RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ....................
Kelas/Semester : XII/1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Materi Pokok : Pasal-pasal yang Mengatur perihal Keuangan, BPK dan Kekuasaan Kehakiman
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 X Pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1 | 1.4 Menghargai karakter pemimpin yang berakhlak mulia dalam menjaga keutuhan NKRI | |
2 | 2.2 Mengamalkan kesadaran berkonstitusi menurut pemahaman latar belakang, proses perumusan dan pengesahan, serta perkembangan aktualisasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | |
3 | 3.2 Mengevaluasi tingkat keterlaksanaan pasal-pasal yang mengatur perihal keuangan, BPK, dan kekuasaan kehakiman | 3.2.1 Mengidentifikasi banyak sekali Pasal-Pasal Keuangan dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 3.2.2 Mengidentifikasi banyak sekali Pasal-Pasal BPK dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 3.2.3 Mengidentifikasi banyak sekali Pasal-Pasal Kekuasaan Kehakiman dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 |
4. | 4.2 Mencipta model rekayasa sosial kultural untuk menerapkan nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 4.2.1 Menyaji hasil identifikasi banyak sekali Pasal-Pasal Keuangan dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 4.2.2 Menyaji hasil analisis banyak sekali Pasal-Pasal BPK dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 4.2.3 Menyaji hasil analisis banyak sekali Pasal-Pasal Kekuasaan Kehakiman dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 |
C. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan penerima didik dapat:
1. Mengidentifikasi Pasal-Pasal dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 mengenai Keuangan
2. Mengidentifikasi Pasal-Pasal dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 mengenai BPK
3. Mengidentifikasi Pasal-Pasal dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 mengenai Kekuasaan Kehakiman
4. Menyajikan hasil identifikasi dan analisis terkait Pasal-Pasal Keuangan dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945.
5. Menyaji hasil identifikasi dan analisis terkait Pasal-Pasal BPK dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945.
6. Menyaji hasil identifikasi dan analisis terkait Pasal-Pasal Kekuasaan kehakiman dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945.
7. Menunjukkan sikap jujur, kolaborasi dan tanggung jawab
Pertemuan 2
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan penerima didik dapat:
1. Mengidentifikasi Tugas- Tugas dan wewenang dalam Keuangan Negara
2. Mengidentifikasi Tugas- Tugas dan wewenang Badan Pemeriksa Keuangan
3. Mengidentifikasi Tugas-Tugas dan Wewenang Kekuasaan Kehakiman
4. Menyaji hasil identifikasi Tugas- Tugas dan wewenang dalam Keuangan Negara
5. Menyaji hasil identifikasi Tugas- Tugas dan wewenang dalam BPK
6. Menyaji hasil identifikasi Tugas- Tugas dan wewenang dalam Kekuasaan Kehakiman
7. Menunjukkan santun, responsif dan tanggung jawab
Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan penerima didik dapat:
1. Mengidentifikasi seni administrasi yang diterapkan negara dalam menghadapi duduk kasus keuangan Negara
2. Mengidentifikasi seni administrasi yang diterapkan Negara dalam menegakkan Kinerja BPK
3. Mengidentifikasi dan mengaanalisis terkait seni administrasi yang diterapkan Negara dalam menegakkan kekuasaan Kehakiman
4. Menunjukkan santun, responsif dan tanggung jawab
Pertemuan 4
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan penerima didik dapat:
1. Menyaji identifikasi seni administrasi yang diterapkan negara dalam menghadapi duduk kasus keuangan Negara
2. Menyaji identifikasi seni administrasi yang diterapkan Negara dalam menegakkan Kinerja BPK
3. Menyaji identifikasi dan mengaanalisis terkait seni administrasi yang diterapkan Negara dalam menegakkan kekuasaan Kehakiman
4. Menunjukkan santun, responsif dan tanggung jawab
D. Materi Pembelajaran
Fakta
1. Dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 terdapat Pasal-Pasal yang mengatur secara garis besar berkenaan dengan Keuangan, BPK dan Kekuasan Kehakiman
Konsep
1. Tugas dan Wewenang Keuangan dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945
2. Tugas dan wewenang BPK dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945
3. Tugas dan Wewenang Kekuasaan Kehakiman dalam Undang-Undang Dasar NRI
4.
