Monday, December 30, 2019

√ 4 Sifat Materi Isolator Yang Perlu Anda Ketahui

Isolator yaitu materi yang tahan ketika dilewati listrik atau panas. Ada dua jenis isolator: listrik dan termal. Beberapa isolator yang umum contohnya termasuk kayu, plastik, kaca, porselen dan Styrofoam; Styrofoam dan plastik yang paling banyak dipakai dalam pengunaan rumah tangga. Styrofoam sering dipakai untuk melindungi lantai, atap dan ruang bawah tanah, alasannya mengurangi biaya pemanasan dengan mempertahankan panas di rumah. Ada sejumlah sifat yang dimiliki isolator sehingga sanggup mencegah konduksi panas dan listrik.


Tahanan tinggi


Kemampuan untuk menghambat arus listrik ketika dilewati dikenal sebagai kendala listrik; resistensi ini diukur dalam ohm. Ketika satu volt menghasilkan satu ampere arus dalam suatu benda, kendala akan menjadi satu ohm. Semua materi kecuali superkonduktor mempunyai beberapa hambatan; konduktor mempunyai resistansi rendah, sementara isolator mempunyai tingkat resistensi yang tinggi. Isolator panas juga mempunyai kemampuan ketahanan panas yang sangat tinggi; ini mencegah mereka tidak mencair bahkan ketika mengalami suhu yang sangat tinggi.Isolator yaitu materi yang tahan ketika dilewati listrik atau panas √ 4 Sifat materi Isolator yang perlu anda ketahui


Tegangan breakdown


Tegangan breakdown juga disebut kekuatan dielektrik. Semua isolator akan menghantarkan panas dan listrik bila mengalami tegangan yang sangat tinggi. Dengan memposisikan materi pada tegangan yang sangat tinggi, komposisi materi akan berubah dan itu akan kehilangan kemampuannya isolasinya; tegangan di mana perubahan ini terjadi dikenal sebagai Tegangan breakdown. Isolator yang berbeda mempunyai tegangan breakdown yang berbeda, dan dipakai untuk tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, plastik sanggup dipakai sebagai insulator di rumah tangga di mana arus atau panas yang mengalir tidak terlalu tinggi, tetapi tidak sanggup dipakai untuk keperluan industri. Keramik mungkin isolator terbaik dalam aplikasi industri, alasannya mempunyai tegangan breakdown yang sangat tinggi.


Struktur atom


Dalam isolator, elektron valensi terikat akrab bersama-sama; ini mencegah mereka tidak gampang bergerak. Ketika gerakan elektron dibatasi, tidak ada arus sanggup mengalir, menciptakan zat dengan sifat ibarat ini – misalnya, non-logam ibarat kaca, kayu dan plastik – menjadi isolator yang sangat baik. Alasan kenapa cairan dan larutan air bukan isolator yang baik alasannya ketika mereka berada dalam keadaan ini mengandung ion terdelokalisasi yang memungkinkan arus listrik mengalir; yang sama akan berlaku ketika membasahi plastik dan kayu.


Permeabilitas udara


Permeabilitas udara, kemampuan suatu material untuk memungkinkan udara mengalir melalui pori-pori, yaitu sifat yang diharapkan untuk isolator panas atau termal. Isolator yang baik mempunyai permeabilitas udara yang tinggi, alasannya udara yaitu zat isolasi.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com