Friday, December 13, 2019

√ Pengertian Termodinamika

Termodinamika yakni spesialisasi dalam fisika yang dikhususkan untuk mempelajari energi dalam sistem besar. Lebih khusus lagi, termodinamika menjelaskan hubungan antara energi kinetik dan energi sistem dengan jumlah kalor dan perjuangan yang sanggup dihasilkan sistem.


Selama bertahun-tahun, insinyur dan matematikawan, termasuk Isaac Newton dan James Joule, telah berbagi tiga prinsip universal termodinamika. Ini dikenal sebagai aturan termodinamika.


Hukum “ke nol”


Hukum ke nol yang yang sebutannya agak canggung dalam termodinamika tetapkan prinsip kesetimbangan termodinamika. Ini menggambarkan kecenderungan energi dalam suatu sistem untuk menyebar secara merata di seluruh sistem. Jika Anda memanaskan sepoci air, misalnya, semua air dalam panci pada hasilnya akan naik ke suhu yang seragam meskipun Anda hanya menerapkan kalor ke bab bawah poci.


Hukum Pertama


Hukum pertama termodinamika, atau aturan kekekalan energi, menjelaskan bahwa energi di dalam sistem tidak sanggup diciptakan atau dihancurkan. Dalam sistem apapun, total energi sistem, menyerupai yang didefinisikan oleh energi kinetik dan potensial yang terkandung di dalam sistem, selalu sama dengan jumlah perjuangan yang dilakukan oleh sistem yang dikurangkan dengan jumlah kalor yang ditambahkan ke sistem. Hukum ini menjelaskan mengapa Anda harus terus menambahkan gas ke kendaraan beroda empat Anda biar sanggup melaju lebih jauh. Mobil Anda mengubah energi potensial yang tersimpan dalam bensin menjadi kalor dan usaha.


Hukum Kedua


Hukum kedua termodinamika membatasi transfer energi di dalam sistem. Menurut aturan ini, mustahil untuk mentransfer 100 persen energi yang tersedia dari satu bab sistem ke sistem lainnya. Kecenderungan kehilangan energi dikenal sebagai entropi. Dalam kasus mesin mobil, misalnya, tidak peduli seberapa efisien desainnya, sebagian energi potensial bensin akan terbuang dalam proses pembakaran alasannya yakni entropi. Hukum ini juga menjelaskan mengapa mesin yang sanggup bergerak abadi secara fisik mustahil dilakukan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com