SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL H
Kerjakan soal-soal berikut secara teliti dengan menentukan satu balasan yang paling tepat!
1. Setiap orang mempunyai kedudukan yang sama. Menurut hak asasi insan perbuatan berikut yang melanggar hak asasi insan adalah....
a. Membantu korban peristiwa alam
b. Melecehkan orang dimuka umum
c. Memberikan penghargaan kepada sang juara
d. Menjatuhkan eksekusi kepada penjahat
2. Perhatikan data nilai keterampilan berikut!
Nama siswa | Praktek | Proyek |
Dina | 80 | 76 | 74 | 78 | - |
| | | | | |
Berdasarkan data di atas, maka nilai keterampilan adalah....
a. 80
b. 77
c. 78
d. 79
3. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan guru sebelum memutuskan pembelajaran remedial dan pengayaan, kecuali....
a. Mengidentifikasi materi sesuai tujuan pembelajaran
b. Informasi dari banyak sekali pihak terkait eserta didik
c. Catatan observasi selama proses pembelajaran
d. Melakukan analisis terkait dengan hasil ulangan harian
4. Salah satu teladan pelaksanaan Hak Asasi insan di bidang politik adalah....
a. Mendapatkan pengajaran dalam menyebarkan ilmu politik
b. Ikut serta dalam kampanye politik
c. Mengunakan haknya dalam memahai anggran dasar suatu partai
d. Menjadi pemilih pada pemilihan umum setiap 5 tahun sekali
5. Perhatikan tabel di bawah ini!
Nama | T1 | T2 |
Ratna | 65 | 77 |
Aqila | 73 | 77 |
Hanif | 75 | 75 |
Ananda | 68 | 83 |
Aldo | 65 | 81 |
Jika KKM ditetapkan 75, maka kelompok akseptor didik yang telah mencapai ketuntasan berguru adalah....
a. Ratna, Hanif, Aldo
b. Aqila, Hanif, Aldo
c. Aqila, Hanif, Ananda
d. Ratna, Aqila, Hanif
6. Prinsip hak dasar yang dimiliki oleh manusia, sebagaimana yang tercantum dalam Piagam PBB berikut ini, kecuali....
a. Hak hidup
b. Hak untuk mendapat proteksi hukum
c. Hak menjadi pejabat negara
d. Hak untuk kemerdekaan hidup
7. Perhatikan data nilai pengetahuan Lila berikut
Nilai PH : 75, 90, 75
Nilai PTS : 70
Nilai PAS : 70
Jika peniaian harian mempunyai bobot 2, evaluasi tengah semester bobot 1, evaluasi selesai semester bobot 1. Berapakah nilai selesai (NA) Lila?
a. 100
b. 80
c. 70
d. 75
8. Pelaksanaan hak asasi insan intinya tidak sanggup dilaksanakan dengan mutlak, karena....
a. Melanggar hak asasi orang lain
b. Melanggar kewajiban orang lain
c. Tidak disertai dengan kewajiban
d. Bertentangan dengan peraturan
9. Pernyataan berikut ini yang merupakan hak asasi insan berdasarkan sila kemanusian yan Adil dan Beradab, adalah....
a. Mengembangkan sikap toleransi
b. Mengembangkan sikap takwa kepada Tuhan YME
c. Mengembangkan musyawarah untuk mufakat
d. Sikap mengutamakan kepentingan bangsa
10. Hak asasi insan dalam kebersamaan dan keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dan motivasi dalam enerapkan hak asasi insan yang diwujudkan untuk....
a. Terbentuknya masyarakat adil dan makmur
b. Terwujudnya pembangunan nasional yang adil dan merata
c. Terciptanya kerukunan dalam pembangunan nasional
d. Semangat dalam bekerja demi kemakmuran bersama
11. Selain menjalankan kiprah pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk mempunyai kompetensi sosial dalam beriteraksi dengan siswanya. Aplikasi dari kompetensi tersebut adalah....
