Wednesday, October 18, 2017

√ Imbas Globalisasi Terhadap Perkembangan Iptek


BAB I
P E N D A H U L U A N
LATAR BELAKANG MASALAH
Globalisasi ialah proses terjadinya ketergantungan antara insan dan antara bangsa yang saling menghipnotis satu sama lainnya .
Sebagaimana kita maklumi bahwa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ialah suatu sarana yang sangat berkembang di Negara kita ketika ini. Di sekitar kita IPTEK telah menjadi suatu tradisi dalam kehidupan sehari – hari. IPTEK telah kita wujudkan dalam kehidupan sehari – hari meskipun kita tidak menyadarinya.                     
Seiring berjalannya waktu, IPTEK telah berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan zaman. Di zaman modern ini IPTEK tidak diragukan lagi dalam kegunaannya. IPTEK telah banyak membantu insan untuk membantu pekerjaannya sehari – hari.
Terlebih lagi di era globalisasi ini IPTEK sangat dibutuhkan keberadaannya. Selain itu di Negara berkembang ibarat di Indonesia, perkembangan IPTEK menjadi salah satu tolak ukur untuk mengetahui seberapa jauh Negara itu berkembang.
Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi gres kapasitas komputer, seolah sudah bisa menggeser posisi kemampuan otak insan dalam banyak sekali bidang ilmu dan aktifitas manusia.
Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai kini benar-benar telah diakui dan dirasakan menunjukkan banyak fasilitas dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan insan tidaklah sanggup dipungkiri. Namun insan tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
http://ulfabachtiar.files.wordpress.com/2011/01/220px-ponsel2007.jpg?w=185&h=135Kalaupun teknologi bisa mengungkap semua tabir belakang layar alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi benar. Sebab IPTEK hanya bisa menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus meliputi pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh alasannya iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.

RUANG LINGKUP PERMASALAHAN
1.     Apa saja efek IPTEK bagi Globalisasi.
2.    Apa faktor dalam globalisasi di bidang IPTEK
3.    Sebutkan dampak dan efek Globalisasi di Bidang IPTEK yang negatife maupun positif nya
4.    Peran IPTEK dalam pendidikan

TUJUAN PEMBAHASAN
-      Tujuan pembahasan Konsep IPTEK dalam Globalisasi ini ialah untuk mengetahui pengaruh-pengaruh IPTEK bagi Globalisasi.
-      Makalah ini sanggup menjadi teladan dalam ihwal teknologi dan pemanfaatannya.
-      Dapat mengetahui manfaat teknologi dalam banyak sekali bidang
-      Dapat mengetahui dampak negatif dari perkembangan teknologi




BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

Pergerakan dunia menuju dunia tanpa batas telah banyak merubah banyak sekali aspek kehidupan.Proses ini menggerakan sumber daya-sumber daya menuju efisiensi yang lebih tinggi.Penyebab hal ini ialah kemajuan Teknologi akhir Globalisasi.    
Pengaruh IPTEK bagi globalisasi sanggup didefinisikan sebagai hilangnya batas ruang,jarak dan waktu akhir kemajuan Teknologi. Globalisasi sebagai fenomena kala 20 yang dihubungkan dengan bangkitnya ekonomi dan perkembangan IPTEK yang di dominasi oleh barat. Bisa dipahami bahwa kebudayaan Barat pun kesudahannya banyak dipengaruhi oleh perkembangan ilmu dan teknologi. Ada daya dorong yang menghipnotis perkembangan ilmu dan teknologi yaitu pandangan untuk menguasai alam. Tiada hari tanpa hasil kreasi dan inovasi.Hasilnya ialah teknologi supra-modern yang mereka miliki sebagaimana kita lihat kini ini, hingga benih-benih Globalisasi muncul
Faktor Globalisasi
Berkembang pesatnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ialah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi warta dan komunikasi, warta dalam bentuk apapun dan untuk banyak sekali kepentingan, sanggup disebarluaskan dengan gampang sehingga sanggup dengan cepat menghipnotis cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa.
 Dampak dan efek Globalisasi di Bidang IPTEK
Pengembangan iptek akhir arus Globalisasi dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini akan memberi umat insan kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Dalam bidang Informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat.Dari kemajuan ini sanggup kita rasakan dampak positif dan negatifnya.
Dampak positif
a. Kita sanggup berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
b. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain.
c. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi penggalan manapun melalui internet. Internet inilah yang paling kuat dalam kemajuan Globalisasi.
 Kita sanggup menjiplak pola berpikir yang baik ibarat etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada kesudahannya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.
e. peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan fasilitas yang menunjukkan efisiensi dalam banyak sekali bidang khususnya dalam dilema waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi Teknologi Informasi yang gampang dilihat di sekitar kita ialah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, alasannya kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan sanggup ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan gampang yaitu dengan basis data (database), dalam acara ekonomi sudah dilakukannnya E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak lagi.
f. Teknologi warta dan komunikasi juga mempunyai kinerja dalam hal sarana pembelajaran. Karena ibarat yang kita ketahui bahwa teknologi warta dan komunikasi kini telah merasuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan. Suatu hal yang tentunya menjadi gebrakan di dunia pendidikan dalam ajang peningkatan potensi pelajar. Selain itu gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup pelajar yang lebih dinamis. Dengan adanya hal tersebut, maka pelajar senantiasa menghidupkan dan menyalurkan semangat untuk mengeksplorasi ilmu yang belum diketahui.

