Wednesday, December 25, 2019

√ Pernapasan Pada Mamalia

Semua kehidupan melaksanakan pernafasan, atau respirasi. Pernapasan pada mamalia menyerupai dengan respirasi pada binatang pernapasan udara lainnya. Respirasi diharapkan untuk mengekstrak oksigen dari udara, yang dipakai oleh sel. Respirasi juga membawa limbah karbon dioksida menjauh dari sel.


Meskipun respirasi bergantung pada sistem lain (seperti sistem peredaran darah) untuk membawa oksigen dan karbon dioksida ke dan dari sel, sistem pernapasan terutama bertanggung jawab membawa oksigen ke badan mamalia dan mengirim karbon dioksida ke atmosfer.


Pernapasan mamalia terjadi pada sistem pernafasan hewan. Sistem pernafasan terdiri dari otot, jalan masuk udara, dan paru-paru yang bekerja untuk membawa udara segar ke paru-paru di mana oksigen dipertukarkan dengan karbon dioksida dalam darah. Saluran udara sering dilapisi dengan rambut atau struktur lain yang membantu membersihkan udara dari abu dan mikroba sebelum memasuki paru-paru.


Struktur otot


Sistem pernafasan mamalia mengandalkan satu otot besar di dasar paru-paru. Otot ini disebut diafragma. Diafragma menarik paru-paru ke bawah untuk meningkatkan volume mereka, mengakibatkan udara masuk ke paru-paru. Saat menekan ke atas, paru-paru menjadi lebih kecil, dan udara dihembuskan. Otot di tulang rusuk bekerja sinergis dengan diafragma untuk memperluas dan mengerutkan paru-paru.


Jalan nafas


Mamalia yang berbeda bernafas dengan cara yang berbeda. Beberapa bernapas melalui hidung, yang lainnya bernafas melalui mulut. Beberapa mamalia bisa bernafas melalui hidung atau mulut. Saat udara melewati hidung atau menuruni trakea, atau jalan nafas, rambut kecil dan struktur menyerupai rambut mikroskopis menyaring udara dengan menarik abu dan mikroba yang sanggup mengakibatkan kerusakan atau nanah pada paru-paru.


Struktur Paru


Saat udara melewati jalan masuk udara, ia masuk ke paru-paru. Mamalia mempunyai dua paru-paru. Udara terbelah antara paru-paru dengan jalan napas yang disebut bronkus. Ia bergerak ke jalan masuk udara yang lebih kecil yang disebut bronkiolus. Bronkiolus membawa udara ke alveoli, yang merupakan kantung kecil daerah transfer gas terjadi.


Masalah dengan pernapasan mamalia


Pernapasan mamalia bisa terganggu dengan adanya cairan pada paru-paru. Baik dari nanah atau diperkenalkan secara artifisial, menyerupai dalam kasus tenggelam, cairan pada paru-paru mengganggu transfer gas pada alveoli. Saat alveoli terisi dengan air, oksigen kurang bisa mencapai sel darah. Dalam kasus ekstrim, menyerupai tenggelam, oksigen yang tersumbat bisa menjadikan otak mamalia mati.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com