Prinsip
Strategi dalam menegakkan Lembaga Keuangan, BPK, dan Kekuasaan Kehakiman
Prosedur
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Discovery learning,
3. Metode : Diskusi, Penugasan/bekerja dalam
kelompok,tanya jawab.
F. Alat/Media/Bahan
§ Alat/media : LCD Projector, Gambar /video terkait bahaya
terhadap integrasi nasional
§ Sumber Belajar :
1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XII semester 2. Jakarta/: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Guru mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan). 2. Guru menawarkan motivasi pentingnya mempelajari bahan ini dan mengucap rasa syukur alasannya yaitu hingga ketika ini kondisi negara dalam keadaan aman dan kondusif. 3. Guru mengawali kegiatan inti dengan mengajak penerima didik untuk berpikir dan menelaah perihal pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar NRI terkait Keuangan, BPK dan Kekuasaan Kehakiman 4. Guru memberikan tujuan dan kompetensi yang akan dicapai serta menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik dibagi menjadi lima kelompok ( kelompok 1, 2,3, 4, 5,6) | 10 menit |
Inti | 1. Mengumpulkan Informasi Jika dimungkinkan dalam proses Mengumpulkan Informasi, penerima didik dianjurkan untuk memakai sumber dari internet; web, media umum lainnya terkait dengan bahan yang akan didiskusikan. 2. Mengasosiasikan Peserta didik diberi kiprah untuk bekerja di kelompok masing-masing dengan pembagian kiprah sebagai berikut : Kelompok 1,2 : Menganalisis Pasal-Pasal Keuangan dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 Kelompok 3,4 : Menganalisis Pasal-Pasal BPK dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 Kelompok 5,6 : Menganalisis Pasal-Pasal Kekuasaan Kehakiman dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian dimulai dari kelompok 1 hingga dengan kelompok 5. Hasil presentasi kelompok ditanggapi oleh kelompok lain | 70 menit |
Penutup | 1. Peserta didik diberikan ulasan singkat perihal bahan yang gres saja didiskusikan 2. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami bahan tersebut. 3. Guru meminta penerima didik untuk mengerjakan kiprah berdikari Buku PPKn Kelas XII . 4. Guru menutup kegiatan dengan menawarkan kesimpulan perihal pelajaran yang gres berlangsung dan menanyakan kepada penerima didik apa manfaat yang diperolah sehabis berguru topik ini. | 10 menit |
Penilaian Pertemuan 1
1. Penilaian terhadap penerima didik sanggup dilakukan selama proses dan sehabis pembelajaran berlangsung, termasuk pada ketika penerima didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian sanggup dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini contohnya dilihat acara dan tingkat perhatian penerima didik pada ketika pembelajaran berlangsung, kemampuan memberikan pendapat, juga aspek kerja sama, dan tentu ketepatan penerima didik pada ketika menjawab pertanyaan dari guru.
2. Sebagai uji kompetensi, guru juga mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait dengan bahan yang gres saja dikaji.
a) Pasal apa saja yang mengatur perihal Keuangan dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945?
b) Pasal apa saja yang mengatur perihal BPK dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945?
c) Pasal apa saja yang mengatur perihal Kekuasaan Kehakiman dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945?
3. Penilaian terhadap penerima didik sanggup diambil dari tanggapan pada uji kompetensi pada bahan yang gres saja dikaji.
