Sunday, June 18, 2017

√ Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Laba Manfaat

Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan & Manfaat – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Inkaso. Yang mencakup pengertian inkaso, warkat inkaso, jenis-jenis inkaso, mekanisme inkaso, laba dan manfaat inkaso dengan pembahasan lengkap dan ringan dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan & Manfaat


Mari kita bahas pengertian inkaso terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Inkaso


Inkaso merupakan suatu layanan bank dalam penagihan pembayaran terhadap surat atau dokumen berharga kepada pihak ketiga di daerah atau kota lain yang masih didalam negeri.


Pengertian lain dari inkaso yaitu acara jasa Bank untuk menjalankan amanat dari pihak ketiga dalam bentuk penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau tubuh tertentu di kota lain yang sudah ditunjuk oleh yang memberi amanat. Sebagai laba imbalan jasa terhadap jasa tersebut seringkali bank menerapkan beberap tarif atau fee kepada nasabah atau calon nasabahnya.


Pengertian Inkaso Menurut Para Ahli


Berikut ini yaitu definisi dari inkasi berdasarkan ahlinya.


1. Lukman Dendawijaya (2001)


Pengertian inkaso berdasarkan Lukman Dendawijaya yaitu salah satu jasa yang diberikan oleh bank atas undangan nasabah untuk melaksanakan penagihan pembayaran atas dokumen atau surat berharga kepada pihak ketiga di lokasi lain, sanggup cabang bank yang bersangkutan atau bahkan pada bank yang lain.


2. Dr. Thomas Suyatno dkk (2007)


Pengertian inkaso berdasarkan Dr. Thomas Suyatno dkk yaitu pinjaman kuasa kepada bank oleh perorangan atau perusahaan untuk menagihkan atau meminta akseptasi (persetujuan pembayaran) atau menyerahkan begitu saja kepada pihak tertarik atau surat berharga berbentuk rupiah maupun valas menyerupai wesel, cek, promissory note, dan lain sebagainya di daerah lain baik di dalam negeri ataupun diluar negeri.


Warkat Inkaso


Tidak semua warkat yang diterbitkan bank sanggup dimasukkan dalam acara inkaso. Ada dua jenis atau kelompok warkat yang diinkasokan, yakni:



  • Inkaso dengan warkat tanpa lampiran yaitu warkat inkaso yang digunakan pada ketika menjalankan inkaso dengan tidak melampirkan dokumen apapun. Misalnya cek dan bilyet giro.

  • Inkaso dengan warkat berlampiran yaitu warkat yang inkasonya harus terlampir dokumen yang lengkap atau dokumen pendukung. Misalnya yaitu kwitansi, faktur, dan polis asuransi.


Jenis-Jenis Inkaso


Apabila dilihat dari kemudian lintas dana, inkaso dibedakan menjadi dua jenis, yaitu inkaso keluar dan inkaso masuk.


1. Inkaso Keluar


Inkaso keluar yakni inkaso atau aba-aba nasabah supaya melaksanakan penagihan kepada pihak ketiga baik di cabang sendiri maupun bank luar kota. Inkaso ini dibayarkan atau dikreditkan pada rekening pemberi amanat di bank pemrakarsa setelah inkaso berhasil ditagih.


2. Inkaso Masuk


Inkaso masuk yakni inkaso atau tagihan masuk atau beban rekening (warkat yang dikeluarkan) nasabah sendiri yang karenanya akan dikirimkan ke cabang pemrakarsa untuk laba pihak ketiga.


Mekanisme Inkaso


Berikut ini yaitu mekanisme atau mekanisme inkaso.


Mekanisme Oleh Teller Kepada Penyetor

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Inkaso √ Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan  Manfaat


Mekanisme Atau Prosedur Inkaso

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Inkaso √ Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan  Manfaat


Keuntungan Inkaso


Penggunaan jasa inkaso, nasabah memiliki banyak laba untuk menagihkan warkat yang mereka punya. Berikut yaitu laba inkaso, yakni:



  1. Lebih Hemat Biaya

    Jika nasabah menagihkan sendiri warkat yang dimilikinya, apabila berada di luar negeri maka akan menelan biaya yang sangat besar. Dengan menggunakan jasa inkaso, biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan ditagih sendiri.

  2. Lebih Hemat Waktu

    Selain memerlukan biaya yang mahal, menagih sendiri juga memerlukan waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan inkaso, maka jauh lebih akan irit waktu.

  3. Terhindar Dari Resiko Kehilangan

    Dengan pemakaian jasa inkaso, nasabah akan terhindar dari semua risiko termasuk sanggup saja kehilangan menyerupai perampokan atau kehilangan dikarenakan lantaran lainnya.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Inkaso √ Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan  Manfaat


Manfaat Inkaso


Adapun manfaat dari inkaso adalah:



  • Membuat lebih efektif dan efisien dalam menuntaskan tagihan antar kota atau diluar negeri.

  • Lebih menguntungkan dan nasabah memiliki reputasi yang lebih jelas


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan & Manfaat semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id