Friday, January 3, 2020

√ Perbedaan Teori Evolusi Dan Penciptaan

Evolusi dan penciptaan yakni dua teori yang sama sekali berbeda untuk memahami asal-usul alam semesta, terutama manusia. Manusia selalu ingin tahu perihal akar-akarnya. Apakah kita diciptakan oleh seseorang (Yang Maha Kuasa), atau kita hasil dari proses evolusi. Sementara perdebatan terus berlanjut antara evolusionis dan kreasionis, ada bukti berpengaruh yang menunjukkan bahwa evolusi berlangsung atas dasar catatan fosil.


Penciptaan di sisi lain yakni konsep menurut iktikad dan kesudahannya tidak untuk dipertanyakan atau dibuktikan. Namun, penciptaan dan evolusi tidak benar-benar pribadi dan tidak kompatibel. Hal ini dimungkinkan bagi seseorang untuk percaya pada penciptaan sementara pada dikala yang sama mendapatkan proses evolusi.


Hukum-hukum evolusi diatur oleh ilmu pengetahuan (hukum alam), sedangkan penciptaan didasarkan pada supranatural. Karena ini yakni dilema keyakinan dan iman, itu sanggup tidak dipertanyakan. Penciptaan tidak perlu teori untuk menjelaskan alasannya yakni percaya bahwa Tuhan membuat kita menyerupai kita. Evolusi di sisi lain menjelaskan dalam istilah ilmiah bagaimana insan berevolusi dari primata tingkat rendah.


Penciptaan


Kreasionis percaya bahwa Tuhan membuat alam semesta menyerupai yang dijelaskan dalam Al-quran dalam 6 masa, dan bahwa binatang dan tumbuhan menyerupai yang kita lihat kini ini diciptakan oleh Tuhan YME dalam bentuk yang sama persis.


Evolusi


Evolusionis percaya pada teori Big Bang yang menjelaskan pembentukan alam semesta. Mereka percaya bahwa kehidupan terbentuk dari makhluk non hidup dan primata perlahan berevolusi dari dari bentuk kehidupan yang paling sederhana dalam ribuan tahun.


Orang beragama takut jikalau teori evolusi itu harus diterima, keyakinan mereka bahwa Allah membuat segala sesuatu akan mendorong orang-orang tidak akan mendapatkan keberadaan Tuhan. Penciptaan, yang dilema iktikad tidak sanggup dipertanyakan dan dibuktikan. Secara sederhana dari kata-kata, perbedaan terbesar antara evolusi dan penciptaan yakni bahwa penciptaan mengajarkan bahwa Allah membuat segala sesuatu sementara evolusi mengajarkan bahwa semua makhluk hidup muncul tanpa Allah. Sementara teori penciptaan didasarkan pada Al-quran dan kitab suci lainnya, evolusi yakni sebuah teori yang ditunjukkan melalui pengamatan dan eksperimen.


Ringkasan


Evolusi dan penciptaan merupakan dua teori yang sama sekali berbeda untuk memahami asal-usul alam semesta, terutama umat manusia


Penciptaan menunjukkan bahwa semua bentuk kehidupan, menyerupai yang kita lihat kini ini diciptakan oleh pencipta cerdas (baca Allah), sedangkan evolusi menunjukkan bahwa kehidupan muncul dari makhluk non hidup dan menjelma organisme kompleks dari bentuk kehidupan yang paling sederhana


Sementara evolusi sanggup ditunjukkan dengan sumbangan percobaan, penciptaan yakni dilema iktikad dan tidak sanggup dipertanyakan



Sumber aciknadzirah.blogspot.com