Sunday, June 11, 2017

Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Worklife), Tujuan, Manfaat, Indikator, Cara Meningkatkan Terlengkap

Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Worklife), Tujuan, Manfaat, Indikator, Cara Meningkatkan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal kualitas kehidupan kerja atau dalam bahasa Inggrisnya Quality of Worklife. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, indikator dan cara meningkatkan kualitas kehidupan kerja dengan pembahasan lengkap dan ringan dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)


Kualitas kehidupan kerja atau disebut dengan Quality of Worklife ialah pendekatan sistem administrasi atau cara pandang organisasi yang bertujuan untuk melaksanakan peningkatan kualitas kehidupan karyawan dalam lingkungan kerja dengan cara simultan dan berkesinambungan.


Kualitas kehidupan kerja sanggup dijalankan dengan memperlihatkan perasaan kondusif dalam bekejera, kepuasan kerja, menghargai dalam bekerjan dan tercipta suatu kondisi untuk tumbuh dan berkembang sehingga meningkatkan harkat dan martabat karyawan.


Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja Menurut Para Ahli

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal kualitas kehidupan kerja atau dala Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Worklife), Tujuan, Manfaat, Indikator, Cara Meningkatkan Terlengkap


1.Arnold dan Feldman (1986) dalam Anggraeni (2009)

Arnold dan Feldman menyampaikan kualitas kehidupan kerja bertujuan untuk membuat kondisi organisasi yang sanggup membantu pengembangan karyawan untuk belajar.


2.Nadler dan Lawler dalam Soedarnoto (1997)

Nadler dan Lawler menyampaikan komponen kualitas kehidupan kerja merupakan pemecahan persoalan partisipasif, sistem penghargaan yang inovatif, restrukturisasi pekerjaan dan memperbaiki lingkungan kerja.


3.Wayne (1992) dalam Usman (2009)

Wayne menyampaikan kualitas kehidupan kerja ialah aktivitas menyeluruh yang meliputi banyak kebutuhan dan keinginan.


Tujuan Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)


Kualitas kehidupan kerja ditentukan oleh perusahaan sangat memberi laba untuk karyawan, perusahaan dan konsumen. Untuk karyawan, kualitas kehidupan kerja sanggup memuaskan kebutuhan langsung karyawan.


Untuk perusahaan maupun organisasi sanggup mengurangi tingkat ketidakhadiran dan perputaran tenaga kerja dan juga meningkatkan produktivitas. Sedangkan untuk konsumen peningkatan kualitas kehidupan kerja sanggup menaikkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan maupun organisasi melalui karyawannya.


Gitosudarmo (2000) menyatakan, terdapat empat tujuan dan sasaran dari kualitas kehidupan kerja yakni berikut ini:



  • Program kualitas kehidupan kerja menyebabkan tercipta organisasi yang lebih demokratis yang mana setiap orang memiliki bunyi pada suatu yang menjadi efek kehidupannya.

  • Memberikan andil imbalan finansial dari organisasi menyebabkan masing-masing orang memperoleh manfaat dari kolaborasi yang lebih besar, produktivitas lebih tinggi dan peningkatan profitabilitas

  • Mencari cara untuk membuat kondusif kerja yang lebih besar dengan melaksanakan peningkatan daya hidup organisasi dan lebih meningkatkan hak karyawan

  • Meningkatkan pengembangan individu dengan membuat kondisi yang mendukung pada pertumbuhan pribadi.


Manfaat Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)


Harsono (2005) menyatakan, kualitas kehidupan kerja memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut:



  • Terjadi peningkatan sopan santun kerja, berkurangnya stress dan turn over

  • Terjadi peningkatan motivasi

  • Terjadi peningkatan pujian kerja

  • Terjadi peningkatan kompetensi

  • Terjadi peningkatan kepuasan

  • Terjadi peningkatan komitmen

  • Terjadi peningkatan produktivitas


Cara Meningkatkan Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)


Untuk meningkatkan atau pengembangan kualitas kehidupan kerja Anatan dan Ellitan (2007) menyatakan, langkah-langkah yang dijalankan perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja sanggup dengan melaksanakan kegiatan berikut ini:



  • Memberikan ide-ide pemecahan persoalan dengan partisipasif yang mengikutsertakan anggota organisasi terhadap seluruh jenjang. Membuat kolaborasi administrasi tenaga kerja dan administrasi partisipasif dalam upaya mengidentifikasi persoalan dan peluang pada lingkungan kerja atau organisasi, mengambil keputusan dan melaksanakan perubahan

  • Merestruksi sifat dasar pekerjaan yang dijalankan oleh pekerja dan sistem-sistem kerja yang menjadi ruang lingkupnya, sehingga pengaturan kerja dan rangkaian kerja lebih konsisten dengan kebutuhaa-kebutuhan masing-masing individu dan struktur-struktur sosial pada kawasan kerja

  • Membuat sistem reward inovatif yang akan memperlihatkan iklim yang tidak sama dalam organisasi. Hal ini sebab sistem imbalan merupakan faktor yang diutamakan dalam memotivasi kerja dan perjuangan karyawan yang saat gilirannya nanti akan meningkatkan kinerja organisasi.

  • Memperbaiki lingkungan kerja yang ditekankan pada keadaan bahu-membahu yang meliputi pekerja-pekerja, didalamnya ada lingkungan fisik, jam kerja, dan peraturan yang diberlakukan.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Worklife), Tujuan, Manfaat, Indikator, Cara Meningkatkan Terlengkap supaya sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


Silakan Baca Juga:




Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id