Monday, December 2, 2019

√ 4 Pola Binatang Protozoa

Protozoa berasal dari bahasa Yunani. Protos artinya pertama dan zoon artinya hewan. Sehingga, protozoa sanggup diartikan sebagai binatang pertaam. Protozoa ini tidak sanggup dilihat secara eksklusif alasannya yaitu ukurannya yang sangat kecil. Sehingga, harus memakai Mikroskop kalau ingin melihatnya.


Protozoa ini merupakan salah satu bab dari Kingdom Protista. Pada umumnya, binatang ini tidak sanggup membuat makanannya sendiri sehingga bersifat parasit. Beberapa pola binatang Protozoa yaitu sebagai berikut :


1. Rhizopoda


Rhizopoda ini berhabitat di daerah yang basah dan mempunyai cukup banyak kandungan zat organik yang berada di dalamnya. Proses reproduksi Rhizopoda ini secara asecual. Yaitu dengan melaksanakan pembelahan biner.  Yang unik dari binatang ini yaitu mempunyai bentuk badan yang selalu berubah. Artinya bentuk tubuhnya tidak tetap. Hewan ini merupakan salah satu binatang yang bersel satu.


2. Flagelata


Flagelata juga merupakan salah satu pola dari binatang Protozoa. Hewan ini sanggup bertahan hidup dengan cara memakan zat organik. Pembelahan diri yang dilakukan oleh Flagelata ini secara memanjang. Flagelata juga melaksanakan reproduksi secara asecual. Bagian tubuhnya tidak terdapat tulang ataupun rangka.


3. Sporozoa


Berbeda dengan yang lain, binatang Sporozoa ini melaksanakan reproduksi dengan cara secual dan asecual. Sporozoa merupakan salah satu binatang yang juga bersel satu. Selain itu, binatang ini juga tidak sanggup membuat makanannya sendiri. Sehingga bersifat benalu terhadap makhluk hidup yang ditumpanginya.


4. Ciliata


Ciliata juga merupakan binatang yang proses reproduksinya secara secual dan asecual. Ini terjadi alasannya yaitu mempunyai 2 bab inti sel yang sanggup dipakai untuk proses reproduksinya. Biasanya, banyak orang yang dengan gampang menemukan binatang Ciliata di beberapa area air tawar. Memang Ciliata ini tinggal di perairan air tawar. Bentuk badan binatang ini tetap, sehingga tidak mengalami perubahan.


Hal tersebut merupakan 4 pola dari binatang protozoa yang perlu diketahui. Karena mengetahui beberapa binatang tersebut sanggup menjadi sangat penting terutama bagi pelajar. Protozoa merupakan salah satu hal yang perlu untuk dipelajari bahkan hingga kuliah nanti. Karena memang sangat perlu mengetahui hewan-hewan tersebut.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com