Monday, January 6, 2020

√ Pengertian Dan Manfaat Klorin

Kebanyakan orang pastinya lebih familiar pada kaporit ketimbang dengan yang disebut klorin, sementara sebutan untuk keduanya tersebut yaitu untuk materi yang tak berbeda. Kaporit penyebutan mudah kebanyakan orang bagi Kalsium hipoklorit. Pada postingan kali ini akan mengulas perihal klorin berkaitan dengan pengertian dan keuntungannya dalam kehidupan. Langsung saja simak ulasannya supaya bermanfaat!


Klorin yaitu sebuah materi kimia yang digunakan secara umum untuk pemutih serta desinfektan. Dalam suhu ruang, klorin berwujud gas yang mempunyai warna kuning agak hijau serta mempunyai aroma tajam dan sanggup menciptakan iritasi. Klorin (C12) sanggup berbentuk cair, gas dan padat. Klorin bersifat reaktif dan paling umum ditemukan dalam gabungan senyawa lain. Klorin juga salah satu yang paling umum dari elemen. Garam dan senyawa lain dalam air bahari merupakan sumber besar klorin.


Klorin (C12) sanggup berwujud padat, gas serta cair. Klorin berkarakter cenderung bereaksi dan sangat umum dijumpai pada gabungan senyawa lain. klorin pula merupakan satu diantara yang sangat umum pada elemen. Sebagian besar klorin berasal dari garam dan senyawa lain pada air laut. Unsur kimia dengan nomor atom 17 ini merupakan salah satu dari sepuluh materi kimia yang mempunyai tingkat produksi paling tinggi di AS. Klorin diproduksi secara komersial oleh elektrolisis natrium klorida air garam. Bahan kimia yang bernomor atom17 tersebut yaitu cuilan dalam sepuluh senyawa kimia yang mempunyai level produksi sangat tinggi di Amerika Serikat.


Klorin dan Kaporit yaitu istilah yang digunakan untuk menyebut zat yang sama. Kaporit yaitu bahasa awam dari Kalsium hipoklorit yaitu senyawa klorin (Cl2) yang banyak digunakan sebagai pemutih dan desinfektan. Klorin yaitu unsur halogen yang paling banyak terdapat dialam namun jarang ditemui dalam bentuk bebas.


Pada umumnya klorin di temukan dalam bentuk garam halida dan ion klorida (Lihat: sifat-sifat unsur Halogen). Sumber utama klorin yaitu air laut. Dalam air bahari klorin berbentuk ion klorida. Pada proses pembuatan garam, ion klorida akan berikatan dengan unsur Natrium membentuk garam Natrium klorida atau garam dapur.


Klorin pada suhu kamar berbentuk gas. Pada suhu dibawah -34’C berbentuk cair dan pada suhu dibawah -103’C berbentuk kristal berwarna kekuningan. Untuk mendapat gas klorin sanggup dilakukan dengan melaksanakan reaksi elektrolisis garam dapur atau dengan cara menambahkan larutan asam klorida (HCl) pada lempeng mangan oksida(MnO2). Dari beberapa hasil penelitian di ketahui bahwa elektrolisa garam merupakan cara paling efektif dalam memperoleh gas klorin. Berikut ini yaitu pola reaksi yang menghasilkan gas klorin


Dalam kehidupan manusia, klorin memegang peranan penting yaitu banyak benda-benda yang kita gunakan sehari-hari mengandung klorin menyerupai peralatan rumah tangga, alat-alat kesehatan, kertas, obat dan produk farmasi, pendingin, semprotan, pembersih, pelarut, dan aneka macam produk lainnya (Hasan, 2006; Retnowati, 2008).  Pada industri tekstil dan kertas, senyawa klorin baik dalam bentuk klorin dioksida (ClO2) atau sodium hipoklorid (NaOCl). Pemutihan dengan memakai klorin, proses oksidasinya selalu melibatkan atom Cl. Jika sebuah oksidator melepaskan elektron, maka akan terjadi proses oksidasi dan struktur kimia dari molekul tersebut berubah dan warnanya juga berubah (Retnowati, 2008). Penggunaan senyawa klorin sebagai pemutih memungkinkan terjadinya produk samping atau limbah yang berbahaya bagi lingkungan (Jayanudin et al., 2010).


Manfaat klorin



  1. Desinfektan. Klorin digunakan untuk desinfeksi air termasuk air untuk mandi, kolam renang dan juga air minum. Klorin digunakan sebagai desinfektan air minum sebab mempunyai imbas sanggup mem-bu-nuh basil E. sdfdf serta Giardia dan harganya murah. Penambahan klorin pada air minum dimulai semenjak tahun 1800. Sejak tahun 1904, penambahan klorin pada air minum menjadi standar yang harus dipenuhi penyedia layanan air minum sampai sekarang.1 Termasuk pada air PDAM kita lho. Cairan klorin juga sanggup digunakan sebagai cairan pembersih alat-alat rumah tangga.2 Di bidang kesehatan, larutan klorin 0,5% telah semenjak usang digunakan untuk dekontaminasi alat-alat bedah menyerupai jahit set dan partus set.Kebanyakan orang pastinya lebih familiar pada kaporit ketimbang dengan yang disebut klorin √ Pengertian dan manfaat Klorin

  2. Pemutih. Pada proses produksi kertas dan pakaian, klorin digunakan sebagai cairan pemutih (bleaching). Di pasaran, klorin dikemas sebagai agent pemutih pakaian dengan aneka macam merk. Bahan dasarnya dibentuk dari natrium hidroksida dan gas klor (gas klorin dialirkan ke dalam larutan natrium hidroksida sehingga membentuk natrium hipoklorit (NaOCL) yang disebut zat pemutih).

  3. Senjata kimia. Karena efeknya yang sangat iritatif, gas klorin telah digunakan sebagai senjata kimia pada perang dunia ke II



Sumber aciknadzirah.blogspot.com