Pertemuan 2
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan). 2. Guru menawarkan motivasi dan sanggup menawarkan pertanyaan verbal perihal bahan yang akan dipelajari untuk mendapat citra kesiapan berguru penerima didik dan dilanjutkan dengan menyampaikan topik perihal Strategi dalam mengatasi banyak sekali bahaya dalam membangun integrasi nasional. 3. Guru menegaskan kembali perihal topik dan memberikan kompetensi yang akan dicapai. | 5 menit |
Inti | 1. Mengamati Guru mengawali kegiatan inti dengan mengajak penerima didik untuk menelusuri secara singkat jejak sejarah Republik Indonesia sehabis merdeka. Guru menawarkan informasi awal mengenai Tugas dan Wewenang dari Keuangan, BPK dan Kekuasaan kehakiman, 2. Menanya Peserta didik sanggup diberi motivasi untuk mengajukan pertanyaan lanjutan dari apa yang sudah mereka dengarkan atau amati. 3. Mengumpulkan Informasi Jika dimungkinkan dalam proses Mengumpulkan Informasi, penerima didik dianjurkan untuk menambah sumber lain dari buku-buku yang relevan, internet; web, media umum lainnya untuk mengerjakan kiprah kelompokuntuk menganalisis kiprah dan wewenang forum Negara tersebut. 4. Mengasosiasikan Setelah penerima didik mencermati bahan tersebut, guru mengarahkan penerima didik untuk mengerjakan kiprah kelompok 7.1 dan 7.2 untuk melaksanakan penilaian atas seni administrasi yang diterapkan Indonesia dalam menghadapi bahaya terhadap integrasi nasional. 5. Mengkomunikasikan Guru secara acak menunjuk beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil kiprah yang dikerjakannya di depan kelas. Peserta didik yang lain menyimak dengan penuh perhatian | 75 menit |
Penutup | 1. Guru sanggup mengulas kembali bahan pelajaran dan mengkonfirmasi kegiatan individu dan kelompok. 2. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami bahan tersebut. 3. Sebelum mengakhiri pelajaran, penerima didik sanggup ditanyakan perihal nilai-nilai apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini. 4. Guru memberi kiprah penerima didik untuk mempelajari bahan pada pertemuan yang akan datang. | 10 menit |
Penilaian Pertemuan 2
1. Penilaian terhadap penerima didik sanggup dilakukan selama proses dan sehabis pembelajaran berlangsung, termasuk pada ketika penerima didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru.
2. Penilaian proses meliputi persiapan, kerja sama, partisipasi, kordinasi, acara dan yang lain dalam menyusun maupun presentasi hasil kerja.
3. Penilaian sehabis pembelajaran sanggup dilakukan terhadap penanaman nilai dan kiprah kelompok meliputi dokumen laporan dan presentasi laporan. Penilaianguruterhadaphasil pembelajarandaripeserta didikdilaksanakansetelahgurumengkonfirmasijawabanpeserta didik. Penilaiandilakukanbukanhanyauntukmemberikanangkaterhadapjawabanpeserta didikmelainkanmeluruskan,memperkuat,danmemberikanapresiasiterhadaphasilkerjayangtelahdibuatolehpeserta didik.
4. Formatpenilaiandapatmenggunakancontoh-contohpadabagianlampiran
Pertemuan 3
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan). 2. Guru memotivasi penerima didik untuk mengerjakan praktek berguru kewarganegaraan. 3. Guru menawarkan motivasi dan sanggup menawarkan pertanyaan verbal perihal bahan yang akan di ajarkan 4. Guru menegaskan kembali perihal topik dan memberikan kompetensi yang akan dicapai. | 10 menit |
Inti | 1) Mengamati Peserta didik memperhatikan reviu bahan pembelajaran pada kepingan ini yang diberikan oleh guru. Selanjutnya Guru secara singkat mengulas kembali bahan pada pertemuan satu dan dua. Sehingga penerima didik akan mempunyai pengalaman berguru yang semakin lengkap. 2) Menanya Peserta didik diberi motivasi untuk mengajukan pertanyaan lanjutan dari apa yang sudah mereka baca atau dengarkan mengenai bahan pelajaran yang di reviu oleh guru. 3) Mengumpulkan Informasi Selanjutnya, guru mengarahkan penerima didik untuk merancang praktek berguru kewarganegaraan berupa proyek kewarganegaraan. Pengerjaan proyek ini dilakukan selama dua ahad (dua kali pertemuan), dengan langkah-langkah sebagai berikut: A. Mengarahkan penerima didik untuk menentukan salah satu masalah-masalah di bawah ini: a. Strategi Negara dalam menegakkan forum Keuangan Negara b. Strategi Negara dalam Menegakkan Kinerja BPK c. Strategi Negara dalam Menegakkan Kekuasaan Kehakiman yang bebas dan mandiri. B. Bentuklah kelas dalam 4 kelompok untuk membahas satu kasus yang dianggap paling penting oleh kelasmu. 2) Mengasosiasikan Masing-masing kelompok mengkaji permasalahan tersebut dan membuat laporan diskusi kelompok | 70 menit |
Penutup | 1. Guru sanggup mengulas kembali bahan pelajaran dan mengkonfirmasi kegiatan individu dan kelompok. 2. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami bahan tersebut. 3. Sebelum mengakhiri pelajaran, penerima didik sanggup ditanyakan perihal nilai-nilai apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini. 4. Guru memberi kiprah penerima didik untuk mempelajari bahan pada pertemuan yang akan datang. | 10 menit |
Penilaian Pertemuan 3
1. Penilaian terhadap penerima didik sanggup dilakukan selama proses dan sehabis pembelajaran berlangsung, termasuk pada ketika penerima didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru.
