komputerdia.com - Komentar dalam arahan aktivitas biasanya dipakai oleh para programmer untuk memberi tanda atau keterangan pada arahan aktivitas yang beliau kembangkan, biar gampang dibaca, dipahami dan dimengerti terutama untuk programmer lainya kalau kita sedang bekerja dalam suatu team atau kelompok.
Hal ini dibentuk dengan alasan alasannya ialah tidak semua programmer mempunyai jalan pikiran yang sama dalam pembuatan algoritma, hal ini sangat beguna untuk memberitahu dengan memakai bahasa insan dan mempermudahkan pada orang untuk mempelajari apa yang ada di dalam arahan aktivitas yang telah kita tulis tersebut.
Perlu kalian ketahui sebelumnya bahwa Tidak hanya pada bahsa pemrograman C++ yang menyediakan fitur Comments (Komentar), hampir di setiap bahasa pemrograman menyediakan fitur Comment. Semua huruf yang tergolong dalam komentar tidak akan dibaca oleh CPU, dan tidak dilaksanakan sebagai peritah oleh CPU atau dengan nama lain akan diabaikan.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
- Memahami Syntax Dasar Pada Pemrograman C++
- Memahami Istilah Structure dalam Structure di C++
- Pengertian dan Penjelasan Array Dua Dimensi C++
Selain pengertian diatas, ada juga yang mendefinisikan Comments (komentar) adalah pernyataan klarifikasi yang sanggup kalian sertakan ke dalam arahan C ++. Komentar ini membantu siapa saja yang membaca arahan sumber. Semua bahasa pemrograman memungkinkan untuk beberapa bentuk komentar.
C++ menyediakan dua macam fitur komentar yaitu single-line dan multi-line. kedua cara tersebut sanggup kita gunakan dan tidak akan mensugesti jalanya program, atau dengan kata lain yaitu CPU akan mengabaikan semua huruf dalam bentuk komentar yang kalian buat.
Penjelasan dan Jenis Comments C++
1. Comment Single-Line (//)
Cara komentar single-line akan menciptakan semua huruf sesudah tanda // dan hanya di baris itu akan berlaku menjadi komentar. Biasanya cara ini dipakai untuk menandai atau memberi keterangan pada arahan di baris tersebut.
Untuk lebih jelasnya, kalian sanggup melihat pola dibawah ini :
std::cout<<”BelajarC++”<<std::endl; //ini komentar. pernyataan di samping akan mencetak “BelajarC++” di layar.Atau juga sanggup menyerupai dibawah ini
//ini komentar, pernyataan di bawah akan mencetak “BelajarC++” di layar. std::cout<<”BelajarC++”<<std::endl;Untuk pola pemrogramannya, kalian sanggup lihat pada pola dibawah ini
#include <iostream> using namespace std; int main(){ //cetak "belajarcpp" cout<<"belajarcpp"<<endl; //Komentar //Komentar return 0; } //akhir
2. Comment Multi-Line (*/ dan /*)
Comments jenis ini Merupakan fitur komentar yang diturunkan oleh Bahasa Pemrograman C, cara di atas akan menciptakan semua huruf di antara tanda /* dan */ akan berlaku sebagai komentar.Jika cara single line tidak cukup untuk memberi keterangan (komentar) yang membutuhkan berbaris-baris atau menciptakan komentar memakai break line biar gampang untuk di baca, maka kita sanggup memakai cara komentar multi-line.
Berikut ini ialah pola penulisan dari comments multi-line
/*komentar anda, 1 baris */ /*komentar anda untuk 4 baris baris 2 baris 3 baris 4*/Dan berikut ini, ialah pola penulisan pemrogramannya
#include <iostream> using namespace std; /* aktivitas ini ialah pola aktivitas penggunaan fitur komentar multi line. meskipun anda menulis sebanyak mungkin di dalam fitur komentar ini kompiler akan mengabaikan semua huruf di dalam komentar. Komentar multi line akan berakhir hingga tanda */ int main(){ cout<<"belajarcpp"<<endl; return 0; } //akhir
Fitur komentar biasanya juga dipakai untuk menandai pernyataan dari algoritma yang bermasalah, Menghilangkan sementara pernyataan dari dalam baris sanksi kompilator biar tidak dibaca oleh kompilator.
Kadang hal ini mempunyai kegunaan untuk menghilangkan sementara pernyataan bermasalah, biar sanggup diperbaiki lain waktu dan menciptakan aktivitas masih tetap berjalan dengan baik tanpa pernyataan itu.
Penjelasan Tipe Data (Data Types) C++
Saat menulis aktivitas dalam bahasa apa pun, kalian perlu memakai aneka macam variabel untuk menyimpan aneka macam informasi. Variabel hanyalah lokasi memori yang dicadangkan untuk menyimpan nilai. Ini berarti bahwa dikala Anda menciptakan variabel, kalian menyimpan beberapa ruang dalam memori.
