Tuesday, December 19, 2017

√ Insiden Alam Di Indonesia Yang Pernah Terjadi

Indonesia merupakan salah satu negara yang tercatat sebagai negara rawan bencana. Hal ini lantaran beberapa aspeknya menyerupai lokasinya yang dikelilingi oleh cincin api, merupakan tempat bertemunya beberapa lempeng bumi, dan sebagainya. Lalu, apa saja insiden alam di Indonesia yang pernah terjadi dan memperlihatkan imbas kerugian pada ekosistem makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya? Berikut beberapa diantaranya.

1. Gunung Meletus
Peristiwa alam di Indonesia yang sering terjadi ialah gunung meletus. Seperti yang kita tahu, sebagian besar daerah di Indonesia mempunyai gunung berapi yang aktif dan bisa meletus sewaktu-waktu. Walaupun memperlihatkan banyak kerugian menyerupai hilangnya banyak nyawa, ada pula imbas positif dari insiden alam tersebut. Material yang disemburkan ketika gunung berapi meletus sanggup menciptakan tanah menjadi lebih subur lantaran kandungan mineral di material semburan tersebut.

Di Indonesia telah tercatat banyak insiden gunung meletus. Beberapa misalnya ialah yang terjadi pada 2014 kemarin. Pada tahun tersebut, atau tepatnya tanggal 13 Februari, gunung Kelud yang ada di Kediri Jawa Timur meletus dan menjadikan kerugian sampai radius tertentu. Pada tahun yang sama di bulan Januari juga terjadi letusan Gunung Sinabung yang terdapat di Sumatra Utara.

2. Gempa bumi
Peristiwa lainnya yang juga seingkali terjadi di Indonesia ialah gempa bumi. Peristiwa gempa bumi bisa terjadi ketika lempengan bumi mengalami pergerakan atau pergeseran. Akibatnya, ketika gempa terjadi, aneka macam jenis benda yang ada di permukaan tanah akan terasa bergoyang. Ketika terjadi dalam skala besar, salah satu insiden alam di Indonesia tersebut bisa merobohkan apa saja bahkan bangunan bertingkat sekalipun.

Ada banyak masalah gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Salah satunya ialah gempa berkekuatan 6,2 SR yang melanda kabupaten Bener Meriah dan Aceh Utara pada 2 Juli 2013 kemarin. Akibat gempa tersebut, ada sekitar 39 jiwa yang meninggal. Peristiwa gempa bumi juga terjadi di daerah lainnya menyerupai Jawa pada 2 September 2009. Akibat gempa tersebut, sekitar 100 jiwa meninggal dunia.

3. Tsunami
Selain gempa bumi dan gunung meletus, bencana alam di Indonesia yang juga terjadi ialah Tsunami. Tsunami sendiri merupakan insiden naiknya air bahari ke permukaan atau daratan sampai radius yang jauh. Peristiwa tersebut biasanya dipicu oleh gempa atau pergerakan lempeng yang ada di dasar laut. Dari sekian banyak masalah Tsunami yang terjadi di Indonesia, tsunami di Aceh dan Sumatra Utara pada tahun 2004 merupakan salah satu tsunami yang memilukan. Akibat insiden yang terjadi pada Desember 2004 tersebut, sekitar 168.000 warga Indonesia menjadi korbannya. Peristiwa ini bahkan juga memakan korban dari penduduk di negara-negara sekitar Samudra Hindia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang tercatat sebagai negara rawan peristiwa √ Peristiwa Alam di Indonesia yang Pernah Terjadi


4. Banjir bandang
Contoh insiden lainnya yang juga terjadi di Indonesia ialah banjir bandang. Banjir itu sendiri bisa disebabkan oleh faktor insan maupun faktor alam menyerupai tingginya curah hujan di suatu daerah atau acara membuang sampah di sungai yang menciptakan sungai tidak bisa menampung air. Salah satu teladan banjir bandang yang terjadi dalam skala besar ialah Banjir bandang di Langkat Sumatra Utara pada 2003 lalu. Akibat dari salah satu teladan insiden alam di Indonesia tersebut sekitar 129 orang meninggal dunia dan 100 orang lainnya dinyatakan hilang.

5. Tanah Longsor
Tanah longsor juga merupakan salah satu insiden yang seringkali terjadi di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Bencana alam tersebut bisa terjadi tanggapan ulah insan maupun faktor alam itu sendiri. Ketika insan seringkali menebang hutan, kepadatan tanah menjadi berkurang. Akibatnya, ketika hujan turun, tanah tidak bisa menampung air yang meresap sampai hasilnya terjadilah tanah longsor.

Di tahun 2014, telah tercatat ada 413kejadian tanah longsor di Indonesia. Di tahun tersebut, tercatat sekitar 343 jiwa meninggal dunia tanggapan tanah longsor. Berdasarkan tingkat terjadinya, peristiwa ini paling sering melanda daerah Sumatra Selatan disusul dengan provinsi Jawa Tengah dengan 272 kasus, Jawa Timur dengan 213 kasus, Aceh dengan 51 kasus, dan Jawa Barat yang mempunyai 290 masalah tanah longsor.

6. Badai atau angin ribut
Selain beberapa insiden alam di Indonesia sebagaimana yang disebutkan di atas, jenis insiden lainnya yang juga seringkali terjadi ialah angin kencang atau angin ribut atau juga angin topan. Bencana alam yang satu ini terjadi ketika ada perbedaan suhu dan tekanan di udara sehingga menjadikan hembusan kencang yang bisa merusak benda-benda yang dilaluinya. Di Indonesia, salah satu jenis angin kencang yakni puting beliung, pada 2014 saja telah tercatat terjadi sebanyak 496 kejadian.

Demikian beberapa teladan insiden alam yang pernah terjadi di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak teladan insiden alam di Indonesia, manakah yang pernah terjadi di sekitar tempat Anda tinggal?
Sumber http://www.geologinesia.com