2. Penilaian proses meliputi persiapan, kerja sama, partisipasi, kordinasi, acara dan yang lain dalam menyusun maupun presentasi hasil kerja.
3. Penilaian sehabis pembelajaran sanggup dilakukan terhadap penanaman nilai dan kiprah kelompok meliputi dokumen laporan dan presentasi laporan. Penilaianguruterhadaphasil pembelajarandaripeserta didikdilaksanakansetelahgurumengkonfirmasijawabanpeserta didik. Penilaiandilakukanbukanhanyauntukmemberikanangkaterhadapjawabanpeserta didikmelainkanmeluruskan,memperkuat,danmemberikanapresiasiterhadaphasilkerjayangtelahdibuatolehpeserta didik.
Pertemuan 4
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 5. Guru mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan). 6. Guru memotivasi penerima didik untuk mengerjakan praktek berguru kewarganegaraan. 7. Guru menawarkan motivasi dan sanggup menawarkan pertanyaan verbal perihal bahan yang akan di ajarkan 8. Guru menegaskan kembali perihal topik dan memberikan kompetensi yang akan dicapai. | 10 menit |
Inti | 4) Mengamati Peserta didik memperhatikan reviu bahan pembelajaran pada kepingan ini yang diberikan oleh guru. Selanjutnya Guru secara singkat mengulas kembali bahan pada pertemuan satu dan dua. Sehingga penerima didik akan mempunyai pengalaman berguru yang semakin lengkap. 5) Menanya Peserta didik diberi motivasi untuk mengajukan pertanyaan lanjutan dari apa yang sudah mereka baca atau dengarkan mengenai bahan pelajaran yang di reviu oleh guru. 6) Mengumpulkan Informasi Selanjutnya, guru mengarahkan lebih lanjut, penerima didik untuk melanjutkan rancangan praktek berguru kewarganegaraan berupa proyek kewarganegaraan. 3) Mengasosiasikan Masing-masing kelompok mempersiapkan kajian laporan dan Mempresentasikan masing-masing hasil laporan. | 70 menit |
Penutup | 5. Guru sanggup mengulas kembali bahan pelajaran dan mengkonfirmasi kegiatan individu dan kelompok. 6. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami bahan tersebut. 7. Sebelum mengakhiri pelajaran, penerima didik sanggup ditanyakan perihal nilai-nilai apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini. 8. Guru memberi kiprah penerima didik untuk mempelajari bahan pada pertemuan yang akan datang. | 10 menit |
v Instrumen penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan terlampir.
Makassar, 16 Juni 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Muhammad Rum M.AP Dra. Hj. Kartini
NIP.19591231 198503 1 170 NIP
Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
FORMAT PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK
Petunjuk
Lembaraninidiisiolehgurupada ketika dan sehabis pelaksanaan pembelajaran.Padakolomsikap spiritual dan sosial,tuliskanskorangka1-4.Kemudian, tuliskanjumlahdan rata-rata skorpadakolomyangtersedia.Konversikanrata-rata skor tersebuttersebutkedalam nilaikualitatif berikut ini
Interval | Nilai Kualitatif |
3,66 – 4,00 | SB (Sangat Baik) |
2,66 – 3,33 | B (Baik) |
1,66 – 2,33 | C (Cukup) |
< 1,33 | K (Kurang) |
Nama Sekolah : ………………………………………………..