a. Mengunjungi siswa setiap hari Minggu
b. Memberikan pertolongan pembayaran SPP untuk semua siswa
c. Tidak menuntut siswa untuk mempunyai buku
d. Tidak diskriminasi terhadap siswanya
12. Berikut ini ialah teladan hak asasi di bidang politik, kecuali....
a. Hak mendirikan parta politik
b. Hak mempunyai suatu
c. Hak menentukan dalam pemilu
d. Hak dipilih dalam pemilu
13. Piagam Hak Asasi insan sedunia tercantum dalam....
a. Bill of Right
b. Magna Charta
c. Universal Declarations of Human Right
d. Declarations on Independence
14. Hak asasi insan yang menyangkut hak hidup, hak kemerdekaan dan hak meiliki sesuatu tidak boleh diganggu gugat, karena....
a. Merupakan hasil usaha individu
b. Dibawa semenjak lahir sebagai anugerah Tuhan
c. Diturunkan dari orang bau tanah kandung
d. Merupakan eksintensi manusia
15. Laporan capaian kompetensi pngetahuan pada selesai semester dari ketuntasan minimal diterapkan berdasarkan....
a. Optimum
b. Mediun
c. Rerata
d. Modus
16. Pembelajaran remdial perlu memakai banyak sekali metode pembelajaran dan metode evaluasi yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran remedial....
a. pemberian umpan balik
b. fleksibel
c. adaptif
d. interaktif
17. Contoh pelanggaran berat hak asasi insan yang merupakan tindak kejahatan terhadapa insan adalah...
a. Pembunuhan
b. Perbudakan
c. Pemalsuan dokumen
d. Penipuan
18. Contoh hak asasi insan dalam penerapan keputusan bersama di lingkungan sekolah di antaranya ialah ....
a. Melaksanakan tugas-tugas sekolah sendiri
b. Memimpin diskusi siswa di sekolah
c. Melaksanakan kiprah piket sesuai hasil musyawarah
d. Membayar iuran sekolah sempurna waktu
19. Setiap orang berhak memperjuangkan hak pengembangan dirinya, baik secara pribadi maupun kolektif untuk membnagun masyarakat bangsa dan negaranya. Hal ini terdapat di dalam UU....
a. N0 39 tahun 1998
b. No 38 tahun 1999
c. No 39 tahun 2004
d. No 39 tahun 1999
20. Pada pembelajaran pengayaan, guru menawarkan project, pengembangan minat dan aktivitas-aktivitas menggugah (playful). Hal tersebut termasuk prinsip....
a. Memperbaiki kompetensi
b. Inovasi
c. Merencanakan metodologi yang luas dan bervariasi
d. Kegiatan yang memperkaya
21. Upaya proteksi anak perlu dilaksanakan sedini mungkin, yakni....
a. Sejak dari lahir dalam kandungan hingga anak berusia 18 tahun
b. Sejak dari janin dalam kandungan hingga anak berusia 18 tahun ketika anak ada di SLTA
c. Sejak dari janin dalam kandungan hingga anak berusia 18 tahun
d. Sejak dari janin dalam kandungan hingga anak akhil baligh
22. Pernyataan berikut ini yang termasuk dalam Hak Asasi Politik adalah....
a. Hak mendapat perlakuan yang sama dalam aturan dan pemerintahan
b. Hak untuk menciptakan dan mengajukan suatu usulan petisi
c. Hak mendapat layanan dan proteksi hukum
d. Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil/PNS
23. Hambatan dalam penegakan hak asasi insan di negara kita dari proses penuntutan anatara lain ialah ....
a. Semua orang yang peduli terhadap hak asasi insan berambisi ingin menjadi jaksa
b. Sangat sedikit jaksa yang berpengalaman dalam penuntutan
c. Tidak ada aturan yang tegas dalam aturan program pelanggaran hak asasi manusia
d. Rekrutmen jaksa ialah hanya orang yang berpengalaman
24. Orang tua, keluarga, dan masyarakat bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara hak asasi insan sesuai dengan kewajiban yang dibebankan oleh hukum. Hal ini merupakan salah satu....
a. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 39 tahun 2002 wacana proteksi anak
b. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 33 tahun 2002 wacana proteksi anak
c. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 23 tahun 2002 wacana proteksi anak
d. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 32 tahun 2002 wacana proteksi anak
25. Sebelum melaksanakan pembelajaran remedial, guru perlu melaksanakan identifikasi dilema pembelajaran. Keragaman individu, termasuk permasalahan pada....
