Wednesday, October 18, 2017

√ Cara Menciptakan Induktor (Coil) Yang Berinti Udara

Cara Membuat Induktor (Coil) yang berinti Udara – Induktor atau Coil merupakan Komponen Elektronika yang penting untuk sebuah Rangkaian yang berkaitan Frekuensi Radio (RF) menyerupai pada Antena, Tuner dan Amplifier.  Tetapi kadang kala kita sulit untuk mendapat Komponen Induktor yang sesuai dengan nilai yang dibutuhkan oleh Rangkaian Frekuensi Radio kita. Sebagai seorang penghobi Elektronika, tentunya kita mempunyai cara untuk mendapat komponen tersebut yaitu dengan merakit atau menciptakan sendiri Induktor tersebut sesuai dengan nilai Induktansi yang kita inginkan. Caranya pun tidak mengecewakan mudah.

Baca juga : Pengertian Induktor dan Jenis-jenisnya.


Rumus dan Cara menciptakan Induktor yang berinti Udara (Air Inductor)


Berikut ini aku coba menyebarkan cara untuk membuat Induktor yang berinti Udara. Hal yang terpenting yaitu mengetahui rumus untuk mendapat nilai Induktansi yang diinginkan.


Rumusnya yaitu sebagai berikut :


L = [d2 n2] / [18d + 40l]


Dimana :

L = Nilai Induktansi dalam satuan Mikro Henry (µH)

d = Diameter Koil dalam satuan Inci

l = Panjang Koil dalam satuan Inci

n = Jumlah Lilitan


Catatan :

Panjang Coil (Induktor) harus sama dengan atau 0.4 kali lebih besar dari diameter Coil (inductor).


Kawat yang dipakai untuk Induktor pada umumnya yaitu Kawat Tembaga yang dibungkus oleh Insulator. Carikan Inti sementara yang sesuai dengan Diameter Induktor yang dinginkan. Induktor atau Coil harus dililit secara ketat dan diusahakan untuk dililit sedekat mungkin. Setelah dililit sesuai dengan panjang yang diinginkan, tarik atau keluarkan pelan-pelan inti sementara tersebut biar tidak menganggu Induktor yang telah dililit, lalu berikan sedikit Epoxy (perekat) biar lilitan Induktor (Coil) tidak gampang merenggang. Terakhir, lepaskan Insulator Kawat pada kedua ujung Induktor biar sanggup disolder atau menghantar arus listrik.


Contoh Kasus :


Seorang penghobi Elektronika memerlukan Induktor yang bernilai Induktansi 5 µH yang diperuntukan rangkaian Frekuensi Radionya. Diameter Induktor yaitu 0.5 inci dan panjang Induktor tersebut yaitu 1 inci. Berapakan lilitan yang diharapkan ?


Penyelesaiannya :


Berdasarkan soal diatas maka diketahu bahwa :

L = 5 µH

d = 0.5 inci

l = 1 inci

n = ?


n = √{L [18d + 40l]} / d

n =√{5 [(18×0.5) + (40×1)]} / 0.5

n = 31 lilit.


Artinya, untuk mendapat nilai Induktansi 5 µH diharapkan 31 lilitan sesuai dengan diameter dan panjang Induktor yang ditentukan diatas.



Sumber https://teknikelektronika.com/