Kelas : ………………………………………………..
Kompetensi Dasar : ………………………………………………..
Materi Pokok : ………………………………………………..
Periode Penilaian : ……………………….s.d ……………….....
No | Nama Siswa | Sikap Spiritual dan Sosial | Total Skor | Rata-Rata | Nilai Kualitatif | Deskripsi | ||||||||||
1. Jujur | 2. Disiplin | 3. Tangg. jawab | 4. Toleran | 5. Gtng Royong | 6. Kerjasama | 7. Santun | 8. Damai | 9. Responsif | 10.Proaktif | Taatmenjalankan agama | ||||||
1. | ||||||||||||||||
2. | ||||||||||||||||
3. | ||||||||||||||||
4. | ||||||||||||||||
5. | ||||||||||||||||
6. | ||||||||||||||||
dst |
RUBRIK PENSKORAN
1. Aspek : Jujur
No. | Indikator Kejujuran | Penilaian Kejujuran |
1. | Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan | Skor 1 jikalau 1 hingga 2 indikator muncul |
2. | Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas | Skor 2 jikalau 3 hingga 4 indikator muncul |
3. | Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya | Skor 3 jikalau 5 indikator muncul |
4. | Melaporkan barang yang ditemukan | Skor 4 jikalau 6 indikator muncul |
5. | Melaporkan data atau informasi apa adanya | |
6. | Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki |
2. Aspek : Disiplin
No. | Indikator Disiplin | Penilaian Disiplin |
1. | sama sekali tidak bersikap disiplinselama proses pembelajaran. | Kurang (1) |
2. | menunjukkan ada sedikit perjuangan untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten | Cukup (2) |
3. | menunjukkan sudah ada perjuangan untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten | Baik (3) |
4. | menunjukkan sudah ada perjuangan untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten. | Sangat baik (4) |
3. Aspek : Tanggungjawab
No. | Indikator Tanggungjawab | Penilaian Tanggungjawab |
1. | Melaksanakan kiprah individu dengan baik | Skor 1 jikalau 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan penerima didik |
2. | Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan | Skor 2 jikalau 2indikator kosisten ditunjukkan penerima didik |
3. | Mengembalikan barang yang dipinjam | Skor 3 jikalau 3indikator kosisten ditunjukkan penerima didik |
4. | Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan | Skor 4 jikalau 4 indikator konsisten ditunjukkan penerima didik |
4. Aspek : Toleran
No. | Indikator Toleran | Penilaian Toleran |
1. | Tidak mengganggu sahabat yang berbeda pendapat | Skor 1 jikalau 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan penerima didik |
2. | Menghormati sahabat yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender | Skor 2 jikalau 2 indikator kosisten ditunjukkan penerima didik |
3. | Menerima komitmen meskipun berbeda dengan pendapatnya | Skor 3 jikalau 3 indikator kosisten ditunjukkan penerima didik |
4. | Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain | Skor 4 jikalau 4 indikator konsisten ditunjukkan penerima didik |
5. Aspek : Gotong Royong
No. | Indikator Gotong Royong | Penilaian Gotong Royong |
1. | Saling membantu dalam mengerjakan kiprah kelompok | Skor 1 jikalau terpenuhi satu indikator |
2. | Bersama-sama dalam mengerjakan kiprah kelompok | Skor 2 jikalau terpenuhi dua indikator |
3. | Mengajak sahabat untuk membantu sahabat lain yang mengalami kesulitan | Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator |
4. | Membagi pekerjaan/tugas menurut job description yang telah disepakati | Skor 4 jikalau terpenuhi semua indikator |
6. Aspek : Kerjasama
No. | Indikator Kerjasama | Penilaian Kerjasama |
1. | Terlibat aktif dalam bekerja kelompok | Skor 1 jikalau 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan penerima didik |
2. | Kesediaan melaksanakan kiprah sesuai kesepakatan | Skor 2 jikalau 2indikator kosisten ditunjukkan penerima didik |
3. | Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan | Skor 3 jikalau 3indikator kosisten ditunjukkan penerima didik |
4. | Rela berkorban untuk sahabat lain | Skor 4 jikalau 4 indikator konsisten ditunjukkan penerima didik |
7. Aspek : Santun
No. | Indikator Santun | Penilaian Santun |
