunaannya


Merupakan alat ukur elektronik yang berasal dari pengembangan theodolit. Namun alat ini dilengkapi oleh pengukuran jarak dan sudut secara elektronik dengan pertolongan dari reflektor sebagai sasaran dan pengganti rambu ukur. Untuk mempermudah penggunaan, total station perlu dihubungankan dengan komputer. Fungsi total station yaitu sanggup dipakai untuk menghitung jarak, arah, titik koordinat dan juga beda tinggi secara elektronis.


Untuk memakai total station pastikan posisi tripod sudah stabil dan berpengaruh untuk menopang total station dan terletak di titik koordinat yang telah ditentukan. Atur nivo di kedua sumbu semoga sempurna pada posisi di tengah bulat dan sejajar dengan posisi kita ketika berdiri. Jika sudah sesuai dan semua berada pada posisi yang sempurna (gelembung nivo berada di tengah), total station siap digunakan.


Itulah tadi beberapa alat yang dipakai dalam melaksanakan pengukuran tanah. Semoga gosip ini bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com