Tuesday, December 19, 2017

√ Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak


Setiap anak lahir dan dianugrahi otak normal √ Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak


Setiap anak lahir dan dianugrahi otak normal, ia mempunyai potensi kecerdasan. Lalu bagaimana membangun kecerdasan potensial itu semoga menjadi Power of Life?



Kecerdasan dekat kaitannya dengan fungsi otak, organ badan sebagai sentra pengendali aktfitas tubuh. Karenanya kinerja otak berkorelasi dengan kecerdasan dan ini menggambarkan kualitas dan perfoma seseorang sebagai  human being.


Mengoptimalkan Fungsi Otak



Membangun kecerdasan berarti melaksanakan upaya mengoptimalkan fungsi otak, semoga lebih  efektif, efesien dan berkesinambungan. Karenanya perlu memperhatikan apa  yang harus dilakukan, dan apa yang dihentikan dilakukan semoga bisa optimal.



Kita mengagumi cara kerja dan fungsi komputer. Ternyata otak kita mempunyai fungsi yang jauh lebih hebat, dengan kerja  lebih rumit dan kompleks. Para jago terus melaksanakan penelitian untuk menyibak misteri kehebatan otak manusia. Dengan otaknya insan lebih kreatif dan inovatif. Bayangkan, dari insan primitif yang tinggal di goa-goa, dengan kreatifitasnya sekarang bisa membangun "pencakar langit". Lebah dengan otaknya dari dahulu sampai kini, daerah tinggalnya tetap bentuk segi enam, tidak ada perubahan.  Lalu apa yang membedakan otak hewan dan manusia?  


Processor



Setiap anak lahir dan dianugrahi otak normal √ Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak



Prosesor pada komputer, merupakan "otak" yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer. Satuan kecepatan dalam Prosesor yaitu Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz). Semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka  kinerjanya semakin cepat.  Saat ini processor Intel mendominasi pasar computer di dunia alasannya yaitu hampir semua PC memakai microprocessor Intel. Proccessor dari waktu kewaktu terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan kinerja dan efesiensi energi. Sekilas perkembangannya, tahun 1971 diproduksi processor pertama, Intel Processor 4004, dibentuk oleh Perusahaan Intel, Pentium I (dipasarkan 1993)  merupakan penerus dari prosesor 486,  Pentium II (1997), Intel Pentium III (1999), Pentium IV (thn 2000), Core 2 duo (2006) kemudian dikembangkan lagi, generasi penerusnya,…Core i7. Generasi Processor tertinggi yaitu Intel Core i9 hadir Juni 2017 lalu.



Sebagai ‘otak’ dari sebuah sistem komputasi, processor merupakan sesuatu yang sangat vital, mendasar dan penting sehingga menjadi salah satu yang dipertimbangkan secara serius. Tak heran apabila spesifikasi processor kerap ditampilkan sebagai yang utama dalam gosip produk yang memakai processor.


Otak Manusia



Setiap anak lahir dan dianugrahi otak normal √ Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak



Otak insan diciptakan dengan spesifikasi yang relatif sama dalam satu generasi peradaban (ratusan tahun).  Beda dengan spesifikasi processor yang dibentuk beda. Dengan demikian setiap orang mempunyai potensi kecerdasan yang sama pula. Namun otak yang merupakan organ badan yang senantiasa tumbuh dan berkembang maka pertumbuhan perkembangan inilah yang kemudian memilih kualitasnya. Pertumbuhan otak (regenerasi sel) dipengaruhi oleh asupan nutrisi untuk tumbuh. Otakpun menerima stimulus dari rasa, emosi, dan hal yang bersifat kognitif, kemudian akhirnya otak berkembang dan berfungsi sebagai power of life. Maka contoh hidup (pola makan, contoh pikir, termasuk contoh tidur) turut memilih kinerja serta kualitas otak.



____________________


Renungan:



Kenapa A lebih berakal daripada B dikala menuntaskan masalah?



Dengan perkiraan bahwa setiap insan mempunyai otak dengan spesifikasi yang relatif sama. Maka kemungkinan terbesar, alasannya yaitu A lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk mempelajari dilema tersebut, sehingga A lebih menguasai hal tersebut.  .  



Kadang kita mengagumi kepintaran seseorang, alasannya yaitu ia bisa menyelesakan dilema sementara kita tidak bisa.  Kemudian kita menyimpulkan ia lebih pintar, lebih cerdas dibandingkan dengan kita.





Albert Einstein (fisikawan paling besar lengan berkuasa kurun XX) berkata:



Setiap anak lahir dan dianugrahi otak normal √ Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak



"It’s not that I’m so smart, it’s just that I stay with problems longer."



"Bukan alasannya yaitu saya terlalu pintar, itu alasannya yaitu saya lebih mencurahkan banyak waktu mempelajari masalahnya."



_____________________________________



Penulis:  Emris Abe



 



Topik Terkait (klik link berikut):



Tentang Otak Manusia



Proses Penyimpanan Ingatan



Membentak Merusak Sel Otak



Musik Ini Meningkatkan Kecerdasan



Olah Raga ini Mendukung Kinerja Otak



Kurang Tidur Ternyata Merusak Otak



 



Topik lain yang terkait sanggup dibaca pada kategori:



Otak dan Artikel Kecerdasan



 



 



 


Setiap anak lahir dan dianugrahi otak normal √ Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak

Sumber https://idtesis.com