1. | Baik kecerdikan bahasanya (sopan ucapannya) | Skor 1 jikalau terpenuhi satu indikator |
2. | Menggunakan ungkapan yang sempurna | Skor 2 jikalau terpenuhi dua indikator |
3. | Mengekspresikan wajah yang cerah | Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator |
4. | Berperilaku sopan | Skor 4 jikalau terpenuhi semua indikator |
8. Aspek : Damai
No. | Indikator Damai | Penilaian Damai |
1. | Menghargai sahabat dalam setiap menjalankan aktivita | Skor 1 jikalau terpenuhi satu indikator |
2. | Kebersamaan menjadi bahagian dalam pergaulan | Skor 2 jikalau terpenuhi dua indikator |
3. | Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada | Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator |
4. | Mengindari konflik atau petentangan dalam perggaulan | Skor 4 jikalau terpenuhi semua indikator |
9. Aspek : Responsif
No. | Indikator Responsif | Penilaian Responsif |
1. | Acuh (tidak merespon) | 1 (Kurang) |
2. | Ragu-ragu/bimbang dalam merespon | 2 (Cukup) |
3. | Lamban menawarkan respon/tanggapan | 3 (Baik) |
4. | Cepat merespon/menanggapi | 4 (Sangat Baik) |
10. Aspek : Proaktif
No. | Indikator Proaktif | Penilaian Proaktif |
1 | berinisiatif dalam bertindak | Skor 1 jikalau terpenuhi satu indikator |
2 | mampu menggunakan kesempatan | Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator |
3 | memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan) | Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator |
4 | bertindak dengan penuh tanggung jawab | Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator |
11. Aspek : Taat Menjalankan Agama
No. | Indikator Ketaatan Menjalankan Agama | Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama |
1 | Disiplin (selalu sempurna waktu) dalam menjalankan agamanya | Skor 1 jikalau terpenuhi satu indikator |
2 | Teratur dalam menjalankan agamanya | Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator |
3 | Bersungguh-sungguh menjalankan pedoman agama | Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator |
4 | Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain | Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator |
Lampiran 2.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
“PENILAIAN DIRI”
Nama Siswa : ....................................................................
Kelas/Semester : X ….. / I
Materi/Bab : ....................................................................
Indikator :
1. Memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan menjelang ulangan harian
2. Penguasaan Materi yang akan diujikan
3. bekerjasama dalam merampungkan kiprah kelompok
4. menunjukkan sikap disiplin dalam merampungkan kiprah individu maupun kelompok
5. menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6. Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam merampungkan masalah
Untuk pertanyaan 1 hingga dengan 6, tulis masing-masing abjad (A/B/C/D) sesuai dengan pendapatmu !, jikalau : | ||
· A = Selalu | ||
· B = Sering | ||
· C = Jarang | ||
· D = Tidak pernah | ||
1 | Saya mempunyai motivasi selama proses pembelajaran dan kesiapan menjelang Ulangan Harian | |
2 | Saya menguasai bahan /Bab/Sub Bab yang akan diujikan dalam ulangan harian nanti | |
3 | Saya berafiliasi dalam merampungkan kiprah kelompok | |
4 | Saya memperlihatkan sikap disiplin dalam merampungkan kiprah individu maupun kelompok | |
5 | Saya memperlihatkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi | |
6 | Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam merampungkan masalah |
Pedoman Penskoran:
Skor 4, jikalau A = Selalu Skor 2, jikalau C = Jarang
Skor 3, jikalau B = Sering Skor 1, jikalau D = Tidak pernah
Skor Perolehan =
Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK (TEMAN)
Satuan Pendidikan : .................................
Kelas : .................................
Materi : .................................
Teman yang Dinilai : .................................
Penilai : .................................
