Thursday, December 12, 2019

√ Lima Ciri-Ciri Kromosom

Kromosom yakni kumpulan DNA yang dilingkarkan dekat yang terletak di dalam nukleus hampir setiap sel di badan kita. Manusia mempunyai 23 pasang kromosom.


Lokasi dan Fungsi


Salah satu dari lima ciri utama kromosom yakni bahwa kromosom berada di tengah sel, disebut nukleus. Ciri ini dimiliki oleh sel hewan dan tumbuhan. Inti yakni organel yang sangat khusus yang berfungsi sebagai sentra pengolahan gosip dan manajemen sel. Organel ini mempunyai dua fungsi utama: ia menyimpan bahan bebuyutan sel, atau DNA, dan ini mengkoordinasikan kegiatan sel, yang mencakup pertumbuhan, metabolisme perantara, sintesis protein, dan reproduksi (pembelahan sel).


Pasangan


Kromosom tiba berpasangan. Setiap sel badan insan mempunyai 23 pasang kromosom, setengah dari kromosom Anda berasal dari ibumu dan yang lainnya berasal dari ayah dengan total 46 helai DNA ini. Spesies lain mempunyai jumlah kromosom yang mungkin berbeda dengan manusia.


X dan Y


Kromosom sec, salah satu dari sepasang kromosom yang memilih apakah individu itu laki-laki atau wanita. Kromosom sec insan dan mamalia lainnya ditunjuk oleh ilmuwan sebagai X dan Y. Pada manusia, kromosom sec terdiri dari sepasang dari total 23 pasang kromosom. 22 pasang kromosom lainnya disebut autosom.


Jenis Kelamin Anak


ciri kromosom yang lain yakni bahwa seorang ibu selalu menyumbang kromosom X pada anaknya, sementara ayah dari anak tersebut sanggup menyumbangkan kromosom X atau kromosom Y. Akibatnya, ayah yakni orang bau tanah yang memilih jenis kelamin anak. Namun, seorang anak mewarisi beberapa sifat dari ibunya dan sifat-sifat lainnya dari ayahnya.


Jenis Autosomal


Di luar kromosom X dan Y, kromosom lain dalam 23 pasang dalam badan insan disebut kromosom autosomal. Kromosom autosomal dianggap pasangan kromosom 1 hingga 22. Sel reproduksi ibarat telur dan sperma harus mempunyai jumlah kromosom yang sempurna biar mempunyai keturunan yang berkembang dengan benar. Misalnya, individu dengan sindrom Down mempunyai tiga salinan kromosom 21, bukan dua salinan yang ditemukan pada individu lain – sesuatu yang dianggap sebagai kelainan autosomal.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com