Sunday, December 15, 2019

√ Tingkat Organisasi Dalam Biologi

Biologi ialah studi perihal kehidupan. Karena kehidupan ialah topik yang begitu luas, para ilmuwan memecahnya ke dalam beberapa tingkat organisasi yang berbeda biar lebih gampang dipelajari. Tingkat ini dimulai dari unit kehidupan terkecil dan bekerja hingga kategori terbesar dan paling luas.


Molekul


Molekul terbuat dari atom, unit terkecil dari unsur kimia. Mereka sanggup ditemukan dalam semua hal, hidup dan tidak hidup. Molekul membentuk struktur paling dasar makhluk hidup. Dua disiplin biologis yang berfokus pada tingkat ini ialah biokimia dan biologi molekular.


Sel


Sel ialah unit dasar kehidupan. Ada dua jenis sel: sel tumbuhan, yang mempunyai dinding sel yang kaku yang terbuat dari molekul selulosa, dan sel hewan, yang mempunyai membran sel fleksibel. Ahli biologi sel mempertimbangkan pertanyaan ibarat metabolisme dan pertanyaan lainnya perihal struktur dan fungsi di dalam dan di antara sel.


Jaringan


Jaringan terbuat dari sel yang bekerja sama untuk melaksanakan kiprah tertentu. Jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan syaraf ialah beberapa referensi jenis jaringan. Ahli histologi ialah referensi mahir biologi yang bekerja pada tingkat ini.


Organ


Organ ialah sistem jaringan yang bekerja sama dalam skala yang lebih besar untuk melaksanakan pekerjaan tertentu di dalam badan hewan. Contoh organ ialah otak, jantung dan paru-paru. Anatomi ialah referensi spesialisasi biologi yang terkait dengan tingkat ini.


Sistem organ


Sistem organ ialah sekelompok organ yang bekerja sama untuk melaksanakan fungsi badan tertentu. Sistem pernafasan, misalnya, memakai paru-paru, susukan udara dan otot-otot pernapasan untuk menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida pada hewan. Ahli fisiologi mempelajari fungsi bab badan ketika mereka bekerja sama. Meskipun mahir fisiologi sanggup bekerja pada setiap tingkat organisasi biologis, mereka sering menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sistem organ.


Organisme


Organisme ialah individu yang sanggup dikenali dan mandiri. Organisme sanggup berupa organisme uniseluler ibarat basil atau amoebae, atau organisme multi seluler yang terdiri dari organ dan sistem organ. Manusia ialah referensi organisme multi seluler.


Populasi


Populasi ialah kelompok organisme berganda dari spesies yang sama di dalam area tertentu. Misalnya, kumpulan singa di Kenya, Afrika, ialah sebuah populasi.


Komunitas


Sebuah komunitas terdiri dari semua spesies yang berbeda dalam wilayah tertentu. Populasi singa di Kenya, ditambah populasi rusa, jerapah, gajah, kambing, dan semua spesies lainnya di tempat itu, menambah komunitas.


Ekosistem


Ekosistem terdiri dari semua komunitas di wilayah tertentu, dan juga semua komponen fisik yang tidak hidup dan fisik. Batu, air dan kotoran merupakan bab dari ekosistem. Ahli ekologi sanggup mempelajari populasi, komunitas, atau keseluruhan ekosistem.


Lingkungan


Biosfer ialah semua ekosistem di bumi ditambahkan bersama. Setiap hewan, tumbuhan, bakteri, batu, dan molekul merupakan bab dari biosfer bumi. Non-ahli biologi, ibarat mahir meteorologi dan mahir geologi, sanggup bergabung dengan mahir biologi untuk menjawab pertanyaan di tingkat organisasi biologi ini.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com