Thursday, March 9, 2017

√ Pola Surat Pembaca Dan Tanggapannya Pada Masalah Kartu Kredit Mandiri

Wah kalo ngebahas wacana Contoh Surat Pembaca, tentu sangat bermacam-macam yhaa. Karena surat pembaca ini sangat bebas disampaikan oleh setiap orang. Kali ini kita coba membahas wacana teladan surat pembaca dan tanggapannya yang bekerjasama dengan perkara pelayanan publik berupa Kartu Kredit.


Pengertian Surat Pembaca yakni surat yang ditulis oleh pembaca surat kabar/koran, tabloid, majalah atau media online, yang ditampilkan pada media penyampain informasi tersebut.Isi dari teladan surat pembaca ini yakni tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain.


Pada umumnya surat pembaca ini lebih banyak berisi keluhan. Nah, tujuan dari surat pembaca ini biasanya yakni untuk memberikan keluhan tersebut ke pihak yang bersangkutan.Keluhan tersebut sanggup berisi wacana ketidakpuasan terhadap suatu layanan yang diberikan oleh perusahaan.


Sebagai akseptor surat pembaca yang baik, seharusnya pihak yang merasa bertanggung jawab atas keluhan pada surat pembaca tersebut menanggapi dengan serius. Yaps sebab ini akan kuat pada gambaran dan nama baik yha..


Kasus yang cukup besar yang berawal dari teladan surat pembaca baru-baru ini yakni perkara Patwal Presiden SBY yha. Kasus itu bermula dari kiriman surat pembaca Bpk Hendra NS melalui media Kompas tanggal 16 juli 2016. Dari surat pembaca yang berjudul ‘Trauma oleh Patwal Presiden’ tersebutlah perkara ini menjadi sangat terkenal dan ramai dibicarakan oleh masyarakat umum. Presiden SBY pun mengambil beberapa tindakan mengenai perkara ini.


Pada Contoh Surat Pembaca kali ini, perkara yang kita bahas kali yakni mengenai Keterlambatan Pengiriman Kartu Kredit Bank Mandiri.


Saya pemegang kartu Mandiri dengan nomor kartu 4137190304995***. Saya sangat kecewa sekali dengan layanan Bank Mandiri. Khususnya di potongan kurir. Dikarenakan tanggal 15 Januari 2016 kartu sudah dikirim ke alamat kantor saya.


Namun anehnya tanggal 23 Januari 2016 kartu diretur dengan alasan saya sudah resign. Dan saya tidak dikenal namanya. Ini yang tidak sanggup mencari kurirnya ataukah memang sengaja tidak dicari saya? Sudah tanyakan ke pada rekan saya yang di kantor. Dan informasi yang saya sanggup ternyata memang tidak ada kartu tiba ke kantor atas nama saya.


Kemudian tanggal 30 saya mencoba untuk menanyakan ke card centre cabang Surabaya dan diinformasikan sama. Lalu saya menungu dan menunggu tanggal 13 Februari 2016 saya menghubungi Mandiri call untuk perihal kartu saya yang belum saya terima ini kelanjutanya bagaimana. Malah saya disuruh buat suart kuasa jikalau meninggalkan kantor.


Ini tidak efesien. Karena kartu saja belum saya terima. Ini bagaimana kelanjutannya kartu saya. Mudah-mudahan dengan adanya surat yang saya kirim ke Kompas.com saya mendapat informasi yang detail mengenai posisi kartu saya.


Terima kasih, Kompas.com sudah menayangkan keluhan saya.


ahmad farisal nurdiansah

kauman ix/ 20 kampung dalem kota kediri


Contoh diatas merupakan teladan surat pembaca yang dimuat dalam harian kompas.


Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan teladan surat pembaca adalah:



  1. Gunakan bahasa yang sopan. Yha walaupun hati kesal dikala menulis surat ini, tapi sebisa mungkin gunakan kata-kata yang sopan dan tidak bergairah yhaa.

  2. Sebelum mengirimkan surat pembaca yang berisi keluhan, sebaiknya usahakan terlebih dahulu menuntaskan permasalahan Anda dengan menghubungi eksklusif pihak yang bersangkutan. Apabila sudah berkali-kali menghubungi pihak tersebut melalui banyak sekali media tetap juga tidak mendapat tanggapan barulah berfikir untuk menuliskan surat pembaca.

  3. Siapkan bukti yang akurat dan sesuai dengan keluhan anda. Menyampaikan keluhan tanpa bukti yang terang malah sanggup merugikan diri sendiri. Karena sanggup bekerjasama dengan pencemaran nama baik.

  4. Sampaikan dengan terang identitas Anda, tujuan surat pembaca, layanan yang Anda keluhkan dan identitas anda pada layanan tersebut.


[iklan]


Contoh Tanggapan dari surat pembaca di atas ibarat yang juga termuat dalam harian kompas.


Mohon maaf atas ketidaknyamanan Bapak Ahmad Farisal Nurdiansah dan terima kasih atas masukannya. Dapat disampaikan bahwa kami telah memproses pengiriman ulang Kartu Kredit Mandiri Bapak, diperlukan Kartu Kredit Mandiri tersebut sanggup diterima paling lambat tanggal 26 Februari 2016.


Apabila Bapak tidak berada di tempat, kami mohon kesediaannya untuk meninggalkan surat kuasa penerimaan kartu beserta fotocopy KTP. Adapun surat kuasa penerimaan kartu tersebut untuk menghindari penyalahgunaan kartu oleh pihak lain.


Jika ada pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan, sanggup menghubungi Customer Service melalui layanan 24 jam Mandiri Call 14000 atau melalui website www.bankmandiri.co.id dengan menentukan sajian contact us atau eksklusif melalui email customer.care@bankmandiri.co.id.


Nixon L. P. Napitupulu

Plaza Mandiri 3rd Floor


Oke demikian tadi Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya pada Kasus Kartu Kredit Mandiri yang sanggup dijadikan teladan dalam menciptakan surat keluhan ke media cetak yha..


Atau juga sanggup kalo mu buat mengerjakan kiprah sekolah atau kuliah.. hahay..


Screen Shot Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya


Wah kalo ngebahas wacana Contoh Surat Pembaca √ Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya pada Kasus Kartu Kredit Mandiri


Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya di atas ini merupakan surat pembaca resmi yang tampil di Harian Kompas dengan alamat: https://inside.kompas.com/tanggapan/read/42737



Sumber aciknadzirah.blogspot.com