Monday, December 2, 2019

√ 10 Gerakan Pencak Silat

Seperti yang diketahui para masyarakat umum, pencak silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional yang berasal dari salah satu tempat di Indonesia. Daerah tersebut ialah Melayu. Dalam melaksanakan pencak silat tentu saja membutuhkan suatu gerakan yang mengandung seni administrasi semoga dapat mengalahkan lawannya.


Dalam seni tradisional pencak silat ini, setiap gerakan akan mempunyai tujuan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Bahkan, untuk dapat menggunakannya pun perlu latihan rutin. Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa gerakan dari pencak silat itu mudah. Namun kalau dibuktikan secara eksklusif tidak akan semudah yang dibayangkan.


Berikut ini merupakan gerakan pencak silat yang banyak dipakai :


1. Kuda-kuda belakang


Kuda-kuda belakang merupakan salah satu teknik dasar yang akan dipelajari untuk orang yang masih awam dengan penggunaan pencak silat. Pada teknik ini, beban berat tubuh akan bertumpu pada tumit kaki di bab belakang.


2 Kuda-kuda depan


Tidak jauh berbeda dengan kuda-kuda belakang, kuda-kuda depan juga merupakan salah satu teknik dasar. Namun, kuda-kuda depan memakai kaki bab depan sebagai rujukan berat badan.


3. Kuda-kuda samping


Pada teknik ini memosisikan dengan salah satu kaki di tekuk satu ke samping. Kaki yang di tekuk akan dipakai sebagai rujukan berat badan.


4. Teknik Pasang


Teknik ini ialah teknik dasar yang terdiri dari 4 macam. Yaitu teknik pasang satu, teknik pasang dua, teknik pasang tiga, dan teknik pasang empat.


5. Pola Langkah


Ada beberapa pola langkah yang dapat dipakai oleh para petarung. Salah satu misalnya ialah pola langkah segi empat. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu seni administrasi untuk melawan musuh.


6. Pukulan


Pukulan menjadi salah satu bab yang penting. Karena pukulan akan selalu dipakai dalam melaksanakan perlawanan terhadap musuh.


7. Tendangan


Tendangan dalam pencak silat sering dipakai oleh para petarung. Karena terkadang tendangan menjadi cara yang cukup cepat dan ampuh untuk mengelabuhi para musuh.


8. Tangkisan


Ketika melaksanakan pencak silat niscaya nantinya akan menghadapi musuh. Salah satu cara untuk menghadapi musuh ini ialah dengan tangkisan.


9. Sikap Duduk


10. Sikap Jongkok



Sumber aciknadzirah.blogspot.com