Friday, January 3, 2020

√ 7 Fakta Menarik Wacana Gurun Di Dunia

Kita semua tahu ihwal gurun tapi apa yang kebanyakan dari kita tidak sadari bahwa gurun tidak perlu selalu ihwal matahari dan pasir! Baca ihwal fakta-fakta lebih lanjut ibarat dalam artikel berikut untuk memperbarui gudang pengetahuan Anda!


Gurun merupakan kawasan lahan yang ditandai dengan vegetasi sangat jarang alasannya ialah kondisi iklim ekstrim dan tingkat curah hujan yang sangat rendah. Ada gurun panas, gurun dingin, dan gurun kutub. Gurun Antartika yang membentang di benua Antartika ialah pola yang paling menonjol dari gurun kutub.


Karena temperatur yang sangat rendah, vegetasi dan tumbuhan sangat jarang di wilayah ini dan tanah yang tidak cocok untuk pertanian dan budidaya. Di gurun panas, kelembaban yang minim ditambah dengan suhu yang sangat tinggi menciptakan vegetasi normal dan budidaya kuliner menjadi barang yang mustahil. Hanya sekitar 20% dari gurun bumi ditutupi oleh pasir.


Berdasarkan topografi dan wilayah, ada tepatnya lima bentuk gurun: (1) gurun gunung-Basin; (2) gurun Hamada; (3) ergs (dibentuk oleh pasir dan tubuh air); (4) regs (terdiri dari trotoar batu); dan (5) cekungan Intermontane. Berikut ialah beberapa fakta menarik ihwal gurun.


Fakta ihwal Gurun


Berikut ini ialah beberapa fakta umum yang berlaku untuk hampir semua gurun dunia. Anda akan lihat seluruh info yang menakjubkan ihwal gurun yang membentang dengan pasir yang gersang!


Sekitar sepertiga dari permukaan bumi ditutupi oleh gurun!



  1. Tentang tiga puluh negara, sebagian besar berada di benua Afrika, mempunyai 75% dari rentang geografis mereka di padang pasir.

  2. Curah hujan tahunan di gurun rata-rata kurang dari 10 inci.

  3. Karena kelangkaan air dan vegetasi, bentuk kehidupan binatang sangat terbatas di gurun. Gurun Sonora ialah satu-satunya gurun yang mempunyai jumlah maksimum spesies binatang dan tumbuhan yang tinggal di sana. Ini mempunyai sekitar 3000 spesies tumbuhan dan 5000 spesies binatang termasuk ikan, amfibi, serangga, burung, dan mamalia.

  4. Pasir yang kita lihat pada permukaan padang pasir tidak semua yang merupakan topografi mereka. Kebanyakan gurun memiliki, basis kerikil bergairah di bawah permukaan berpasir. Gurun Sahara ialah pola yang baik alasannya ialah terdiri 30% pasir dan 70% kerikil.

  5. Kondisi kehidupan yang keras dan suhu ekstrim telah mengevolusi makhluk tertentu untuk benar-benar menyesuaikan diri dengan kehidupan gurun. Kanguru tikus, misalnya, sanggup bertahan hidup tanpa mempunyai susukan ke sumber air – menerima semua kelembaban yang diperlukan dari sumber makanan, yang terdiri dari bibit rumput gurun dan kacang mesquite.

  6. Sahara ialah padang pasir yang panas terbesar di dunia, yang luasnya mencakup permukaan maksimum antara semua gurun panas lainnya! Antartika ialah gurun kutub terbesar di dunia.

  7. Seperti disebutkan sebelumnya, gurun luas diklasifikasikan sebagai gurun panas (subtropis), gurun cuek (musim dingin, pantai keren), dan gurun kutub.


Meskipun sepi dan hampir tanpa kehidupan dan keaktifan, gurun ialah beberapa topografi paling menarik untuk dipelajari. Lebih dari itu, alasannya ialah dengan pemanasan global yang terus meningkat alasannya ialah peningkatan penipisan lapisan ozon, padang pasir menjadi mungkin melingkupi seluruh planet bumi di masa depan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com