Tuesday, July 4, 2017

Karakteristik Negara Tajikistan Dan Fakta-Faktanya

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah menyerupai Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Barat dan lain sebagainya. Setiap wilayah di benua Asia mempunyai karakteristiknya masing- masing. Karakteristik ini sanggup jadi keadaan geografis  menyerupai bentang alam, iklim, topografi dan lain sebagainya. Sementara itu ada pula karakteristik lain menyerupai budaya, susila istiadat, dan lain sebagainya.


Begitu besarnya wilayah benua Asia, mengakibatkan negara yang berada di benua ini pun juga sangat banyak. Bila kita hitung, setidaknya ada lebih dari 50 negara yang berada di benua Asia. Beberapa diantara negara- negara di benua Asia yaitu negara maju dan populer di dunia, namun disamping itu jauh lebih banyak negara berkembang yang beberapa masih abnormal terdengar di indera pendengaran kita. salah satu negara yang berada di benua Asia yaitu Negara Tajikistan. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas info mengenai negara Tajikistan.


Pernahkah kalian mendengar mengenai negara Tajikistan? Dilihat dari namanya, negara ini menyerupai negara- negara yang berada di daerah Timur Tengah ya? Negara lain dengan nama yang menyerupai ialah Uzbekistan, Pakistan, Kirgiztan, dan lain sebagainya. Oke, mari kita bahas mengenai negara Tajikistan ini. Republik Tajikistan merupakan sebuah negara sempalan dari Uni Sovyet yang berada di daerah Asia Tengah. Negara ini mempunyai keadaan geografis yang berupa dataran tinggi dan tidak berbatasan dengan laut. Beberapa info mengenai negara Tajikistan antara lain sebagai berikut:



  • Ibukota negara : Dushanbe

  • Bahasa Resmi : Bahasa Tajik dan Bahasa Rusia

  • Bentuk Pemerintahan : Republik semi presidensial

  • Tanggal kemerdekaan : 9 September 1991

  • Dimerdekakan oleh : Uni Sovyet

  • Jumlah penduduk : 8.354.000 (perkiraan tahun 2015)

  • Luas perairan : 1,8 %

  • Mata uang : Somoni


Itulah beberapa info mengenai Republik Tajikistan. Negara Tajikistan tidak berbeda jauh dengan negara- negara lain sesudah merdeka, dimana pemberontakan atau perang terjadi di negara tersebut. Setelah merdeka, negara Tajikistan dilanda perang saudara selama 5 tahun, tepatnya pada tahun 1992 hingga 1997. Setelah perang berakhir, stabilitas politik yang gres didirikan dan dengan pinjaman negara abnormal telah memungkinkan perekonomian negara ini berkembang. namun pada tahun 2012 negara ini kembali mengalami perang dengan hasil selesai yang kurang jelas.


Setiap negara mempunyai batas- batas negara yang merupakan selesai dari wilayah negaranya. Sama halnya dengan negara Tajikistan ini. Batas- batas negara Tajikistan antara lain sebagai berikut:



  • Sebelah selatan : Afganistan

  • Sebelah timur : Republik Rakyat Tiongkok

  • Sebelah utara : Kirgiztan

  • Sebelah barat : Uzbekistan


Itulah beberapa batasan negara Tajikistan. Bila kita lihat maka keempat batasan negara ini merupakan negara lain, dan tidak berbatasan dengan laut. Artinya negara ini tidak mempunyai garis pantai dan tidak mempunyai wilayah yang berupa perairan.


Penduduk di suatu negara biasanya terdiri dari beberapa suku dan juga etnis, artinya tidak hanya satu golongan penduduk saja. Adapun penduduk yang menempati wilayah negara Tajikistan sebagian besar merupakan etnis Tajik. Etnis Tajik ini berkomunikasi memakai bahasa Persia. Etnis ini juga mengembangkan sejarah, bahasa, dan budaya dengan negara Afganistan dan juga Iran. Kepadatan penduduk di wilayah negara Tajikistan ini rata- rata yaitu 57/ km persegi.


Perekonomian merupakan sebuah aspek yang sangat penting bagi suatu negara. Perekonomian merupakan penentu dari kemakmuran kehidupan masyarakat negara tersebut. Perekonomian biasanya ditopang dari perdagangan hasil komoditas yang dimiliki suatu negara. Komoditan yang menjadi andalan atau banyak dihasilkan oleh negara sanggup dijual ke negara lain (diekspor) yang pada balasannya akan menjadi sumber penghasilan bagi negara tersebut. Dengan demikian bertahap perekonomian rakyat tersebut juga akan maju. Sama halnya dengan negara Tajikistan ini, yang juga ditopang oleh hasil perdagangan. Adapun hasil utama perdagangan atau komoditas yang dihasilkan oleh negara ini yaitu berupa kapas, aluminium dan juga uranium.


Nah itulah sebagian info mengenai negara Tajikistan. Memang tidak banyak info yang beredar mengenai negara ini. di negara Tajikistan ini ada yang unik, dimana pemerintahnya menerbitkan hukum mengenai busana yang pantas dan tidak pantas dikenakan oleh kaum wanita, baik di tempat kerja, saat hari libur nasional, bahkan di selesai pekan. Dari aturan-aturan berpakaian tersebut, beberapa diantaranya yaitu pemerintah Tajikistan tidak menganjurkan perempuan memakai pakaian hitam, kerudung atau jilbab, pakaian kebarat- baratan menyerupai rok mini atau gaul yang kelihatan belahan dada atau punggungnya. Meskipun secara umum dikuasai penduduk negara ini merupakan penduduk muslim, namun pemerintah berusaha bersikap sekuler untuk mempertahankan budaya tradisional negaranya. Nah, sekian info yang sanggup kami sampaikan mengenai negara Tajikistan, agar bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com