Indikator:
1. Siswa tidak menjiplak (menyontek) hasil kerja sahabat ketika mengerjakan kiprah
2. Siswa tangguh dalam menyelesaikan kasus
3. Siswa memperlihatkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
4. Siswa memperlihatkan sikap disiplin dalam merampungkan kiprah individu maupun kelompok
Instrumen Penilaian
Petunjuk: Berilah tanda chek (√) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi sahabat kamu.
Keterangan: · Tidak Pernah (intensitas sikap yang diamati tidak muncul) · Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul) · Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul) · Selalu (intensitasnya sikap yang diamati selalu muncul) Nilai = |
Lampiran 4
FORMAT LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN DISKUSI
Petunjuk
Lembaraninidiisioleh guru pada ketika Diskusi Kelompoki.Lembarinimencatatkeefektifanpesertadiskusidalam3(tiga)kodenilaiakhir,yaitu:A(Baik),B (Cukup),danC(Kurang).PadakolomAspekPenilaianyangterdiridarisikap,pendapat danbahasa,tuliskanskorangka1-10.PadakolomPenilaian,tuliskanRata-RataSkor AngkadankonversiKodeNilainya.
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Penilaian | |||
Sikap | Pendapat | Bahasa | Rata-rata Skor Angka | Kode Nilai | ||
Keterangan:
1. Sikap :kesopanan, kerjasama, semangat, toleransi meluruskan penyimpangan, dan menunjukkan sikap terpuji.
2. Pendapat : rasional, teliti, jelas, relevan, sistematis dan keaktifan pendapat
3. Bahasa : jelas, teliti, tepat, menarik dan wajar
Peserta didik memperoleh nilai :
Interval | Nilai Kualitatif |
3,66 – 4,00 | SB (Sangat Baik) |
2,66 – 3,33 | B (Baik) |
1,66 – 2,33 | C (Cukup) |
< 1,33 | K (Kurang) |
Lampiran 5
LEMBAR KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : ...............................................
Materi : ...............................................
Kelompok : ...............................................
No | Nama Siswa | Kinerja Presentasi | Jmlh Skor | Nilai | |||
Kreatifi tas | Kebenaran substansi | Penyajian materi | Visual/ grafis | ||||
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 | |||||||
... |
Keterangan pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Keterangan:
NO | INDIKATOR | URAIAN | |
1 | Kreativitas | Baru, unik, tidak asal berbeda | |
2 | Kebenaran substansi materi | § Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan § Tidak ada kepingan yang salah/keliru § Tidak ada kesalahan penempatan gambar, bunyi dan teks | |
3 | Penyajian Materi | § Runut sesuai dengan struktur keilmuan § Mengikuti alur logika yang jelas ( sistimatis ) Bervariasi | |
4 | Grafis | § Tampilan layar ( warna, tataletak (layout)) § Ilustrasi | |
Lampiran 6
FORMAT PENILAIAN PRAKTIK KEWARGANEGRAAN
Petunjuk
Lembaraninidiisiolehguruatautemanselamaprosespenyusunanlaporanoleh kelompok.Lembaraninimencatatperilakusiswasecaraperorangan.Padaakhirpenilaian siswaakanmendapatkansalahsatudari3(tiga)kodenilaiakhirberikut:A(Baik),B (Cukup),danC(Kurang).PadakolomAspekPenilaianyangterdiridarisikap,pendapat danbahasa,tuliskanskorangka1-10.PadakolomPenilaian,tuliskanRata-RataSkor AngkadankonversiKodeNilainya.
Kelas :............................
Kelompok :............................
Topik :............................
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Penilaian | |||
Partisipasi | Sikap | Kerjasama | Rata-rata Skor Angka | Kode Nilai | ||
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
dst |
Keterangan:
1. Partisipasi: persiapan, keaktifan kerja dan tanggung jawab melaksanakan tugas
2. Sikap: menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan kiprah bersama anggota tim lainnya
3. Kerjasama: koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku pada kiprah yang menjadi tanggung jawabnya
Lampiran 7
LEMBAR PENILAIAN LAPORAN PRAKTIK KEWARGANEGARAAN
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai dokumen laporan hasil Praktik Kewarganegaraan.Padaakhirnya,siswaakanmendapatkansalahsatudari3(tiga)kode nilaiakhirberikut:A(Baik),B(Cukup),danC(Kurang). PadakolomNilai,tuliskanskor angka2-5(2=kurang,3=cukup,4=baik,dan5=baiksekali).Kemudiantuliskanjumlah nilaipadakolomyangtersedia.NilaiAkhirdidapatdenganrumusJumlahNilaidibagi 11.KonversikanNilaiAkhirtersebutkedalamKodeNilaiA,BatauC.
