Tuesday, December 17, 2019

√ Pengertian Sel Prokariotik

Sel prokariotik yakni struktur sel terkecil dan paling sederhana yang terdapat pada organisme. Tidak menyerupai sel eukariotik yang membentuk organisme kompleks menyerupai hewan, sel prokariotik tidak mempunyai histon DNA atau organel, dan mereka juga tidak memerlukan selain pembelahan sel untuk bereproduksi.


Tidak ada nukleus


Kata “prokariotik” berarti “sebelum nukleus.” Sesuai dengan nama ini, sel prokariotik tidak mengandung nukleus yang terikat membran atau organel terikat membran menyerupai mitokondria, kloroplas, atau aparatus golgi. Mereka masih mempunyai ribosom dan pengkodean genetik.


DNA


DNA yang ditemukan pada prokariota terletak dalam putaran berbentuk lingkaran yang disebut “plasmid.” Ini tidak terbentuk menjadi kromosom menyerupai pada sel yang lebih kompleks dan hanya ada satu molekul DNA per sel.


Jenis


Organisme bersel satu menyerupai bakteri, cynobacteria, dan archaea yakni teladan sel prokariotik. Sementara penampilan mereka mungkin berbeda dari organisme ke organisme, semuanya jatuh ke dalam salah satu dari tiga bentuk dasar: berbentuk batang, berbentuk bundar atau berbentuk spiral.


Reproduksi


Sel prokariotik bereproduksi dengan metode asecual pembelahan biner. DNA di dalam sel mulai bereplikasi dan sel tumbuh hingga berukuran dua kali lipat. Saat kromosom mulai terpisah, dinding sel terbentu, memisahkan sel menjadi dua bab yang relatif sama. Akhirnya bab ini terpisah dan ada dua sel yang lengkap.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com