Wednesday, December 11, 2019

√ Ringkasan Sistem Saraf Mamalia

Mamalia mempunyai sistem saraf paling kompleks di planet ini, dengan insan yang paling maju. Sistem saraf bekerja dengan logika untuk mengirimkan informasi ke otak mamalia, sebuah proses yang memakan waktu kurang dari seperseratus detik.


Otak mamalia, terutama manusia, dihubungkan untuk bereaksi terhadap dunia dengan cepat untuk melindungi binatang dari ancaman dan membiarkannya menilai lingkungan sekitar dengan mudah.


Jenis


Sistem saraf mamalia didasarkan pada otak dan sumsum tulang belakang, yang mengirim dan mendapatkan sinyal dari bab badan lainnya. Sinyal dari badan dikirim melalui ujung saraf (atau reseptor) ke otak, di mana neurotransmiter mengirim sinyal untuk memungkinkan semua mamalia mencicipi sakit atau informasi sensorik lainnya. Sistem saraf mamalia dibagi menjadi empat bab utama: sistem saraf pusat, sistem saraf perifer, sistem saraf somatik dan sistem saraf otonom. Masing-masing bab sistem saraf mamalia bekerja dengan cara yang berbeda, dan melaksanakan pekerjaan yang berbeda dalam badan untuk menjaga kesehatan dan memungkinkan Anda bereaksi terhadap dunia.


Manfaat


Bagian dasar sistem saraf ialah reseptor sensorik, otak dan sumsum tulang belakang. Semua mamalia mempunyai ujung saraf yang menyebar ke badan mereka untuk mendapatkan dan mengirim sinyal ke rangsangan eksternal. Organ sensorik, menyerupai kulit dan mata, membantu mamalia menafsirkan apa yang terjadi di lingkungan luar dan dalam perkara situasi berbahaya, memungkinkan refleks untuk membantu mamalia menghindari bahaya. Sistem saraf juga bertanggung jawab untuk menjaga homeostasis, atau kondisi yang berfungsi dan stabil, untuk semua organ dalam tubuh. Setiap mamalia memakai bab dari sistem saraf sentra mereka untuk menjaga detak jantung, pernapasan dan fungsi badan lainnya. Medulla oblongata ialah bab otak yang mengatur sebagian besar jenis kegiatan ini, termasuk tindakan refleks menyerupai bersin. Sistem saraf juga bekerja untuk membantu mamalia menghindari situasi berbahaya dengan membiarkan Anda mencicipi sakit, serta mendengar dan melihat situasi berbahaya di atmosfer. Ketika mamalia mengalami kerusakan saraf tulang belakang, jalan antara otak dan bab badan lainnya terganggu. Hal ini sanggup mengakibatkan kelumpuhan atau bahkan janjkematian bagi mamalia.


Fakta


Sistem saraf perifer terdiri dari hanya saraf penghubung. Saraf ini bekerja untuk menghubungkan sumsum tulang belakang, di mana informasi sensorik diterima, ke otak dimana informasi sensorik diproses. Dua bab utama dari sistem saraf perifer ialah sistem saraf somatik dan sistem saraf otonom. Sistem saraf somatik mengendalikan otot dan informasi yang diproses oleh kulit dan reseptor lainnya. Sebagian besar waktu, Anda tidak perlu memproses informasi ini secara sadar, alasannya ialah badan Anda memakai refleks untuk merespons rangsangan eksternal yang dikirim ke sistem saraf perifer Anda. Sistem saraf otonom terbagi menjadi dua bagian. Sistem saraf simpatis dan sistem saraf parasimpatis bekerja sama untuk mempertahankan homeostasis pada mamalia selama masa stres. Sistem saraf simpatik bertanggung jawab untuk memulai respon melawan atau lari, yang mempersiapkan badan untuk menangani situasi berbahaya. Sistem saraf parasimpatis bekerja untuk mendapatkan kembali homeostasis sehabis badan telah mengalami respons lari atau melawan. Selama waktu badan Anda dalam keadaan respon lari atau melawan, organ utama Anda, menyerupai jantung Anda, berubah untuk mempersiapkan badan Anda menghadapi situasi yang berbahaya. Misalnya, seseorang yang melihat ular berbisa secara otomatis akan mengalami peningkatan denyut jantung dan tanda-tanda fisik lainnya yang mempersiapkan mereka untuk menjauh dari ular. Setelah pengalaman selesai, sistem saraf parasimpatis mulai pulih kembali keadaan normal tubuh. Seekor mamalia yang terus-menerus terpapar pada situasi berbahaya atau penuh tekanan pada alhasil akan menjadi terlalu lelah, alasannya ialah badan membutuhkan waktu untuk mendapatkan kembali kekuatan yang hilang akhir respon lari atau melawan.


Makna


Otak ialah bab terbesar dari sistem saraf pusat. Ini mengatur banyak sekali fungsi badan mamalia. Otak memproses semua rangsangan eksternal yang masuk, dan memberitahu badan apa yang harus dilakukan sebagai respons. Pada kebanyakan mamalia, respons ini otomatis dan tidak sadar. Otak pada kebanyakan mamalia terbuat dari struktur dasar yang meliputi belahan kiri dan kanan yang terbagi menjadi beberapa bagian. Setiap bab otak bertanggung jawab atas fungsi tertentu dalam tubuh, menyerupai keseimbangan atau, pada manusia, ucapan dan pedoman logis. Fungsi dasar otak dalam sistem saraf mamalia meliputi refleks menyerupai kelaparan atau haus dan koordinasi otot. Otak mamalia dan insan non-manusia sedikit berbeda. Otak non-manusia intinya kurang rumit daripada otak manusia, yang mempunyai banyak konvolusi dan lipatan di permukaan luar. Beberapa ilmuwan berteori bahwa konvolusi dan lipatan ini ialah hal yang memungkinkan insan mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi dan untuk mengekspresikan pedoman mereka dengan ucapan. Ada juga banyak kesamaan antara masing-masing sistem saraf mamalia yang memungkinkan setiap jenis berfungsi dan hidup dalam dunia tantangan.


Evolusi


Otak mamalia diperkirakan telah mengalami perubahan sepanjang sejarah evolusioner. Beberapa jenis mamalia mempunyai otak yang sangat berkembang, termasuk lumba-lumba.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com