Thursday, June 15, 2017

√ Apa Itu Force Close, Penyebab Dan Cara Mengatasi Force Close

 Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close √ Apa itu Force Close, Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close

Apakah smartphone android kau sedang bermasalah, contohnya ketika sedang memakai sebuah aplikasi atau game, datang - datang saja aplikasi tersebut keluar dan muncul goresan pena "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti", itu namanya force close, dan disini aku akan memberitahu kepada kau apa saja penyebab terjadinya force close dan cara mengatasi force close.

Banyak yang menjadi faktor force close atau keluar datang - tibanya sebuah aplikasi atau game, bisa dari permasalahan internal ataupun permasalahan eksternal, ibarat muka yang pakai smartphone (becanda).

Bahkan tugas dari virus bisa memicu terjadinya force close, sehingga bahwasanya aneka macam penyebabnya, dan dibawah aku akan memberitahu kepada kau lebih banyak penyebab dari force close ini sendiri, dan aku akan memberitahu cara mengatasi force close yang sudah membuatmu murka.

Apa itu Force Close


Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Force Close berarti Dipaksa Berhenti, jadi singkatnya sebuah aplikasi yang sedang kita jalankan atau mainkan, diberhentikan secara paksa oleh sistem android, alasannya sebuah alasan.

Dan alasan apa saja yang menciptakan sebuah sistem android terpaksa mematikan sebuah aplikasi akan kau ketahui di bawah sini.

Penyebab Terjadinya Force Close


Sebenarnya ada banyak penyebab terjadinya force close itu sendiri, dan aku tidak akan bisa memberitahu kepada kau semua apa saja penyebabnya satu per satu, aku hanya akan memberitahu penyebab yang muncul diotak aku ketika menulis artikel ini.

1. Banyak Aplikasi Berjalan


Apakah kau orang yang kalau memainkan android suka menjalankan aplikasi yang banyak dalam satu waktu, maka kebiasaan itu harus segera kau hentikan.

Soalnya jikalau aplikasi yang berjalan semakin banyak, maka smartphone android akan dipaksa bekerja semakin keras, sehingga menimbulkan kinerja dari android itu menurun, dan ini ialah penyebab tersering terjadinya force close itu sendiri.

Maka dari itu, matikan aplikasi - aplikasi yang kau tidak gunakan lagi, jikalau ingin membuka aplikasi secara bersamaan cukup 2-3 saja, tergantung kemampuan smartphone.

Hal ini juga terjadi ketika gres menghidupkan smartphone dari keadaan mati total. Jika kau gres saja menghidupkan android yang mati total, maka sesudah android sudah menyala jangan pribadi digunakan, tunggu 20-30 detik hingga android sudah benar - benar siap, barulah bisa digunakan.

2. Kemampuan Smartphone


Force Close sering terjadi pada smartphone yang mempunyai spesifikasi menengah kebawah, terlebih jikalau spesifikasi smartphone kau rendah tetapi kau memakai aplikasi yang diharuskan dipakai di android berspesifikasi tinggi.

Hal ini ibarat pikiran seorang anak yang gres mencar ilmu tambah dan kurang tetapi dipaksa untuk menuntaskan soal perkalian dan pembagian, bisa saja, tetapi butuh waktu lama, bahkan bisa saja ia pribadi menyerah.

Begitulah smartphone ini, jangan paksakan untuk memakai aplikasi yang tidak kompatibel di smartphone kamu, jangan paksakan memainkan PUBG di android dengan spesifikasi yang sangat rendah.

3. RAM Penuh


Hampir sama dengan point nomor 1 diatas, sehingga penjelasannya juga tampaknya tidak perlu aku jelaskan lagi, dan jikalau kau ingin menghapus aplikasi - aplikasi yang menimbulkan ram penuh ada beberapa cara, dan akan aku beritahu pada bagian, cara mengatasi force close.

4. Cache Aplikasi Sudah Menumpuk


Jika kau kurang tahu apa itu cache, bisa aku katakan cache itu ialah semacam informasi yang memudahkan sebuah android atau smartphone untuk lebih cepat membuka sebuah file atau aplikasi, dan lokasi dari cache ini sendiri tersembunyi.

Mudahnya, ibarat otak kita, ketika kita mencoba menuntaskan sebuah soal matematika untuk pertama kali, otak akan mengingat rumus dan cara kerja soal tersebut, sehingga ketika bertemu soal yang sama atau sejenis, kita akan lebih cepat menyelesaikannya.

Android juga ibarat itu, ketika membuka sebuah aplikasi atau file untuk pertama kali, mungkin android butuh waktu yang tidak mengecewakan lama, tetapi ketika dibuka untuk kedua kali dan seterusnya, prosesnya akan lebih cepat.