a. Keunikan akseptor didik
b. Strategi pembelajaran
c. Tenaga pendidik
d. Materi ajar
26. Hak dalam masyarakat yang hanya sanggup dinikmati bersama orang lain. Seperti, hak penentuan nasib sendiri, hak memperoleh ganti rugi bagi dan kebebasan yang dilanggar metupakan penggolongan hak asasi dilihat dari aspek....
a. Hak ekonomi
b. Hak kolektif
c. Hak sipil
d. Hak individu
27. Pada evaluasi sikap, semua siswa ialah baik. Catatan guru berisi hal-hal yang menonjol. Bagaimana menginterpretasikan data Lila pada sikap peduli, disiplin, dan percaya diri?
Waktu | Catatan perkembangan sikap | Aspek sosial |
15-4-2016 | Lila membantu sobat merapihkan bukunya yang berjatuhan | Peduli |
Zarin terlambat masuk sekolah | Disiplin |
Lea menyanyikan lagu dengan bunyi nyaring dan penuh penghayatan | Percaya diri |
a. Lila sangat baik untuk sikap peduli. Baik untuk sikap disiplin dan percaya diri
b. Lila baik untuk sikap peduli, disiplin dan percaya diri
c. Lila sangat baik untuk sikap peduli. Perlu bimbinga untuk sikap peduli dan percaya diri
d. Lila baik untuk sikap peduli. Perlu bimbingan untuk sikap disiplin dan percaya diri
28. Pembelajaran remedial ialah kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai....
a. Ketuntasan satu tema
b. Ketuntasan satu subtema
c. Ketuntasan satu pembelajaran (PB)
d. Kompetensi minimal dalam satu KD tertentu
29. Hak untuk memperoleh keadilan (misalnya hak kepastian hukum, persamaan di depan hukum) merupakan jaminan Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang di jabarkan dalam....
a. UU RI nomor 40 tahun 1999
b. UU RI nomor 38 tahun 1999
c. UU RI nomor 39 tahun 1999
d. UU RI nomor 49 tahun 1999
30. Landasan ideal pelindungan hak asasi insan di negara kita ialah ...
a. Pancasila
b. TAP MPR XXVII/1998
c. UUD 1945
d. UU HAM no 39/1999
31. Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau merendahkan derajat dan martabat manusia. Merupakan isi substansi hak asasi insan yang berkaitan dengan hak ...
a. Kemerdekaan
b. Keadilan
c. Kesejahteraan
d. keamanan
32. Inti dari demokrasi pancasila ialah ...
a. Kedaulatan di tangan rakyat
b. Kemanusiaan yang berkeadilan
c. Hukum yang berkeadilan
d. Kebenaran dan keadilan
33. Laporan capaian kompetensi keterampilan pada selesai semester dari ketuntasan minimal ditetapkan berdasarkan ....
a. Medium
b. Rerata
c. Modus
d. optimum
34. Perhatikan data nilai pengetahuan Lila berikut
Nilai PH : 85, 70, 85
Nilai PTS : 70
Nilai PAS : 70
Jika peniaian harian mempunyai bobot 2, evaluasi tengah semester bobot 1, evaluasi selesai semester bobot 1. Berapakah nilai selesai (NA) Lila?
a. 80
b. 75
c. 85
d. 100
35. Materi X diajarkan dalam beberapa kali pertemuan (pembelajaran). Hal ini menjadi pertimbangan guru dalam menentukan metode pembelajaran remedial sesuai ...... kesulitan belajar.
a. Jenis
b. Tujuan
c. Latar belakang
d. sifat
36. Bentuk perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan hak asasi insan ialah ...
a. Memasukkan pendidikan khusus hak asasi insan di sekolah
b. Mengembangkan kebebasan pers seluas-luasnya
c. Memasukkan pendidikan kewarganegaraan di sekolah
d. Membentuk komnas hak asasi insan dan pengadilan hak asasi manusia
37. Contoh sikap proteksi HAM antara lain dengan adanya pelaksanaan hak asasi insan di bidang politik. Dalam kenyataan empirik ditemukan indikator ....
