Tuesday, March 28, 2017

√ Menciptakan Rok Dari Dress Usang Yang Tidak Terpakai



Punya dress lama yang sudah tidak terpakai alasannya yaitu sudah usang, akronim atau modelnya jadul? Tapi masih sayang untuk diberikan ke orang lain alasannya yaitu punya kenangan yang berarti. Daripada resah harus bagaimana, yuk ikut saya memanfaatkan dress lama ini menjadi sebuah rok.

Kebetulan maxidress milik saya ini sedikit akronim dan modelnya juga kurang pas buat emak-emak anak muda ibarat saya, sehingga dress ini jarang sekali saya pakai. Setelah saya ukur, ternyata masih dapat untuk dimanfaatkan menjadi sebuah rok. Lumayan lah, daripada mubadzir gak kepakai kan..? :D

Maxidress atau dress panjang ini akan saya makeover menjadi rok panjang. Kalian juga dapat memanfaatkan dress pendek kau untuk menjadi rok pendek, dengan mengikuti langkah-langkahnya ibarat berikut ini :


Langkah Pertama
Ukur panjang rok yang diinginkan lalu potong. Pada dress milik saya ini, saya potong sempurna pada tanda garis putus-putus berwarna biru ibarat pada gambar berikut.

Langkah Kedua
Siapkan karet elastik dengan panjang ½ dari lingkar pinggang pada rok. Atau sesuaikan dengan lingkar pinggang kita dan kurangi 15-20cm. Karena saya ingin menciptakan rok yang gampang dan praktis, maka saya tidak menciptakan ban pinggang secara terpisah. Makara saya menciptakan lipatan pada bab atas rok tersebut untuk dimanfaatkan sebagai ban pinggang elastis.


Caranya yaitu dengan menciptakan lipatan pada bab pinggang, lipat sebanyak 2 kali ibarat menciptakan kelim, untuk menciptakan ban pinggang elastis. Sesuaikan ukuran lebar lipatan dengan lebar karet elastik yang akan dipakai. Lebihkan lebar ban pinggang sebesar 0,5cm dari lebar karet elastik.



Langkah Ketiga
Jahit sekeliling pinggir lipatan ban pinggang ibarat gambar A. Sisakan ruang sedikit sekitar 3cm untuk memasukkan karet elastik.

Sambungkan dengan jahitan di kedua ujung karet elastik sehabis karet elastik telah dimasukkan di dalam ban pinggang ibarat gambar B. Jangan lupa untuk menutup sisa ruang ban pinggang tadi dengan jahitan. Kemudian tarik-tarik ban pinggang yang sudah terisi karet elastik sampai kerutan ban pinggang menjadi rata. Atur dan ratakan karet elastik supaya merapat di bab bawah ban pinggang atau bekas jahitan tadi, lalu tahan dengan beberapa jarum pentul ibarat gambar C, sehingga ada sisa ruang selebar 0,5cm di bab atas ban pinggang yang tidak terisi karet elastik.


Langkah Keempat
Jahit bab tengah ban pinggang yang terisi karet elastik ibarat pada gambar D. Selagi menjahit, lakukan sambil menarik total bab ban pinggang sampai tidak berkerut.

Cara ini dilakukan supaya karet elastik tidak bergeser dan terlipat selagi dipakai. Selain itu juga supaya ban pinggang pada rok terlihat lebih rapi.


Langkah Kelima
Langkah terakhir yaitu dengan menjahit sekeliling bab tepi ban pinggang yang tidak terisi karet elastik. Lakukan juga dengan cara yang sama ibarat gambar D dengan cara menarik ban pinggang sampai tidak ada kerutan selagi menjahit.
Lakukan secara perlahan supaya karet elastik tidak ikut terjahit. Dan karenanya ibarat yang terlihat pada gambar di atas.

Nah rok yang saya buat dari dress tadi sudah jadi nih. Siap digunakan untuk bersantai di rumah. Ah iya, foto rok ini juga saya manfaatkan sebagai object untuk menyalurkan hobi saya dalam menggambar loh. Saya iseng-iseng mencoba untuk mempercantik foto object dengan stick drawing memakai aplikasi Corel Draw. Yang juga hobi menggambar, yuk ikutan mencoba. ;)


Happy sewing ..  \^○^/


Sumber http://jemariayumna.blogspot.com