Wednesday, January 15, 2020

√ Pengertian Kemiluminesensi

Kemiluminesensi ialah emisi cahaya atau pedaran yang terjadi pada suhu rendah dan tidak menyerupai lampu pijar pada suhu tinggi, sebagai hasil dari reaksi kimia. Kemiluminesensi juga dikenal sebagai pembentukan radiasi elektromagnetik menyerupai cahaya oleh pelepasan energi dari reaksi kimia. Sementara cahaya pada prinsipnya sanggup dipancarkan dalam wilayah sinar ultraviolet, cahaya nampak atau, infra merah, yang memancarkan cahaya tampak ialah yang paling umum. Mereka juga paling menarik dan lebih bermanfaat.


Contoh terbaik dari Kemiluminesensi ini mungkin reaksi kimia yang dipakai untuk menciptakan cahaya dari tongkat yang menyala, yang merupakan hasil dari retakan botol kecil dari satu kimia menjadi materi kimia yang berekasi dengan itu. Kemiluminesensi juga ditemukan di beberapa jamur dan cacing tanah.


Kemiluminesensi paling umum terjadi di lautan, di mana banyak organisme dari ikan hingga cacing yang hidup pada kedalaman yang jauh, mempunyai organ bercahaya. Ahli kimia telah mengeksploitasi reaksi-reaksi pemancar cahaya sebagai penanda dalam sejumlah laboratorium besar dan klinis tes.


Apa saja jenis luminesens?


Ada 3 jenis reaksi yang menghasilkan pendaran atau luminesensi yaitu sebagai berikut.



  • Reaksi Kemiluminesensi: Reaksi kimia yang memakai senyawa sintetik dan biasanya melibatkan zat yang sangat teroksidasi menyerupai peroksida biasanya disebut reaksi kimia-luminesensi-. Misalnya, Luminol, materi kimia yang secara luas dipakai dalam komunitas forensik, bereaksi dengan besi untuk menghasilkan reaksi kimia-luminesensi. Ketika tim forensik ingin memilih apakah ada atau tidak jejak darah di TKP, mereka sanggup menyemprot lokasi dengan luminol untuk menghasilkan reaksi.

  • Reaksi bio-luminesensi: reaksi pedaran cahaya yang timbul dari organisme hidup, menyerupai kunang-kunang atau ubur-ubur, umumnya dikenal sebagai reaksi bio-luminesensi.

  • Reaksi elektro- luminesensi: pancaran cahaya dari reaksi yang berlangsung dengan memakai arus listrik ditetapkan sebagai reaksi elektro-luminesensi.


Apa yang menjadikan luminesensi?


luminesensi lantaran emisi cahaya oleh suatu zat yang biasanya disebabkan saat sebuah elektron kembali dari keadaan energi yang lebih tinggi ke keadaan yang lebih rendah atau keadaan dasar sambil kehilangan kelebihan energi yang membentuk pedaran. Dan kimia- luminesensi terjadi saat eksitasi elektronik lantaran reaksi kimia yang menghasilkan keadaan elektron yang lebih tinggi dan elektron kehilangan energi ekstra dalam bentuk cahaya (luminiscence) untuk kembali ke keadaan dasar yang lebih stabil.Kemiluminesensi ialah emisi cahaya atau pedaran yang terjadi pada suhu rendah dan tidak s √ Pengertian Kemiluminesensi


Apa aplikasi dari Kemiluminesensi?



  • Luminol dipakai pada perangkat komersial portable disebut Luminox yang dipakai untuk mengukur bpm konsentrasi kecil polutan (bagian per miliar), konsentrasi nitrogen dioksida di udara

  • Dalam analisis spesies organik – Kemiluminesensi berkhasiat dengan enzim, di mana substrat tidak terlibat secara eksklusif dalam reaksi Kemiluminesensi tapi dengan produk ini.

  • cahaya tongkat yang dipakai sebagai tongkat navigasi khusus oleh angkatan laut. Para penyelam membawa tongkat ini untuk menavigasi di perairan berlumpur.

  • Kemiluminesensi telah menjadi dasar dari banyak teknik bio-analitis atau tes yang dipakai untuk mengukur senyawa tertentu dalam sampel



Sumber aciknadzirah.blogspot.com