Saturday, July 1, 2017

Pengertian Teks Dongeng Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Pola Terlengkap

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana teks kisah sejarah. Yang mencakup pengertian teks kisah sejarah, struktur teks kisah sejarah, kaidah teks kisah sejarah, ciri-ciri teks kisah sejarah dan jenis-jenis teks kisah sejarah dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Teks Cerita Sejarah


Teks kisah sejarah yakni teks yang memberi ulasan dan bercerita mengenai kenyaan atau fakta dan insiden di masa lampau yang merupakan latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah.


Struktur Teks Cerita Sejarah


Struktur dari teks kisah sejarah yakni sebagai berikut:



  • Orientasi: Adalah bab yang isinya wacana perkenalan atau pembuka dari teks kisah sejarah

  • Urutan Peristiwa: Adalah bab yang isinya wacana rekaman insiden sejarah yang sudah terjadi, seringkali penyampaiannya dengan urutan kronologis

  • Reorientasi: Adalah bab yang isinya komentar pribadi penulis mengenai insiden atau insiden sejarah yang diceritakan. Reorientasi sanggup di beri atau tidak. Hanya sesuai cita-cita dari penulis teks kisah sejarah tersebut.


Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana teks kisah sejarah Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap


Terdapat beberapa kaidah kebahasaan dalam pembuatan teks kisah sejarah, antara lain:



  • Pronomina (kata ganti) Adalah kata yang digunakan untuk sebagai pengganti benda dan memberi nama seseorang atau sesuatu dengan tidak langsung

  • Frasa Adverbial: Adalah kata yang menggambarkan insiden atau kejadian, waktu dan tempat

  • Verb Material: Adalah kata yang fungsinya sebagai petunjuk kegiatan yang dijalankan partisipan, menggambarkan acara fisik atau kejadian, misalnya yakni menulis, mengepel, menyapu dan lain sebagainya.

  • Konjungsi Temporal atau Kata hubung waktu: Adalah kata penghubung yang fungsinya menata urutan insiden yang diceritakan. Seringkali banyak menggunakan kata penghubung temporal


Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah


Ciri-ciri dari teks kisah sejarah antara lain:



  • Penyajiannya secara urutan kronologis insiden atau urutan kejadian

  • Berupa teks kisah ulang (recount)

  • Struktur teks tersusun atas orientasi, urutan peristiwa, reorientasi

  • Umumnya menggunakan konjungsi temporal

  • Isinya merupakan suatu fakta.


Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah


Jenis-jenis atau macam-macam dari teks kisah sejarah fiksi dan teks sejarah non fiksi yaitu sebagai berikut:


Teks Cerita Sejarah Fiksi



  • Novel yakni karya fiksi prosa yang penulisannya secara naratif, seringkali berupa bentuk cerita. Penulis novel disebut dengan novelis.

  • Cerpen atau kisah pendek berupa prosa naratif fiktif. Cerpen cenderung padat dan pribadi menuju tujuan daripada dengan karya fiksi lainnya yang seringkali sangat panjang.

  • Legenda yakni kisah prosa rakyat yang dianggap oleh beberapa orang merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi.

  • Roman yakni jenis karya sastra berupa prosa yang melukiskan tingkah laris pelaku menurut moral dan jiwa masing-masing. Roman disebut juga dengan kisah percintaan.


Teks Cerita Sejarah Non Fiksi



  • Biografi yakni klarifikasi kehidupan seseorang yang ditulis lagi oleh orang lain.

  • Autobiografi yakni kisah atau klarifikasi hidup yang dilutis orang itu sendiri.

  • Cerita Perjalanan yakni teks yang bercerita wacana fakta atau insiden pada masa kemudian yang merupakan latar belangkan seseuatu mempunyai nilai sejarah


Contoh Teks Cerita Sejarah Dengan Strukturnya


Sejarah Instagram


Orientasi

Instagram merupakan sebuah aplikasi untuk mengembangkan foto yang sangat populer, yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, menerapkan dilter digital dan men share ke banyak sekali layanan media sosial, termasuk punya Instagram sendiri.


Kata “Insta” asalnya dari kata “Instan” seolah-olah dengan kamera polaroid yang di masanya lebih terkneal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan kata “gram” asalnya dari kata “telegram” yang prinsip kerjanya untuk mengirimkan gosip kepada orang lain dengan cepat.


Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. yang bangkit pada tahun 2010 yakni perusahana teknologi starup yang berfokus hanya pada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Di awal Burbn, Inc. sendir mempunyai fokus yang terlalu banyak dalam HTML 5 dalam perangkat bergerak, namun dua CEO nya yakni Kevin Systrom dan Mike Krieger tetapkan untuk fokus pada satu hal saja.


Setelah satu ahad mereka melaksanakan percobaan menciptakan suatu inspirasi yang bagus, pada alhasil mereka menciptakan suatu versi pertama dari Burbn, tetapi didalamnya masih ada sebagian hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang telah bisa digunakan iPhone yang berisi banyak fitur.


Sulit untuk Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurani fitur-fitur yang sudah ada, dan memulai lagi dari awal, tetapi alhasil mereka hanyan memfokuskan pada bab foto, komentar dan juga kemampuan unyuk menyukai suatu foto. Itulah yang alhasil menjadi Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook dengan nilai hampi $1 Milliar dalam bentuk tunai dan saham.


Reorientasi

Saat ini banyak anak muda dan juga orang renta mempunyai akun Instagram alasannya yakni semakin populernya aplikasi ini. Dengan instagram kita sanggup melihat kegiatan teman-teman kita dengan melihat foto dan video yang dibagikan, sangat menarik bukan?


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap agar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


Silakan Baca Juga:




Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id