Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Program Paket C Tahun Pelajaran 2017/2018 Semua Mata Pelajaran
Ujian nasional atau yang sering disingkat UN tahun pelajaran 2017/2018 bagi Program Paket C ini telah diterbitkan kisi-kisinya oleh Pemerintah.
Kisi-kisi tersebut ditujukan untuk membantu memudahkan para akseptor didik dalam memetakan bahan berguru dalam rangka menghadapi UN tersebut.
Dengan memetakan bahan berguru dalam rangka menghadapi UN tersebut, diperlukan para siswa sanggup berguru secara efektif dan efisien dan memperoleh hasil yang maksimal.
Kisi-kisi Materi mapel ujian nasional untuk aktivitas Paket C ialah sebagai berikut:
1. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Pendidikan Kewarganegaraan IPA/IPS
2. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Bahasa Indonesia IPA/IPS
3. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Bahasa Inggris IPA/IPS
4. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Fisika
5. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Kimia
6. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Biologi
7. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Matematika IPA
8. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Matematika IPS
9. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Geografi
10. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Ekonomi
11. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Sosiologi
Berikut ialah tautan Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Program Paket C Tahun Pelajaran 2017/2018 Semua Mata Pelajaran:
Berikut ialah sebagian kutipan dari Kisi-kisi UN Program Paket C 2017/2018 Semua Mapel tersebut:
1. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Pendidikan Kewarganegaraan IPA/IPS
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
---|---|---|---|---|
Sistem Ketatanegaraan | Demokrasi dan Kebebasan Pers | Dasar Negara dan Konstitusi | Hubungan Internasiona ldan HAM | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menafsirkan data Mengklarifikasi data Menyebutkan Menjelaskan Membandingkan | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai:- faktor pembentuk bangsaIndonesia- masyarakat madani- sistem pemerintahan- komponen-komponenpolitik- bentuk negara- bentuk pemerintahan- Sistem aturan danperadilan nasional | Peserta didik mampumemahami dan menguasai:- pelaksanaan demokrasi diIndonesia- pemerintahan yang terbuka- kebebasan pers | Peserta didik mampumemahami dan menguasai:- Pancasila sebagai ideologi terbuka- Pancasila sebagai sumber nilai- Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai kaidah yang fundamental | Peserta didik mampumemahami dan menguasai:- penghormatan dan penegakan HAM- perwakilan diplomatik- kewarganegaraan- Organisasi Internasional- perjanjian Internasional |
Aplikasi Menerapkan Menginterpretasi Memberi contoh Menentukan Mengklasifikasi Menyajikan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- faktor pembentuk bangsaIndonesia- masyarakat madani- sistem pemerintahan- komponen-komponenpolitik- bentuk negara- bentuk pemerintahan- Sistem aturan danperadilan nasional | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- pelaksanaan demokrasi diIndonesia- pemerintahan yang terbuka- kebebasan pers | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- Pancasila sebagai ideologi terbuka- Pancasila sebagai sumber nilai- Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai kaidah yang fundamental | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- penghormatan dan penegakan HAM- perwakilan diplomatik- kewarganegaraan- Organisasi Internasional- perjanjian Internasional |
Penalaran Menyelesaikan masalah Menganalisis Mengaitkan Menerapkan gagasan Prediksi Menyimpulkan | Peserta didik sanggup memakai budi dalam mengkaji:- faktor pembentuk bangsaIndonesia- masyarakat madani- sistem pemerintahan- komponen-komponenpolitik- bentuk negara- bentuk pemerintahan- Sistem aturan danperadilan nasional | Peserta didik sanggup memakai budi dalam mengkaji:- pelaksanaan demokrasi diIndonesia- pemerintahan yang terbuka- kebebasan pers | Peserta didik sanggup memakai budi dalam mengkaji:- Pancasila sebagai ideologi terbuka- Pancasila sebagai sumber nilai- Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai kaidah yang fundamental | Peserta didik sanggup memakai budi dalam mengkaji:- penghormatan dan penegakan HAM- perwakilan diplomatik- kewarganegaraan- Organisasi Internasional- perjanjian Internasional |
2. Kisi-kisi ujian nasional (UN) Mapel Bahasa Indonesia IPA/IPS
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
---|---|---|---|---|---|
MembacaNonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata,Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat:- memaknai istilah/kata- mengidentifikasi informasi tersurat- memilih kalimat tidak padu dalam paragraf | Peserta didik dapat:- mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Peserta didik sanggup memilih istilah/kata/ungkapan/ peribahasa yang sempurna sesuai konteks | Peserta didik dapat:- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat | Peserta didik dapat:- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi Menginterpretasi Menangkap Menggunakan | Peserta didik dapat:- menemukan unsur paragraf- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Peserta didik dapat:- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, nilai-nilai)- menyimpulkan hubungan antarbagian cerpen/novel | Peserta didik dapat:- melengkapi banyak sekali jenis teks (eksposisi, deskripsi, narasi, argumentasi)- menyusun karya ilmiah- menyusun surat- melengkapi tekssastra- melengkapi teks ulasan | Peserta didik dapat:- memakai istilah dalam kalimat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Peserta didik dapat:- memakai ejaan- memakai tandabaca |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi | Peserta didik dapat:- membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan/persama an isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks(berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)- menawarkan bukti suatu simpulan- mengomentari isi teks | Peserta didik dapat:- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis hubungan antarbagian karya sastra- menandakan final dengan data pada karya sastra (bukti watak,seting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra- meringkas isi karya sastra | Peserta didik dapat:- mengurutkan unsur teks- memvariasikan kata yang bermaknasama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menyusun paragraf dari beberapa data- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai | Peserta didik dapat:- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat:- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
---|---|---|---|---|---|---|
Pengukuran dan Kinematika | Dinamika | Usaha dan Energi | Kalor | Gelombang dan Cahaya | Listrik, Magnet,dan Fisika Modern | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membedakan Mengelompokkan Menjelaskan | Peserta didik sanggup memahami:- pengukuran- besaran fisika- vektor- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didik sanggup memahami:- gaya- aturan Newton- momen gaya- momen inersia- fluida (statik dandinamik) | Peserta didik sanggup memahami:- usaha- energi- impuls- momentum- tumbukan | Peserta didik sanggup memahami:- kalor- perpindahankalor- teori kinetik gas | Peserta didik sanggup memahami:- gelombang- bunyi- cahaya- gelombangelektromagnet- elastisitas | Peserta didik sanggup memahami:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- fisika inti- imbas foto listrik |
Aplikasi Mengklasifikasi Menginterpretasi Menghitung Mendeskripsikan Mengurutkan Membandingkan Menerapkan Memodifikasi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- pengukuran- vektor- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- gaya- aturan Newton- momen gaya- momen inersia- keseimbanganbenda tegar- titik berat- fluida (statik dandinamik) | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- usaha- energi- impuls- momentum- tumbukan | Peserta didikdapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- kalor- perpindahankalor- teori kinetik gas | Peserta didikdapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- gelombang- bunyi- cahaya- gelombangelektromagnet- elastisitas | Peserta didikdapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- fisika inti- imbas foto listrik |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
Level Kognitif | Pengukuran danKinematika | Dinamika | Usaha danEnergi | Kalor | Gelombang danCahaya | Listrik, Magnet,dan FisikaModern |
Penalaran Menemukan Menyimpulkan Menggabungkan Menganalisis Menyelesaikan masalah Merumuskan Memprediksi | Peserta didik sanggup bernalar tentang:- vektor- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didik sanggup bernalar tentang:- gaya- aturan Newton- momen gaya- momen inersia- keseimbanganbenda tegar- titik berat- fluida (statik dandinamik) | Peserta didik sanggup bernalar tentang:- usaha- energi- impuls- momentum- tumbukan | Peserta didik sanggup bernalar tentang:- kalor- perpindahankalor | Peserta didik sanggup bernalar tentang- gelombang- bunyi- cahaya- elastisitas | Peserta didik sanggup bernalar tentang- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan |
Demikian goresan pena perihal