Anda mungkin ingin menyimpan informasi dari aneka macam tipe data menyerupai karakter, wide character, integer, floating point, double floating point, boolean dll. Berdasarkan pada tipe data variabel, sistem operasi mengalokasikan memori dan menetapkan apa yang sanggup disimpan dalam memori yang dicadangkan.
Primitive Built-in Types
C ++ mengatakan programmer bermacam-macam jenis tipe data bawaan dan yang ditetapkan pengguna. Tabel berikut mencantumkan tujuh tipe data dasar C ++
Type | Keyword |
---|---|
Boolean | bool |
Character | char |
Integer | int |
Floating point | float |
Double floating point | double |
Valueless | void |
Wide character | wchar_t |
Beberapa tipe dasar sanggup dimodifikasi dengan memakai satu atau lebih dari tipe pengubah berikut ini :
- Signed (Tertanda)
- Unsigned (Tidak Tertanda)
- Short (Pendek)
- Long (Panjang)
Tabel berikut memperlihatkan tipe variabel, berapa banyak memori yang diharapkan untuk menyimpan nilai dalam memori, dan apa yang maksimum serta nilai minimum yang sanggup disimpan dalam jenis variabel tersebut.
Type | Typical Bit Width | Typical Range |
---|---|---|
char | 1byte | -127 to 127 or 0 to 255 |
unsigned char | 1byte | 0 to 255 |
signed char | 1byte | -127 to 127 |
int | 4bytes | -2147483648 to 2147483647 |
unsigned int | 4bytes | 0 to 4294967295 |
signed int | 4bytes | -2147483648 to 2147483647 |
short int | 2bytes | -32768 to 32767 |
unsigned short int | Range | 0 to 65,535 |
signed short int | Range | -32768 to 32767 |
long int | 4bytes | -2,147,483,648 to 2,147,483,647 |
signed long int | 4bytes | same as long int |
unsigned long int | 4bytes | 0 to 4,294,967,295 |
float | 4bytes | +/- 3.4e +/- 38 ( 7 digits) |
double | 8bytes | +/- 1.7e +/- 308 ( 15 digits) |
long double | 8bytes | +/- 1.7e +/- 308 ( 15 digits) |
wchar_t | 2 or 4 bytes | 1 wide character |
#include <iostream> using namespace std; int main() { cout << "Size of char : " << sizeof(char) << endl; cout << "Size of int : " << sizeof(int) << endl; cout << "Size of short int : " << sizeof(short int) << endl; cout << "Size of long int : " << sizeof(long int) << endl; cout << "Size of float : " << sizeof(float) << endl; cout << "Size of double : " << sizeof(double) << endl; cout << "Size of wchar_t : " << sizeof(wchar_t) << endl; return 0; }
Contoh diatas tersebut memakai endl , yang menyisipkan huruf baris gres sesudah setiap baris dan << operator dipakai untuk meneruskan beberapa nilai ke layar. Dalam hal ini kita juga memakai operator sizeof () untuk mendapat ukuran dari aneka macam tipe data.
Ketika arahan di atas dikompilasi dan dieksekusi, itu menghasilkan hasil berikut yang sanggup bervariasi dari mesin ke mesin
Size of char : 1 Size of int : 4 Size of short int : 2 Size of long int : 4 Size of float : 4 Size of double : 8 Size of wchar_t : 4
Typedef Declarations (Ketikan Deklarasi)
Dalam hal ini, kalian sanggup menciptakan nama gres untuk jenis yang ada memakai typedef . Berikut ini ialah sintaks sederhana untuk memilih tipe gres memakai typedef
typedef type newname;Sebagai contoh, kalian sanggup melihat format penulisan menyerupai berikut ini
typedef int feet;
Sekarang, deklarasi berikut ini benar-benar legal dan menciptakan variabel integer yang disebut jarak
feet distance;
Enumerated Types (Jenis Yang Disebutkan)
Tipe enumerasi menyatakan nama tipe opsional dan satu set nol atau lebih pengidentifikasi yang sanggup dipakai sebagai nilai-nilai tipe. Setiap enumerator ialah konstanta yang tipenya ialah enumerasi.
Membuat enumerasi membutuhkan penggunaan kata kunci enum . Bentuk umum dari jenis enumerasi adalah
enum enum-name { list of names } var-list;
Di sini, enum-name ialah nama tipe enumeration. Daftar nama dipisahkan koma. Sebagai contoh, arahan berikut mendefinisikan enumerasi warna yang disebut warna dan variabel c dari jenis warna. Akhirnya, c diberi nilai "blue"
enum color { red, green, blue } c; c = blue;
Secara default, nilai nama pertama ialah 0, nama kedua mempunyai nilai 1, dan yang ketiga mempunyai nilai 2, dan seterusnya. Tapi Anda sanggup memberi nama, nilai tertentu dengan menambahkan inisialisasi. Misalnya, dalam enumerasi berikut, Green akan mempunyai nilai 5.
enum color { red, green = 5, blue };
Di sini, Blue akan mempunyai nilai 6 alasannya ialah setiap nama akan menjadi lebih besar dari yang mendahuluinya.
Sumber http://www.komputerdia.com