Dampak Negatif
Dari beberapa bahasan di atas mengenai teknologi warta maka sanggup kita ketahui bahwa kalau kita sanggup memanfaatkan teknologi tersebut maka kita akan memperoleh fasilitas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Namun satu hal yang harus kita ingat bahwa perkembangan teknologi tersebut bukannya tanpa ada imbas sampingnya, alasannya justru “crime is product of society it self” yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat intelektualitas suatu masyarakat maka akan semakin canggih dan beraneka-ragam pula tingkat kejahatan yang sanggup terjadi. Sebagi bukti positif kini banyak negara yang dipusingkan oleh kejahatan melalui internet yang dikenal dengan istilah “cyber crime”, belum lagi dampak negatif teknologi warta yang mengakibatkan adanya penurunan moral dengan dijadikannya internet sebagai bisnis maya, dan banyak lagi dampak negatif dari teknologi informasi. Cyber crime merupakan fenomena sosial yang membuka cakrawala keilmuan dalam dunia hukum, betapa suatu kejahatan yang sangat dasyat sanggup dilakukan dengan hanya duduk bagus di depan computer. Cybercrime merupakan sisi gelap dari kemajuan teknologi komunikasi dan warta yang membawa implikasi sangat luas dalam seluruh bidang kehidupan alasannya terkait dekat dengan economic crime dan organized crimes. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, alasannya gaya hidupnya cenderung menjiplak budaya barat yang oleh masyarakat dunia  Munculnya sikap individualisme yang dianggap sebagai kiblat.  menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.
Tanpa ada kata edit, hanya dengan copy paste insan sudah sanggup menuntaskan tugasnya hanya dengan waktu 5 menit. Hal ini membuat insan Indonesia akan lebih bersifat lebih cendrung betergantungan dengan pola pikir orang lain, bukan yang dicetak akan hasil karya sendiri.  Dengan hal ini memang bener bahwa Indonesia miskin akan karya ilmiah dikarenakan warta dan komunikasi yang suka serba instan .
Dengan jaringan yang tersedia, para penjodi tidak perlu pergi ke daerah khusus untuk memenuhi keinginannya. Kita hanya perlu menghindari situs ibarat ini, alasannya umumnya situs perjodian tidak berangasan dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Selain dari hal yang gres saja dijelaskan tadi,internet juga bisa menghipnotis tingkah sosial kita,seperti ; Mengurangi sifat sosial insan alasannya cenderung lebih suka berafiliasi lewat internet daripada bertemu secara pribadi (face to face) Dari sifat sosial yang berubah sanggup mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. Bisa membuat etika seseorang runtuh akhir kecanduan,terutama yang menyangkut p0rn*grafi.

Teknologi mempunyai kiprah yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
a)    Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat    pendidikan. Dampak dari hal ini ialah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b)   Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode gres yang membuat siswa bisa memahami materi-materi yang abstrak, alasannya materi tersebut dengan pertolongan teknologi bisa dibentuk abstrak.
c)    Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga memakai jasa pos internet dan lain-lain.







BAB III
P E N U T U P
Kesimpulan
          Berdasarkan pembahasan diatas , kami selaku kelompok II sanggup menyimpulkan bahwa pada masa - masa kini Indonesia perlu melaksanakan sosialisasi yang berkelanjutan dalam membudayanya IPTEK. Pengenalan IPTEK sanggup di mulai dari tingkat Sekolah Menengah hingga Perguruan Tinggi, juga pelaku industri dan masyarakat umum. Tujuannya ialah membuat generasi yang unggul dan berdikari dalam IPTEK untuk menghadapi era globalisasi. Sebab globalisasi proses  yang tidak bisa dihindari dan dicegah. Globalisasi dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dimana proses yang meliputi keseluruhan dalam banyak sekali bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata. Dalam keadaan global apa saja sanggup masuk sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol.

Saran
Dari judul yang kami angkat kami sanggup member saran, Bahwa di era Globalisasi ini sangat positif dibutuhkan generasi yang unggul dan berdikari dalam IPTEK. Oleh alasannya itu diharapkan sikap positif dari kita dalam mendapatkan perkembangan IPTEK untuk mengimbangi kehidupan kita dalam era Globalisasi ini sehingga tercipta generasi yang tidak tertinggal dalam era globalisasi ini.

Sehingga efek teknologi warta memang mustahil kita tolak atau hindari, kita harus sanggup memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat tetapi disisi lain kita juga harus berhati-hati dan bersikap bijak biar dampak negatif yang menyertainya sanggup kita hilangkan atau paling tidak kita minimalisir, mengenalkan teknologi warta sekaligus pemanfaatannya bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan dan meningkatkan daya nalar dan daya seleksi masyarakat terhadap banyak sekali warta yang membanjir, sehingga masyarakat semakin kritis dan remaja dalam menyikapinya.

Sumber http://risalridwan.blogspot.com