Monday, December 16, 2019

√ Relasi Antara Sel, Jaringan Dan Organ

Sel ialah organisme hidup terkecil dalam makhluk hidup. Ketika sel serupa bekerja sama, mereka membentuk jaringan. Organ ialah kelompok jaringan yang bekerja sama. Makhluk hidup membutuhkan sel, jaringan, dan organ yang berfungsi sinkron untuk berfungsi dengan baik.


Sel


Dalam badan manusia, ada banyak jenis sel. Setiap sel khusus melaksanakan fungsi tertentu. Bahkan sel darah pun dianggap membentuk jaringan ikat.


Jaringan


Kelompok sel yang bekerja sama membentuk jaringan. Berbagai jenis jaringan mencakup jaringan ikat, otot, epitel dan saraf.


Organ tubuh


Organ mengandung dua atau lebih jaringan. Hati, jantung, dan kulit ialah organ dari jaringan yang berbeda. Kulit misalnya, terdiri dari lapisan epidermis dan lapisan dermis.


Sistem Organ


Ketika beberapa organ bekerja sama untuk mendukung fungsi tubuh, mereka membentuk sebuah sistem. Sistem kerangka terbuat dari tulang, tulang rawan, tendon dan ligamen. Semua bekerja sama untuk menunjang badan manusia.


Tanaman


Tanaman juga mempunyai sel, jaringan, dan organ. Tiga jenis jaringan utama ialah dermal, vaskular, dan jaringan dasar, membentuk organ dasar akar, batang dan daun.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com