Friday, December 13, 2019

√ Pola Atom, Unsur Dan Isotop

Atom yaitu partikel penyusun materi dan bertanggung jawab atas semua struktur yang terlihat yang sanggup diamati di alam semesta. Atom sanggup berbeda dalam beberapa cara, termasuk berapa banyak proton dan neutron yang berada di inti atom.


Jumlah proton mendefinisikan jenis unsur, sedangkan jumlah neutron mendefinisikan isotop unsur tersebut. Beberapa isotop mempunyai inti yang tidak stabil, menimbulkan radioaktivitas.


Atom


Sebuah atom terdiri dari inti bermuatan faktual yang dikelilingi oleh awan elektron bermuatan negatif. Inti mengandung partikel bermuatan faktual yang disebut proton dan partikel netral elektrik yang disebut neutron.


Unsur


Jumlah proton di dalam inti atom dikenal sebagai nomor atom. Unsur kimia yaitu atom dengan nomor atom tertentu. Tabel periodik mencantumkan unsur-unsur yang diketahui sesuai urutan nomor atom. Contoh unsur mencakup hidrogen, helium dan natrium. Unsur diwakili oleh simbol kimia. Simbol kimia untuk hidrogen, helium dan natrium masing-masing yaitu H, He, dan Na.


Isotop


Unsur dengan nomor atom yang sama namun jumlah neutron yang berbeda disebut isotop. Hidrogen standar terdiri dari proton tunggal dan satu elektron tunggal. Namun, dua isotop hidrogen yang diketahui ada dan ini disebut deuterium dan tritium. Deuterium mempunyai satu neutron tunggal dimana tritium mempunyai dua neutron.


Isotop radioaktif


Isotop radioaktif yaitu unsur dengan inti atom yang tidak stabil. Inti dari bahan-bahan ini meluruh dengan memancarkan partikel alfa (inti helium), partikel beta (elektron) atau gelombang gamma elektromagnetik. Contoh isotop radioaktif mencakup karbon-14, fluorin-18 dan uranium-238.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com