a. Hak dipilih dalam pemilu
b. Hak mendirikan partai politik
c. Hak menentukan dalam pemilu
d. Hak menentukan sesuatu
38. Contoh kasus pelanggaran hak asasi insan yang terjadi pada lingkungan sekolah, ialah ...
a. Tidak ikut upacara alasannya ialah merasa kelelahan
b. Merusak sarana dan fasilitas umum di sekolah alasannya ialah merasa kesal
c. Siswa tidak mengerjakan pekerjaan rumah alasannya ialah tidak mempunyai fasilitas di rumah
d. Guru membeda bedakan siswa di kelas (berdasarkan kepintaran dan/ perilakunya)
39. Pada evaluasi sikap, semua siswa ialah baik. Catatan guru berisi hal-hal yang menonjol. Bagaimana menginterpretasikan data Lea pada sikap peduli, disiplin, dan percaya diri?
Waktu | Catatan perkembangan sikap | Aspek sosial |
15-4-2016 | Lila membantu sobat merapihkan bukunya yang berjatuhan | Peduli |
Zarin terlambat masuk sekolah | Disiplin |
Lea menyanyikan lagu dengan bunyi nyaring dan penuh penghayatan | Percaya diri |
a. Lea sangat baik untuk sikap peduli, disiplin dan percaya diri
b. Lea sangat baik untuk sikap percaya diri. Perlu bimbingan untuk sikap peduli dan disiplin
c. Lea sangat baik untuk sikap percaya diri. baik untuk sikap peduli dan disiplin
d. Lea baik untuk sikap peduli, disiplin dan percaya diri
40. Pernyataan berikut merupakan variasi kegiatan pembelajaran remedial, kecuali ....
a. Remedial bukan mengulangi tes dengan materi yang sama
b. Pengulangan materi untuk perbaikan nilai
c. Sesuai dengan sifat, jenis dan latar belakang kesulitan belajar
d. Kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai kompetensi minimal
41. Di bawah ini merupakan hak akseptor musyawarah, kecuali ....
a. Memperoleh kesempatan berbicara
b. Mengajukan pendapat dalam musyawarah
c. Menolak pendapat akseptor musyawarah
d. Melaksanakan keputusan musyawarah
42. Setiap orang harus selalu bertanggung jawab atas semua sikap dan perilakunya (tindakan). Karena itu banyak sekali upaya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih diutamakan ialah mengakui dan melindungi hak ....
a. Tertuang dalam konstitusi
b. Asasi orang
c. Masyarakat/bangsa
d. Setiap manusia
43. Berikut ini merupakan tantangan aktual bagi bangsa indonesia untuk penegakan hak asasi insan sehubungan dengan masih sering terjadinya “kejahatan terhadap kemanusiaan” ....
a. Memaksa anggota kelompok tertentu
b. Memindahkan penduduk secara paksa
c. Membuat menderita kelompok tertentu
d. Memindahkan secara paksa kelompok tertentu
44. Pembelajaran remedial hendaknya melibatkan keaktifan guru untuk secara intensif berinteraksi dengan akseptor didik, menawarkan monitoring dan pengawasan untuk mengetahui kemajuan berguru akseptor didik. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran remedial ...
a. Adaptif
b. Pemberian umpan balik
c. Interaktif
d. fleksibel
45. Sikap merendahkan bunyi ketika berbicara dengan orang lain ialah dengan bunyi yang lembut. Hal ini merupakan ....
a. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada orang bau tanah dan orang yang lebih tua
b. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada orang tua
c. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada sesama sobat sebaya dan orang yang lebih tua
d. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada kakak, ayah dan ibu
46. Perhatikan data nilai keterampilan berikut!
Nama siswa | Praktek | Proyek |
Dina | 70 | 76 | 74 | 80 | - |
| | | | | |
Berdasarkan data di atas, maka nilai keterampilan adalah....