Tetapi semakin banyak cache yang menumpuk, kurang baik juga untuk kinerja smartphone itu sendiri, sehingga harus dihapus dan cara menghapus cache android akan ada dibawah.

Cara Mengatasi Force Close


Karena kita sudah membahas beberapa penyebab yang menimbulkan sebuah aplikasi keluar datang - tiba, kita jadi lebih gampang mengatasi force close ini, disini aku hanya akan memberitahu bagaimana cara mengatasi force close terjadi.

1. Minimalkan Aplikasi Sedang Berjalan


Ada banyak cara untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Cara pertama bisa lewat tombol yang sudah disediakan dismartphone kamu, contohnya Samsung, klik tombol tengah dan matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Sony Zr Docomo klik tombol bertanda kotak dan matikan aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi, beberapa smartphone mempunyai pengaturan yang sama dan beberapa tidak, tinggal coba saja.


Cara kedua untuk meminimalkan aplikasi berjalan bisa memakai aplikasi khusus, ibarat aplikasi Clean Master atau 360 Security yang bisa did0wnl0ad di google playstore atau appstore.

Kedua rujukan aplikasi tersebut bisa dipakai untuk Antivirus dan juga mematikan aplikasi yang sedang berjalan, sehingga RAM bisa lebih ringan dan bekerja lebih cepat.

Ada beberapa aplikasi yang suka berjalan walaupun kita tidak gunakan, salah satunya ialah aplikasi - aplikasi sosial media, contohnya ketika kau gres saja menghidupkan data seluler, niscaya notifikasi dari aplikasi sosial media banyak bermunculan.

Itu karena, sesudah kau menghidupkan data seluler, maka sosial media akan selalu bekerja dibackground smartphone kamu, semakin banyak aplikasi sosial media yang terinstal di android, semakin lelet pula android.

2. Perhatikan Detail Aplikasi


Sebelum mend0wnl0ad sebuah aplikasi, kau harus memperhatikan detail aplikasi tersebut, maksud aku detailnya ialah spesifikasi ibarat apa yang direkomendasikan untuk memakai aplikasi tersebut.

Karena salah satu penyebab terjadinya force close itu alasannya spesifikasi smartphone tidak sanggup untuk menjalankan sebuah aplikasi, ibarat becak motor dipaksa untuk membawa mobil, kan gak bisa.

3. Hapus Cache Aplikasi


Semakin sering sebuah aplikasi dipakai maka cache-nya juga semakin besar, kalau smartphone kau spesifikasinya tinggi sih tidak perlu khawatir, tetapi bagi pemilik smartphone spesifikasi menengah kebawah, maka hal ini harus diperhatikan.

Sebenarnya tugas cache ini cukup penting, cuma kalau kapasitas cache sudah besar, maka harus dihapus semoga tidak menjadi beban untuk android atau aplikasi yang kau gunakan.

Cara menghapus cache ada 2, pribadi dari handphone (secara manual) dan bisa juga memakai aplikasi khusus, salah satunya ialah Clean Master dan 360 Security.

4. Berikan Android Delay


Saat kau gres menghidupkan android dari keadaan mati total, jangan pribadi digunakan, tetapi tunggu beberapa saat, hingga android sudah benar - benar siap digunakan.

Seperti ketika kau gres berdiri tidur, akan sulit kalau sesudah berdiri pribadi belajar, tetapi tunggu beberapa ketika hingga badan sudah benar - benar siap.

Hal ini juga mempunyai kegunaan kalau kau gres menghidupkan data seluler atau wifi, alasannya biasanya sesaat sesudah kau menghidupkan internet, akan banyak notifikasi muncul, tunggu hingga notifikasi sudah tidak muncul lagi, gres gunakan smartphone kamu.

5. Rutin Menge-cek Virus Smartphone


Virus juga bisa menjadi alasan yang menimbulkan terjadinya force close, sehingga untuk mengatasi hal ini, kau harus rutin memakai aplikasi antivirus untuk mengecek dan membunuh virus yang bersarang di android kamu.

Kesimpulan


Ada aneka macam faktor yang menimbulkan android atau aplikasi mengalami force close atau datang - datang tertutup, tetapi kebanyakan faktor penyebab terjadinya force close ini alasannya spesifikasi smartphone yang rendah dan dipaksa untuk memakai aplikasi berspesifikasi tinggi.

Itulah ia penyebab dan cara mengatasi force close pada android atau apple smartphone kamu, jikalau kau merasa bahwa cara diatas belum menuntaskan permasalahan yang kau alami, bisa ceritakan detailnya dikolom komentar.
Sumber http://www.domarsma.com