Thursday, May 18, 2017

√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis Dampaknya

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media umum dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini.



Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya


Mari kita bahas pengertian media umum terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Media Sosial


Secara umum media umum merupakan suatu media daring dengan para pemakainya sanggup dengan gampang berpartisipasi, berbagi, yang membuat yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, lembaga dan dunia virtual. Namun ada pendapat lain dari beberapa para andal perihal apa itu media sosial.


Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli


Berikut kata para andal perihal apa itu media umum yang bisa kita simak berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.


1. Sam Decker


Pengertian media umum berdasarkan Sam Decker yaitu konten digital dan interaksi yang dibentuk oleh dan antar satu sama lain.


2. Marjorie Clayman


Pengertian media umum berdasarkan Marjorie Clayman yaitu alat pemasaran gres yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.


3. Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:258)


Pengertian media umum berdasarkan Philip Kotler dan Kevin Keller yaitu sarana bagi konsumen untuk banyak sekali gosip teks, gambar, video dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.


4. Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007:3)


Pengertian media umum berdasarkan Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba yaitu situs jaringan sosial contohnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibentuk oleh orang lain dengan suatu sistem.


5. Lisa Buyer


Pengertian media umum berdasarkan Lisa Buyer yaitu bentuk kekerabatan masyarakat yang paling transparan, menarik dan interaktif ketika ini.


6. Andreas Kaplan dan Michael Haenlien


Pengertian media umum berdasarkan Andreas Kaplan dan Michael Haenlien yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.


7. Antony Mayfield (2008)


Pengertian media umum berdasarkan Antony Mayfield yaitu media yang penggunanya gampang berpartisipasi, membuatkan dan membuat peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).


8. Mark Hopkins (2008)


Pengertian media umum berdasarkan Mark Hopkins yaitu istilah yang tidak hanya meliputi banyak sekali platform media gres tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem ibarat FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya yaitu bahwa banyak sekali platform media yang mempunyai komponene sosial dan sebagai media komunikasi publik.


Karakteristik Media Sosial


Karakteristik dari media umum yaitu sebagai berikut:



  • Partisipasi

    Media sosial merupakan sebagai pendorong adanya bantuan dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau mempunyai minat memakainya, hingga bisa mengaburkan batas antara media dan audience.

  • Keterbukaan

    Banyak media umum yang terbuka untuk umpan balik dan juga partisipasi melalui suatu voting, membuatkan dan juga komentar. Kadang-kadang batasan untuk mengakses dan menggunakan isi pesan (perlindungan password pada isi cenderung dianggap aneh)

  • Perbincangan

    Media sosial sangat mungkin membuat adanya perbincangan ataupun pemakaian secara dua arah.

  • Keterhubungan

    Banyak media umum berkembang pesat sebab mempunyai suatu kemampuan yang bisa melayani keterhubungan antar pemakainya, melalui suatu kemudahan tautan (links) ke website, sumber gosip dan bagi pemakai lainnnya.


Fungsi Media Sosial


Terdapat beberapa fungsi dari media sosial, antara lain:



  • Untuk meluaskan interaksi sosial insan dengan menggunakan internet dan teknologi web

  • Melakukan transformasi praktik komunikasi satu arah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many)

  • Sebagai proteksi demokratisasi pengetahuan dan juga informasi

  • Melakukan transformasi insan dari pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.


Puntoadi (2011:5) mengemukakan, pemakaian media umum mempunyai fungsi antara lain:



  • Membangun personal branding lewat sosial media merupakan tidak mengenal trik atau popularitas semu, sebab audience yang akan menentukan. Berbagai sosial media menjadi media untuk orang yang melaksanakan komunikasi, berdiskusi, dan juga mengatakan suatu popularitas di media sosial.

  • Memberikan suatu kesempatan yang fungsinya interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial memperlihatkan content komunikasi yang lebih individual. Melalui media umum juga banyak sekali kalangan pemasar bisa mengetahui kebiasaasn dari konsumen mereka dan melaksanakan suatu interaksi secara personal dan juga bisa membangun suatu ketertarikan yang lebih dalam.