a. 75
b. 76
c. 78
d. 80
47. Setiap orang berhak memperjuangkan hak pengembangan dirinya. Baik secara pribadi maupun kolektif untuk membangun masyarakat bangsa dan negaranya merupakan HAM di dalam UU No 39 Tahun 1999 wacana ...
a. Hak memperoleh keadilan
b. Hak atas kebebasan pribadi
c. Hak atas rasa aman
d. Hak menyebarkan diri
48. Memberikan tambahan/perluasan pengalaman atau kegiatan akseptor didik yang teridentifikasi melampaui ketuntasan berguru yang ditentukan oleh kurikulum disebut ...
a. Perbaikan
b. Pengulangan
c. Pengayaan
d. remedial
49. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan keputusan bersama, kecuali ...
a. Hasil keputusan bersama harus dipatuhi dan dilaksanakan serta sanggup dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Pelaksanaan hasil keputusan bersama dilandasi dengan nilai-nilai kebenaran dan keadilan
c. Pelaksanaan keputusan bersama harus dipertanggungjawabkan kepada kelompok mayoritas
d. Pelaksanaan hasil keputusan bersama dengan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia
50. Konsep proteksi kepada anak dilakukan berdasarkan asas-asas sebagai berikut, kecuali ...
a. Hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan
b. Kepentingan yang terbaik bagi anak
c. Bersifat diskriminasi
d. Penghargaan terhadap pendapat anak
51. Pada pembelajaran pengayaan, guru menyebarkan kegiatan yang menyenangkan, membangkitkan minat, merangsang pertanyaan dan sumber-sumber bervariasi serta memperkaya. Hal tersebut termasuk prinsip ...
a. Inovasi
b. Metode yang bervariasi
c. Kegiatan yang memperkaya
d. Merencanakan metodologi yang luas
52. Sebelum melaksanakan pembelajaran remedial, guru perlu melaksanakan identifikasi permasalahan pembelajaran. Perbedaan gaya berguru akseptor didik menjadi perhatian guru dalam menentukan teknik mengajar. Hal ini termasuk permasalahan pada ....
a. Strategi pembelajaran
b. Keunikan akseptor didik
c. Tenaga pendidik
d. Materi ajar
53. Prinsip penegakan aturan yang adil dan benar didasarkan pada pemikiran yang melandasi pembentukan undang-undang wacana hak asasi insan yaitu ...
a. Banyaknya pelanggaran HAM di Indonesia
b. Hak asasi insan harus dijaga hingga selesai jaman
c. Manusia yang berpengaruh dihentikan menindas insan yang lemah
d. Hak asasi insan harus dihormati, dilindungi dan ditegakkan
54. Prinsip penegakan aturan yang adil dan benar antara lain yang terkandung dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu menjunjung tinggi hak asasi manusia, artinya negara ....
a. Menjamin hak asasi manusia
b. Perjuangan hak asasi manusia
c. Melindungi hak asasi manusia
d. Mengakui dan menghormati hak asasi manusia (ada soalserupa, option nya yg D)
55. Pembelajaran remedial hendaknya memungkikan akseptor didik untuk berguru sesuai dengan daya tangkap, kesempatan dan gaya berguru masing-masing. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran remedial ...
a. Pemberian umpan balik
b. Interaktif
c. Fleksibel
d. adaptif
56. Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 menawarkan jaminan wacana ...
a. Kebebasan beropini dan berorganisasi
b. Memperoleh kehidupan yang layak
c. Kebebasan memperoleh pendidikan
d. Kebebasan menganut agama
57. Fungsi penegakan aturan di negara kita ialah sebagai sarana untuk ....
a. Mewujudkan aturan yang masih aneh menjadi konkrit
b. Memahami aturan dan undang-undang dengan baik
c. Menjunjung tinggi pelaksanaan aturan dan undang-undang
d. Menghayati pengertian aturan yang berkeadilan
58. Andik kesulitan menguasai kompetensi bahasa daerah, alasannya ialah berasal dari tempat lain. Hal ini menjadi pertimbangan guru dalam menentukan metode pembelajaran remedial sesuai ..... kesulitan belajar.