Nama :...........................
Kelompok :............................
Topik :............................
No | Aspek Penilaian | Nilai | Catatan |
A | Menjelaskan Masalah | ||
1. Kelengkapan | |||
2. Kejelasan | |||
3. Sumber | |||
4. Data Pendukung | |||
5. Grafis/Ilustrasi/Tabel | |||
6. Dokumentasi | |||
B | Keaslian/bukan Flagiat | ||
C | Sistematis dalam Laporan | ||
D | Penulisan Bahasa | ||
E | Tandan Tangan Orang Tua | ||
Jumlah | |||
Nilai |
Lampiran 8
LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI HASIL
PRAKTIK KEWARGANEGARAAN
Petunjuk
Kelas :............................
Kelompok :............................
Topik :............................
No | Aspek Penilaian | Nilai | Catatan |
1 | Signifikansi (kebermaknaan informasi) | ||
2 | Pemahaman terhadap materi | ||
3 | Kemampuan melaksanakan argumentasi (alasan usulan, mempertahankan pendapat) | ||
4 | Responsif(memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan) | ||
5 | Kerjasama Kelompok (berpartisipasi, mempunyai tanggung jawab bersama) | ||
Jumlah Nilai | |||
Nilai Akhir |
Lampiran 9
FORMAT PENILAIAN AKHIR
Petunjuk
Formatinimerupakanrangkumanpenilaianuntuksemuakegiatanyangtelah dilaksanakanolehsiswa.JumlahTugas/Diskusiyangdinilaitergantungpadapenilaianyang dilakukanolehguru.Jadi,padaakhirpembelajaransetiapBab,siswaakanmendapatkanNilaiAkhirbesertarinciandancatatanguru.Kemudiansiswadimintamenunjukkan formatinikepadaorangtuauntukdiberikanumpanbalikdanparaf padakolomyang tersedia.
Lembarinidapatdisalinataudiadaptasiolehguru.Kemudiansekolahsebaiknya menfasilitasiuntukpenggandaannyasesuaikebutuhan.
Nama Siswa : .........................................................................
Kelas : ............................
Materi/Bab : .........................................................................
Tugas/Diskusi | Penilaian | |
Nilai Kualitatif | Skor Angka | |
1. Tugas Mandiri | ||
2. Tugas Kelompok | ||
3. Uji Kompetensi | ||
4. Penilaian Afektif/(Spiritual dan Sosial) | ||
5. Praktek Kewarganegaraan | ||
Catatan sikap Peserta didik dalam merampungkan tugas/diskusi dari awal hingga akhir | Total Skor: Rata-rata/Nilai Akhir: |
Tanda Tangan Orang Tua |
|
Lampiran 10.
KONVERSI KONPETENSI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP
Predikat | Rentang Nilai | Nilai Kompetensi | ||
Pengetahuan | Keterampilan | Sikap | ||
A | 99 – 100 | 4 | 4 | SB |
A- | 91 – 95 | 3,66 | 3,66 | |
B+ | 85 – 90 | 3,33 | 3,33 | B |
B | 80 – 84 | 3 | 3 | |
B- | 75 – 79 | 2,66 | 2,66 | |
C+ | 70 – 74 | 2,33 | 2,33 | C |
C | 65 – 69 | 2 | 2 | |
C- | 60 – 64 | 1,66 | 1,66 | |
D+ | 55 – 59 | 1,33 | 1,33 | K |
D | ≥ 55 | 1 | 1 |
v Kriteria Ketuntasan
Ø Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yaitu 2,66 (B-)
Ø Pencapaian minimal untuk Kompetensi Sikap yaitu B