Monday, January 6, 2020

√ Faktor Yang Mempengaruhi Perembesan Air Oleh Tumbuhan

Pada binatang dan tumbuh-tumbuhan unisel tidak terdapat organ pengangkutan. Peredaran zat-zat dalam badan dilakukan oleh sel itu sendiri. Protoplasma dari sel hewan dan sel tumbuhan yang unisel merupakan sitoplasma dari sel binatang dan sel tumbuhan yang unisel merupakan sistem koloid dan selalu mengalami gerakan sirkulasi, serta sanggup berubah dari fase sol ke gel dan sebaliknya.


Gerakan ini terjadi alasannya adanya perbedaan konsentrasi zat dari bab yang satu dengan bab yang lain, sehingga akan terjadi perpindahan zat dari bab protoplasma yang yang hipertonis ke bab yang hipotonis. Tumbuhan mengambil zat dari lingkungannya sebagian besar dalam bentuk larutan dan gas.


Penyerapan air dan zat yang terlarut di dalamnya


Zat yang terlarut dalam air dihisap dalam bentuk ion dari garam mineral. Penyerapannya dilakukan oleh bab badan tumbuhan yang pribadi berafiliasi dengan air.



  1. Bagian tumbuhan bersel satu dan tumbuhan tingkat rendah yang hidup di dalam air, absorpsi dilakukan oleh seluruh permukaan tubuhnya.

  2. Bagi tumbuhan darat dan tumbuhan tingkat tinggi, penyerapannya dilakukan bab akar yang masih muda.


Faktor-faktor yang ikut berperan dalam absorpsi air.


Imbibisi (imbebere = minum); yaitu kemampuan dinding sel untuk menyerap air dari luar sel (sekelilingnya). Imbibisi terjadi pada benda-benda yang permukaannya terdiri dari bagian-bagian yang sanggup mengikat air. Imbibisi sanggup terjadi contohnya pada biji yang direndam dalam air. Benda yang mengadakan imbibisi sanggup dibagi menjadi dua golongan, ialah:



  • Mengembang dengan terbatas, di mana benda tersebut sehabis mencapai volume tertentu tidak sanggup mengembang lebih besar lagi.

  • Mengembang tak terbatas, di mana bab penyusun benda sanggup terlepas dan mengisi seluruh volume air.


Difusi: perpindahan zat dari larutan yang hipertonis ke larutan yang hipotonis tanpa melalui selaput pemisah.


Osmosis: perpindahan air dari larutan yang hipotonis ke larutan yang hipertonis melalui selaput/membran yang semipermeabel, selaput permeabel yaitu selaput yang sanggup dilalui oleh air dan sabagian zat yang terlarut di dalamnya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com