a. Latar belakang
b. Jenis
c. Tujuan
d. sifat
59. Perhatikan data nilai pengetahuan Lila berikut
Nilai PH : 70, 80, 90
Nilai PTS : 70
Nilai PAS : 90
Jika peniaian harian mempunyai bobot 2, evaluasi tengah semester bobot 1, evaluasi selesai semester bobot 1. Berapakah nilai selesai (NA) Lila?
a. 85
b. 90
c. 70
d. 80
60. Contoh sikap yang terdapat dalam masyarakat yang melanggar hak asasi insan ialah ....
a. Setiap orang berhak membentuk satu keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang tidak diakui oleh negara
b. Setiap orang berhak untuk membentuk satu keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah
c. Setiap orang berhak untuk melaksanakan pemungutan dengan mengatasnamakan negara
d. Setiap orang berhak untuk tidak menyekolahkan anaknya
61. Contoh sikap menghormati pelaksanaan hak asasi insan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila antara lain ....
a. Selalu bekerja keras
b. Melakukan musyawarah untuk mufakat
c. Menikmati hasil karya orang lain
d. Cinta tanah air dan bangsa
62. Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur seluruh tema dalam satu semester disebut ....
a. Penilaian harian
b. Penilaian selesai semester
c. Penilaian tengah semester
d. Ujian sekolah
63. Berbagai instrumen hak asasi insan yang dimiliki negara republik indonesia ialah sebagai berikut, kecuali ...
a. Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998
b. UUD 1945 pasal 28
c. Undang-undang nomor 39 tahun 1999
d. Undang-undang dasar 1945 pasal 1 ayat 1
64. Prinsip penegakan hak asasi insan antara lain berlaku adil terhadap sesama. Maknanya ialah ....
a. Menegakkan kebenaran
b. Menghargai sesama insan sesuai harkatnya
c. Memberi hak dan kebebasan yang sama
d. Tidak main hakim sendiri
65. Norma aturan mempunyai keunggulan dibanding norma-norma yang lain, terletak pada ....
a. Kekuatan mengikatnya
b. Hukumannya yang bersifat fisik
c. Luasnya ruang lingkup berlakunya norma itu
d. Kepatuhan insan terhadap norma itu
66. Perhatikan data nilai keterampilan berikut!
Nama siswa | Praktek | Proyek |
Dina | 70 | 80 | 80 | 82 | - |
| | | | | |
Berdasarkan data di atas, maka nilai keterampilan adalah....
a. 78
b. 81
c. 82
d. 80
67. Berikut yang tidak termasuk kegiatan upaya proteksi hak asasi insan dalam masyarakat sekitar ialah ...
a. Berdiam diri alasannya ialah dilema HAM ialah tanggung jawab Komnas HAM
b. Menyampaikan usulan mengenai perumusan kebijakan yang berkaitan dengan HAM
c. Menyampaikan laporan apabila terjadi praktik pelanggaran HAM
d. Menyebarluaskan isu mengenai HAM kepada masyarakat sekitar
68. Upaya untuk melindungi anak dari kegiatan pelanggaran hak asasi insan dilakukan dengan cara ...
a. Menanggung semua biaya pengobatan korban
b. Merehabilitasi korban untuk mengembalikan nama baiknya
c. Memberi denda besar besar sesuai perbuatannya
d. Memberikan eksekusi seberat-beratnya bagi pelanggar
69. Perhatikan tabel di bawah ini!
Nama | T1 | T2 |
Abi | 81 | 65 |
Boby | 83 | 68 |
Caca | 74 | 78 |
Didin | 77 | 73 |
Fajar | 68 | 80 |
Jika KKM ditetapkan 75, maka kelompok akseptor didik yang telah mencapai ketuntasan berguru adalah....
a. Boby, Caca dan Fajar
b. Abi, Boby dan Caca
c. Abi, Boby dan Didin
d. Boby, Caca dan Didin
70. Contoh penerapan hak asasi insan antara lain bahwa keputusan bersama akan lebih baik daripada keputusan pribadi dalam kehidupan masyarakat, alasannya ialah ...
a. Meninggalkan kepentingan individu
b. Berorientasi pada kepentingan mayoritas
c. Berorientasi pada kepentingan minoritas
d. Mengakomodasi kepentingan seluruh pihak