Tuesday, December 3, 2019

√ 4 Kuman Yang Berperan Dalam Daur Nitrogen

Daur Nitrogen merupakan proses yang terjadi untuk mengkonversi suatu materi yang mengandung nitrogen dan lalu akan diubah menjadi bentuk materi kimia yang lainnya. Karena bumi ini mempunyai banyak unsur nitrogen yang tersedia. Nitrogen mempunyai peranan penting dalam proses terbentuknya asam amino.


Sehingga, salah satu fungsi daur nitrogen yang sangat penting ialah untuk membentuk asam amino yang merupakan salah satu komponen penting yang bisa membentuk protein. Selain itu, nitrogen juga berperan untuk membentuk asam nukleat. Asam nukleat menjadi salah satu komponen terbentuknya DNA dan RNA. Ada beberapa proses yang dilakukan dalam daur nitrogen.


Dalam proses daur nitrogen tentunya membutuhkan kuman dalam prosesnya. Berikut ialah kuman yang dipakai dalam daur nitrogen :


1. Bakteri Rhizobium


Bakteri Rhizobium ini merupakan salah satu kuman yang bisa mengikat nitrogen. Biasanya, kuman ini terdapat pada proses fiksasi. Karena kuman yang bebas di udara akan diikat oleh kuman tersebut. Bakteri yang sudah mengikat nitrogen ini akan mengubah nitrogen menjadi nitrat


2. Bakteri Micrococcus Denitrifican


Bakteri Micrococcys Denitrifican merupakan salah satu kuman yang ada dalam proses Aminifikasi. Amonifikasi merupakan proses yang kedua dari daur nitrogen. Sebenarnya, dalam proses ini bisa merugikan banyak tanaman alasannya ialah mengikat nitrat yang ada pada tanah. Pengikatan ini dilakukan oleh bakteri, dan lalu diubah menjadi amonium.


3. Bakteri Nitrobacter


Bakteri Nitrobacter merupakan salah satu kuman yang ada dalam proses yang ketiga pada daur nitrogen. Proses tersebut ialah Nitrifikasi. Pada proses ini, berfungsi untuk mengubah nitrit menjadi nitrat.


4. Thiobacillius Denitrifican


Bakteri ini terdapat pada proses terakhir di daur nitrogen. Bakteri ini akan berfungsi untuk mengambil oksigen. Oksigen yang diambil ini akan diperoleh dari senyawa nitrat yang tersedia di dalam tanah.


Itu ialah beberapa kuman yang mempunyai peranan dalam daur nitrogen. Setiap kuman mempunyai fungsi dan tugas tersendiri sesuai dengan kemampuannya. Karena setiap kuman kemampuannya akan berbeda dari satu dan yang lainnya. Sehingga, mereka dipakai sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com