Tuesday, December 3, 2019

√ 2 Faktor Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional Dalam Bidang Ekonomi

Sengketa Internasional merupakan salah satu dilema atau konflik yang terjadi antara suatu negara dengan negara yang lain serta suatu negara individu dengan negara yang berkelompok. Dalam hal ini, sengketa memang sangat perlu untuk diselesaikan.


Karena adanya konflik yang besar pada kekerabatan suatu negara bisa berbahaya. Terkadang, konflik dan sengketa yang sudah dalam hal yang besar akan membahayakan kedua belah pihak maupun pihak yang tidak ikut campur di dalamnya. Bisa terkena dampak nya secara eksklusif maupun tidak langsung.


Tidak bisa di pungkiri, ketika ini perkembangan ekonomi yang ada di dunia ada yang mengalami kenaikan dan penurunan. Adanya perbedaan grafik perekonomian pun bisa menjadi masalah. Berikut yakni beberapa faktor penyebab sehingga bisa terjadi sengketa Internasional dalam bidang ekonomi :


1. Ekspor Import


Tentu saja adanya ekspor impor antar negara bisa menjadi salah satu dilema ekonomi yang besar bagi suatu negara. Terjadinya permasalahan dalam ekspor impor bisa memengaruhi adanya pemasukan uang dalam suatu negara tersebut. Dan kalau terjadi dilema bisa memancing adanya sengketa Internasional.


2. Hutang Piutang


Dalam bernegara terutama di negara yang masih berkembang niscaya membutuhkan pertolongan negara lain untuk mewujudkan apa yang menjadi impian negara tersebut. Banyak negara yang mengalami hambatan dalam dilema keuangan. Mungkin akan banyak yang mau dan bisa untuk membantu mewujudkan perekonomian negara tersebut.


Namun hal ini bisa menjadi dilema besar ketika negara yang di pinjami uang mengalami krisis keuangan namun dari negara yang melaksanakan pinjaman uang tidak memperlihatkan uang pinjamannya alasannya yakni belum bisa mengembalikannya. Ini bisa memancing terjadinya sengketa Internasional antar negara tersebut.


Sengketa Internasional tersebut sangat perlu dihindari. Dengan adanya sengketa tersebut bisa mengakibatkan kerusakan kekerabatan yang mungkin sudah usang dijalin. Selain itu, bisa juga mengakibatkan salah paham dengan negara lain yang telah menganggap jelek negara tersebut.


Tentunya ini akan sangat menghambat perkembangan negara menjadi lebih maju dari yang sebelumnya. Bahkan mungkin sehabis itu akan mengakibatkan banyak negara lain yang ikut memutuskan kekerabatan baiknya juga.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com