Saturday, July 1, 2017

√ Ada 3 Gaya Belajar, Kenali Biar Berguru Anak Optimal

 orangtua harus sering menghabiskan waktu dengan anak √ Ada 3 Gaya Belajar, Kenali Agar Belajar Anak Optimal
Untuk mengenali gaya berguru anak, orangtua harus sering menghabiskan waktu dengan anak.

Agar anak berguru dengan optimal, sebaiknya menyesuaikan dengan gaya belajarnya. Secara umum, ada tiga gaya berguru anak, adalah visual (penglihatan), auditori (pendengaran), dan kinestetik (gerak). Psikolog anak dan remaja, Putu Andita mengatakan, mengenali gaya berguru lebih gampang dikala anak mulai memasuki TK.

"Kalau masih terlalu kecil belum kelihatan bagaimana gaya belajarnya. Saat TK, anak kan mulai lebih banyak interaksi dan eksplorasi, jadi lebih gampang dikenali," kata Putu yang kutip dari Kompas.com

Anak yang mempunyai gaya visual akan lebih gampang mengerti bila diberikan gambar, video, atau film. Tanda-tandanya, anak juga gampang terganggu bila ada sesuatu yang mengganggu penglihatannya. Misalnya lagi berguru di kelas, kemudian ada orang lewat, ia akan terdistraksi (terganggu).

Baca juga: Tips Menghadapi Anak Malas Supaya Rajin Belajar

Anak yang mempunyai gaya berguru auditori atau telinga lebih gampang menyerap informasi melalui pendengarannya. Anak ini akan lebih gampang memahami sesuatu ketika dibacakan cerita, dibanding ia membacanya sendiri tanpa suara. Dia akan cenderung gampang terganggu bila ada bunyi berisik.

Sedangkan Untuk anak dengan gaya berguru kinestetik, biasanya akan merasa terganggu bila ada yang menyentuhnya. Untuk berguru dengan baik, anak ini tidak dapat hanya duduk bagus saja. Saat membaca, anak dengan gaya berguru kinestetik akan lebih gampang mengerti bila membaca sambil menunjuk aksara di buku.

Anak mungkin saja mempunyai ketiga gaya belajar tersebut. Tetapi, umumnya ada satu gaya berguru yang lebih menonjol. Putu menambahkan, untuk mengenali gaya berguru anak, orangtua harus sering menghabiskan waktu dengan anak. Orangtua perlu mengobservasi anak dan lebih peka.
Sumber http://www.sekolahdasar.net