Monday, March 25, 2019

√ Download Pola Judul Dan Laporan Ptk Bahasa Indonesia Smp

Download Kumpulan Contoh Judul dan Laporan PTK √ Download Contoh Judul dan Laporan PTK Bahasa Indonesia SMP

Kumpulan Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP






Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu hal yang sangat penting bagi seorang guru sebagai salah satu cara dalam membuatkan kiprahnya sebagai seorang tenaga pendidik yang profesional dan handal. Di sisi lain, PTK merupakan syarat wajib seorang guru sebelum melaksanakan UKG (Uji Kompetensi Guru).

Yang umumnya menjadi hambatan klasik dalam menyusun laporan PTK biasanya terletak pada kemahiran menulis. Kemampuan literasi akan memilih sejauh mana penyusunan PTK akan menjadi efektif, terang dan tentu saja efisien. Akan tetapi hal itu bukan satu-satunya hal mutlak dalam menciptakan laporan PTK. Yang terpenting yaitu kemauan untuk selalu mencar ilmu dan tetap mengikuti contoh penulisan karya tulis ilmiah (KTI) di dalam rangka meningkatkan golongan/ jabatan guru melalui proses penyususan laporan PTK tersebut.

Guna lebih memudahkan, kami memberi Anda banyak sekali contoh judul guna menyusun laporan PTK Bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Pertama mulai dari kelas 7, 8 dan kelas 9. Anda hanya perlu untuk memilah mana judul yang sekiranya cocok dan dipersilahkan untuk melaksanakan klik pada link yang telah kami sediakan untuk mend0wnl0adnya.

Berikut kami sajikan untuk Anda tautan untuk mengunduh Contoh Judul dan Laporan PTK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama jenjang kelas 7, 8 dan 9 yang telah kami kumpulkan dari banyak sekali sumber beserta tautan d0wnl0adnya secara gratis dan gampang untuk Anda:


Contoh Judul dan Laporan PTK Bahasa Indonesia Kelas 7/ VII:

1.PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN DENGAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VII-F MTs AL ASROR SEMARANG - Eguh Yuli Prasetyo
ABSTRAK
Keterampilan bercerita tidak sanggup dipisahkan dengan pembelajaran
berbicara. Sebagai salah satu bentuk pembelajaran berbicara, keterampilan bercerita
merupakan salah satu jenis keterampilan yang penting untuk melatih komunikasi.
Dengan keterampilan bercerita seseorang sanggup memberikan banyak sekali macam
cerita, ungkapan banyak sekali berbagai perasaan sesuai dengan apa yang dialami,
dirasakan, dilihat, dan dibaca. Di MTs Al Asror Semarang keterampilan bercerita
siswa kelas VII-F masih rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa merasa takut
ketika diminta berbicara di depan kelas; siswa kesulitan dalam mengungkapkan
ide/gagasan yang ada dalam pikirannya; dan siswa kurang percaya diri saat
berbicara. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa
kelas VII-F MTs Al Asror yaitu dengan menerapkan teknik pemetaan pikiran
dengan media foto pada pembelajaran bercerita.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini sejauh mana
peningkatan keterampilan bercerita siswa kelas VII-F MTs Al Asror Semarang
sehabis mengikuti pembelajaran bercerita melalui teknik pemetaan pikiran dengan
media foto dan bagaimana perubahan sikap siswa kelas VII-F MTs Al Asror
Semarang sehabis mengikuti pembelajaran bercerita melalui teknik pemetaan
pikiran dengan media foto. Tujuan penelitian ini mendeskripsi peningkatan
keterampilan bercerita siswa kelas VII-F MTs Al Asror Semarang setelah
mengikuti pembelajaran bercerita melalui teknik pemetaan pikiran dengan media
foto dan mendeskripsi perubahan sikap siswa kelas VII-F MTs Al Asror
Semarang sehabis mengikuti pembelajaran bercerita melalui teknik pemetaan
pikiran dengan media foto.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas
dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat
tahap, yaitu (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data
penelitian diambil melalui melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data tes
berupa tes performansi bercerita, sedangkan alat pengambilan data nontes berupa
pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto dan video.
Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan analisis data penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran
bercerita memakai teknik pemetaan pikiran dengan media foto dapat
meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII-F MTs Al Asror Semarang.
Nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 52,82 dan termasuk dalam kategori
kurang. Setelah diterapkan teknik pemetaan pikiran dengan media foto pada
pembelajaran siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 62,66 dan termasuk
dalam kategori cukup. Nilai rata-rata keterampilan bercerita siswa pada siklus I
mengalami peningkatan sebesar 18,63 % dari prasiklus. Namun, hasil tes tersebut
belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 67,00 sehingga perlu
dilakukan perbaikan tindakan pada pembelajaran tahap selanjutnya pada siklus II.
Setelah dilakukan perbaikan tindakan, berupa perbaikan cara mengajar guru,
perbaikan media, dan efektivitas alokasi waktu pada pembelajaran siklus II, nilai
rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 69,73 dan termasuk
dalam kategori cukup. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 11,28 %
dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, terjadi peningkatan nilai rata-rata
siswa sebesar 32,01 % dari prasiklus ke siklus II. Perilaku siswa sehabis mengikuti
pembelajaran bercerita memakai teknik pemetaan pikiran dengan media foto
mengalami perubahan ke arah positif. Pada siklus I sebagian besar siswa telah
menawarkan respon aktual terhadap pembelajaran, dan sebagian kecil saja yang
masih belum menawarkan respon positif. Namun, sehabis dilakukan perbaikan
tindakan berupa perbaikan cara mengajar guru, perbaikan media, dan efektivitas
alokasi waktu pembelajaran pada siklus II, terjadi penambahan jumlah siswa yang
menawarkan respon aktual terhadap pembelajaran bercerita.
Saran yang sanggup penulis berikan yaitu (1) guru Bahasa dan Sastra Indonesia
sanggup memakai teknik pemetaan pikiran dengan media foto pada pembelajaran
bercerita alasannya yaitu teknik tersebut terbukti sanggup meningkatkan keterampilan bercerita
siswa; (2) para peneliti lain sanggup melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini untuk
terus membuatkan dan meningkatkan kualitas pembelajaraan Bahasa dan Sastra
Indonesia di sekolah.
Prasetyo, Eguh Yuli. 2009. Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Teknik Pemetaan
Pikiran dengan Media Foto pada Siswa Kelas VII‐F MTs Al Asror Semarang.
Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni,
Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Tommi Yuniawan, S.Pd., M.Hum.,
Pembimbing II: Dra. Suprapti, M.Pd.
Kata kunci: keterampilan bercerita, teknik pemetaan pikiran, dan media foto.

Di bawah ini kami sediakan link untuk mengunduh file tersebut secara lengkap:

Download Contoh Judul dan Laporan PTK Bahasa Inggris SMP
  • Download Contoh Judul dan Laporan PTK Kelas 6 SD
  • Download Contoh Judul dan Laporan PTK Kelas 5 SD
  • Download Contoh Judul dan Laporan PTK Kelas 4 SD
  • Download Contoh Judul dan Laporan PTK Kelas 3 Sekolah Dasar
  • Download Contoh Judul dan Laporan PTK Kelas 2 Sekolah Dasar
  • Download Contoh Judul dan Laporan PTK Taman Kanak-Kanak
  • Contoh Judul dan Laporan PTK PAUD dan Kelompok Bermain
  • Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAUD dan TK

  • Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.

    Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

    Download Contoh Judul dan Laporan PTK Bahasa Indonesia SMP

    Semoga sebaran gosip ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!
    Sumber http://www.informasiguru.com