Jenis-Jenis Media Sosial


Kotler dan Keller mengemukakan terdapat tiga platform utama dalam media sosial, yakni:



  • Online Communities And Forums

    Ada banyak sekali bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, yang mana banyak dibentuk oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa ada bunga komersial ataupun afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas online dan lembaga ini didukung oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain dengan lewan posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi perihal minat khusus yang sanggup berkaitan dengan produk perusahaan dan merek.

  • Blogs

    Ada sekitar 3 juta pemakai blog dan mereka sangat bervariasi, sebagian dalam bentuk blog priadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, dan juga yang lainnya dibentuk untuk menjangkau dan menghipnotis khalayak luas.

  • Social Networks

    Jaringan sosial sudah menjadi kekuatan yang utama baik pada bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya yaitu facebook, messanger, twitter dan lain-lain. Jaringan yang berbeda itu memperlihatkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.


Sedangkan berdasarkan Puntoadi (2011:34), terdapat beberapa jenis atau macam media sosial, antara lain yakni:



  • Bookmarking

    Bookmarking memperlihatkan peluang untuk menshare link dan tagh yang menjadi minat. Hal itu mempunyai tujuan supaya setiap orang sanggup menikmati yang kita sukai.

  • Contenc Sharing

    Melalui situs content sharing tersebut orang membuat banyak sekali media dan publikasi untuk membuatkan kepada orang lain. Youtube dan Flickr yaitu situs content sharing yang serinkali dikunjungi oleh banyak orang.

  • Wiki

    Sebagai situs yang mempunyai bermacam-macam karakteristik yang berbeda ibarat situs knowledge sharing, wikitravel yang mempunyai fokus terhadap gosip tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.

  • Flickr

    Situs milik Yahoo ini yaitu situs khusus dalam membuatkan image sharing dengan kontributor yang andal pada masing bidang fotografi diseluruh dunia. Flickr membuat photo catalog yang masing-masing produk sanggup dipasarkan.

  • Social Network

    Kegiatan yang menggunakan fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjadil suatu hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking itu antara lain Linkedin, facebook dan My Space.

  • Creating Opinion

    Media sosial ini memperlihatkan sarana untuk membuatkan pendapat dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui creating opinion, seluruh orang sanggup menjadi penulis, jurnasil dan juga komentator.


Kaplan dan Haenlien juga mengemukakan jenis-jenis media umum antara lain:



  • Konten

    Pengguna situs ini mengatakan klik pada setiap konten saham konten media, ibarat gambar, video, ebook dan lain sebagainya.

  • Proyek Kolaborasi

    Situs ini memungkinkan pemakai sanggup mengubah, menambah, maupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Seperti Wikipedia

  • Blog dan Microblog

    Pemakai bebas dalam mengekspresikan suatu hal ibarat ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya yaitu Twitter.

  • Virtual Game World

    Virtual yaitu dunia yang membuat pemakainya merasa hidup maya, ibarat dunia game yang virtual berinteraksi dengan orang lain. Tetapi dunia virual sosial lebih luas dan lebih mengarah pada kehidupan ibarat second life.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal media umum √ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis  Dampaknya


Dampak Media Sosial


Suatu media umum niscaya mempunyai suatu dampak baik secara positif ataupun negatif. Berikut yaitu dampak dampak dari sosial media:


Dampak Positif Media Sosial


Dampak secara positif dari media umum adalah:



  • Silaturahim menjadi lebih erat

  • Memberikan ruang untuk berpesan positif. Sosial media sudah banyak digunakan oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.

  • Hubungan pertemanan menjadi lebih akrab

  • Informasi yang sempurna dan akurat selalu tersedia

  • Wawasan dan pengetahuan menjadi bertambah


Dampak Negatif Media Sosial


Dampak secara negatif dari media umum adalah:



  • Penipuan

  • dsfkjdggrafi

  • Prostitusi

  • Media untuk menyebarkan ideologi yang sangat efektif dan efisien

  • Anak dan cukup umur menjadi malas mencar ilmu untuk berkomunikasi pada dunia nyata.

  • Situs jejaring sosial menjadi kawasan untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk melaksanakan kejahatan.

  • Remaja dan anak, gampang mengeluarkan bahasa apapun pada media sosial.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id